BINUS @Bandung: Kuliah Desain Interior Terbaik di Bandung Kampus dengan Lokasi Strategis

BINUS Bandung Kuliah Desain Interior Terbaik di Bandung Kampus dengan Lokasi Strategis

Ingin kuliah jurusan Desain Interior terbaik di Bandung? Namun sebelum memutuskan dimana kampus yang tepat, tentunya kalian harus tahu tentang desain interior secara mendalam. Desain interior merupakan proses perencanaan sebelum kamu mulai untuk merancang serta mengatur ruangan di dalam sebuah struktur bangunan. Dalam perencanaan tersebut, kamu harus menyiapkan rancangan lingkungan yang fungsional sekaligus estetis. Dan yang tak kalah penting adalah rancangan harus sesuai dengan kebutuhan serta preferensi penghuninya. 

Desain interior melibatkan pemilihan berbagai elemen yaitu warna, pencahayaan, furniture, material, tekstur, dan dekorasi. Semuanya harus selaras untuk menciptakan suasana yang diinginkan di dalam ruangan.

Mengapa Harus Kuliah Jurusan Desain Interior Terbaik Di Bandung?

Jika ingin mengambil jurusan Desain Interior dan menjadi seorang interior designer atau desainer interior, kalian tentu harus tahu apa tujuan kalian saat memilih jurusan ini. Tujuan utama dari jurusan ini adalah menciptakan ruang yang nyaman, efisien, dan estetis. Desain interior tidak hanya berkaitan dengan penampilan visual sebuah ruangan, tetapi juga dengan aspek fungsionalnya. 

Seorang desainer harus mempertimbangkan kebutuhan dan gaya hidup penghuni ruangan, serta memastikan bahwa ruangan tersebut dapat digunakan dengan optimal sesuai dengan tujuan awalnya. Nah, dalam proses perancangan ini melibatkan beberapa langkah sebagai berikut: 

  1. Analisis Kebutuhan
    Seorang desainer memahami kebutuhan dan preferensi klien serta tujuan penggunaan ruangan.
  2. Perencanaan Konseptual
    Pengembangan ide-ide dan konsep desain harus sesuai dengan kebutuhan dan preferensi klien. Dengan demikian sang desainer benar-benar dapat memahami konsep desain yang dibutuhkan klien. 
  3. Perancangan Detail dan Implementasi
    Seorang desainer interior harus merancang tata letak, pemilihan material, furniture, pencahayaan, dan elemen-elemen lainnya dalam ruangan. Tentu saja perancangan tersebut juga harus ada implementasi untuk melaksanakan rencana desain interior. Implementasi tersebut diterapkan dengan melakukan koordinasi dengan berbagai pihak terkait, seperti kontraktor, tukang, dan pemasok material.
  4. Evaluasi
    Seorang desainer interior juga harus dapat melakukan evaluasi hasil akhir desain dalam memastikan ruangan sesuai dengan ekspektasi klien. Dengan demikian, baik itu sang desainer ataupun klien sama-sama sepakat akan hasil desain yang telah ditetapkan.

Kuliah jurusan Desain Interior terbaik di Bandung tentu dapat membuat kalian dapat belajar berbagai aspek desain interior sekaligus penerapannya secara tepat. Penerapan desain interior untuk berbagai jenis ruang terutama rumah tinggal dan apartemen juga kantor. Untuk penerapan yang lebih kompleks seperti restoran, hotel, pusat perbelanjaan, dan tempat umum lainnya, tentunya membutuhkan pemahaman yang lebih mendalam. 

Baca Juga: Arsitek Interior Desain: Jurusan, Jenjang Karir, dan Prospek Kerja

Apa Saja Yang Harus Dipelajari Mahasiswa Desain Interior?

