BINUS UNIVERSITY

    Kartu Prakerja

    Persembahan BINUS Untuk Nusantara Wujudkan Program Kartu Prakerja

    Jakarta, 6 April 2020. Saat ini ada sebanyak 7 juta pengangguran di Indonesia dan 3,7 juta di
    antaranya berusia 18-24 tahun. Dari angka tersebut, sekitar 90% di antaranya tidak pernah mengikuti pelatihan dengan sertifikasi. Melihat angka ini, pemerintah membuat sebuah inisiatif dengan mengadakan Program Kartu Prakerja. Pada tanggal 20 Maret 2020 lalu, Program Kartu Prakerja sebagai inisiatif besar dari Presiden Joko Widodo telah diresmikan.

    Untuk Mendukung Program pemerintah dalam menciptakan sumber daya manusia yang unggul tersebut, BINA NUSANTARA (BINUS) dengan semangat Fostering and empowering the society in building and serving the nation, berkomitmen menyelenggaraan pendidikan yang menghasilkan insan Nusantara yang cerdas, berbudi luhur, dan berkarakter bangsa Indonesia. BINUS akan terus menghasilkan pengetahuan dan solusi-solusi keilmuan yang dapat dirasakan oleh semua lapisan masyarakat Nusantara dan global.

    Dalam perwujudannya, BINA NUSANTARA melalui unit BINUS Center telah dipercaya menjadi mitra resmi sebagai Partner Learning Provider untuk menyediakan pelatihan baik online maupun offline kepada para peserta Program Kartu Prakerja. Saat ini BINUS menyediakan 38 program dan memiliki 3 program unggulan yaitu: Membuat Dokumen Perkantoran Menggunakan Microsoft Word (Microsoft Word for Intermediate Level), Pengenalan Tools & Function Microsoft Excel (Microsoft Excel for Beginner Level), dan Mengolah dan Menampilkan Data Analisis Menggunakan Pivot Table pada Microsoft Excel (Microsoft Excel for Intermediate Level 1).

    Penerima Kartu Prakerja dapat memanfaatkan program-program tersebut melalui Market Place seperti Tokopedia, Kemnaker, Sekolah.mu, dan Pijarmahir dengan memilih BINUS Center sebagai Partner Learning Provider.

    Program ini dapat dimanfaatkan oleh seluruh lapisan masyarakat dengan memenuhi persyaratan yaitu Warga Negara Indonesia, berusia di atas 18 tahun, dan tidak sedang bersekolah/kuliah. Program ini diprioritaskan untuk pencari kerja usia muda, akan tetapi pekerja maupun korban PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) juga dapat mendaftar.

    Selanjutnya dapat mengikuti proses sebagai berikut:
    1. Mendaftarkan diri di prakerja.go.id dan mengikuti tesnya.
    2. Tunggu verifikasi pendaftaran dan pastikan telah terverifikasi oleh tim Kartu Prakerja.
    3. Penerima Kartu Prakerja memilih BINUS CENTER dan materi pelatihan di Tokopedia,
    Kemnaker, Sekolah.mu, dan Pijarmahir
    4. Penerima Kartu Prakerja melakukan pembayaran dengan memilih metode pembayaran
    menggunakan metode ‘Kartu Prakerja’.
    5. Penerima Kartu Prakerja mengikuti dan menyelesaikan pelatihan hingga mendapatkan
    sertifikat.
    6. Penerima Kartu Prakerja mengisi Survey keefektifan Program Pelatihan. Kepercayaan yang diberikan, semakin memantapkan komitmen BINUS untuk turut membina dan memberdayakan masyarakat di seluruh Nusantara serta mendukung terciptanya sumber daya manusia yang berkualitas.

    Tentang BINA NUSANTARA

    Sesuai dengan makna yang terkandung dari nama BINA NUSANTARA (BINUS), yang terus berkomitmen untuk membina Nusantara, melalui penyelenggaraan pendidikan yang menghasilkan insan Nusantara yang cerdas, berbudi luhur, dan berkarakter bangsa Indonesia. BINUS juga akan terus menghasilkan pengetahuan dan solusi-solusi keilmuan yang dapat dirasakan oleh semua lapisan masyarakat Nusantara dan global.

    Dalam mewujudkan komitmen tersebut, BINUS telah mencanangkan rencana masa depan BINA NUSANTARA yang baru, yang bertransformasi seiring dengan perkembangan dan tuntutan zaman. Rencana strategis dan aktivasi yang disusun secara sistematis dan berporoskan pada semangat pemersatu, yaitu Fostering and empowering the society inbuilding and serving the nation.

    BINUS melakukan transformasi secara holistik, komperehensif dan strategis dengan Integrasi Pendidikan tinggi yang tersebar di kota-kota di Indonesia seperti Greater Jakarta, Bandung, Malang serta BINUS UNIVERSITY Learning Center yang terdapat di Semarang dan Palembang. Saat ini telah memiliki lebih dari 158.000 lebih komunitas BINUSIAN yang terdiri lebih dari 113.500 alumni dan 39.000 lebih mahasiswa aktif.

    Tidak hanya pendidikan formal, BINUS juga memiliki unit yaitu BINUS Center yang menyediakan pengetahuan dan peningkatan kemampuan yang bersifat hard-skills dan soft-skills. Peningkatan hard skills (pengetahuan, keterampilan dan keahlian di bidang bahasa atau Teknologi Informasi dan Komunikasi). Peningkatan soft skills agar peserta memiliki etos kerja yang baik dan mampu beradaptasi / bersosialisasi dalam lingkungan kerjanya.

     

     


    Apa itu Kartu Prakerja?

    Kartu Prakerja adalah bantuan biaya pelatihan bagi masyarakat Indonesia yang ingin memiliki atau meningkatkan keterampilannya. Karena kami percaya bahwa masyarakat Indonesia sesungguhnya ingin selalu meningkatkan kemampuannya. Didesain sebagai sebuah produk, program ini dikemas sedemikian rupa agar memberikan nilai bagi pengguna sekaligus memberikan nilai bagi sektor swasta. Jalan digital melalui marketplace dipilih untuk memudahkan pengguna mencari, membandingkan, memilih, dan memberi evaluasi. Karena hanya dengan cara ini, produk bisa terus diperbaiki, tumbuh, dan relevan. Menggandeng pelaku usaha swasta, program ini adalah wujud kerjasama pemerintah dan swasta dalam melayani masyarakat. Gotong royong. Demi SDM Unggul, Indonesia Maju.

    Untuk siapa?

    Kartu Prakerja tidak hanya untuk mereka yang sedang mencari pekerjaan, namun juga buruh, karyawan dan pegawai. Pendeknya, semua warga bangsa yang berusia 18 tahun ke atas dan tidak sedang sekolah atau kuliah, boleh mendaftar. Karena kami percaya, belajar dan berlatih semestinya tak mengenal usia. Lifelong learning. Namun prioritas diberikan pada pencari kerja usia muda. Karena langkah pertama di dunia kerja akan membawa pada langkah-langkah lain yang lebih gemilang di masa depan.

    Solusi Kartu PraKerja

    1. Membantu meringankan biaya pelatihan yang ditanggung pekerja dan perusahaan
    2. Mengurangi biaya untuk mencari informasi mengenai pelatihan
    3. Mendorong kebekerjaan seseorang lewat pengurangan mismatch
    4. Menjadi komplemen dari pendidikan formal

    Tentang Komite Cipta Kerja

    Komite Cipta Kerja dibentuk melalui Peraturan Presiden Nomor 36 Tahun 2020 tentang Pengembangan Kompetensi Kerja melalui Program Kartu Prakerja. Komite bertugas merumuskan kebijakan dan mengendalikan program Kartu Prakerja. Diketuai Menteri Koordinator Bidang Perekonomian dengan Wakil Ketua Kepala Staf Kepresidenan, Komite beranggotakan 6 menteri, yaitu Menteri Keuangan, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala BAPPENAS, Menteri Ketenagakerjaan, Menteri Perindustrian, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dan Menteri Dalam Negeri. Bertindak sebagai Sekretaris Komite, Sekretaris Menteri Koordinator Bidang Perekomian.

    Sumber : prakerja.go.id