Mahasiswa jurusan Desain Interior akan mempelajari teknik-teknik dalam merancang interior sebuah ruangan. Tentunya dalam hal ini termasuk penataan tata letak, pemilihan furniture, dan penggunaan material dan warna. Dalam prosesnya tentu perlu menggunakan perangkat lunak terbaru seperti CAD atau Computer Aided Design. Selain itu mahasiswa juga harus dapat mengoperasikan perangkat lunak desain komputer seperti AutoCAD dan SketchUp untuk membuat gambar serta model 3D.

Pengaplikasian perangkat lunak bagi mahasiswa Desain Interior mencakup kemampuan presentasi dan komunikasi visual. Mahasiswa jurusan Desain Interior juga perlu memiliki keterampilan dalam menyajikan ide-ide desain secara visual menggunakan teknik seperti rendering, sketsa tangan, dan presentasi digital.

Selain mempelajari teori tentang desain interior dan mempraktekkan perangkat lunak untuk desain, mahasiswa juga harus dapat mempelajari terkait dengan desain pencahayaan. Memahami konsep-konsep pencahayaan dan cara mengatur pencahayaan dalam ruangan untuk menciptakan suasana yang diinginkan tidak mudah. Terlebih karena selera dan kebutuhan klien yang berbeda. begitupula dengan elemen dalam desain interior lainnya. 

Tidak hanya sebatas pengetahuan, mahasiswa jurusan Desain Interior juga harus memahami aspek pendukung interior itu sendiri. Dalam hal ini, penggunaan material yang sesuai untuk interior yang dibutuhkan klien sangatlah penting. Mahasiswa harus memahami kelebihan dan kekurangan beberapa material seperti kayu, baja, tekstil, kaca, plastik dan sebagainya. 

Bahkan untuk teknik finishing juga perlu pendalaman terlebih saat klien ingin menyesuaikan dengan furniture yang sesuai selera mereka. Finishing tahan lama dengan desain yang sustainable kini sedang menjadi tren. Memahami prinsip-prinsip desain berkelanjutan dan penerapan praktik-praktik ramah lingkungan dalam desain interior adalah sebuah hal yang sangat penting.

Mengapa Harus BINUS @Bandung?

Seorang interior designer harus memiliki pengetahuan yang luas tentang prinsip-prinsip desain, tren industri, teknologi terkini, serta kemampuan untuk berkomunikasi dengan baik dengan klien dan berkolaborasi dengan berbagai pihak terkait. Oleh karena itu dibutuhkan kampus untuk kuliah Desain Interior terbaik di Bandung. Nah, masalahnya dimanakah kampus terbaik di Bandung? 

Jawabannya adalah BINUS @Bandung. Ya, ini adalah pilihan yang paling tepat. Program Studi Desain Interior BINUS @Bandung adalah jurusan multidisiplin dengan spesialisasi pada konsultan interior dan bisnis kreatif konstruksi. 

Program studi di BINUS @Bandung jurusan Desain Interior bertujuan meningkatkan keberagaman karena perubahan faktor pasar sekaligus praktik profesional. Dukungan dosen-dosen dengan pengalaman industri dalam bidang desain interior adalah salah satu dari sekian banyak keunggulan jurusan ini. Disini, siswa akan belajar terkait penerapan aspek teknologi, budaya, bisnis, dan lingkungan dalam desain mereka. 

Jurusan Desain Interior BINUS @Bandung selalu meningkatkan kemampuan siswa dalam merespon batasan. Caranya dengan memperluas industri desain interior yang inovatif dan kreatif. BINUS @Bandung memiliki galeri desain interior modern dan ramah lingkungan untuk memamerkan karya kreatif para mahasiswa. 

Student gallery hadir sebagai sarana belajar sekaligus mempraktekkan teori yang telah dipelajari mahasiswa sehingga mereka lulus dengan keahlian mumpuni. BINUS @Bandung adalah pilihan tepat untuk para mahasiswa yang siap lulus dengan daya kompetisi tinggi. Yuk bergabung dengan BINUS @Bandung  disini.

Yuk, Joint BINUS @Bandung Sekarang !

Banner SEO Campaign BINUS Bandung