Arsitek Interior Desain: Jurusan, Jenjang Karir Dan Prospek Kerja

Arsitek interior desain Jurusan, Jenjang Karir dan Prospek Kerja

Arsitek interior desain nantinya akan berfokus pada renovasi ruangan. Para profesional di bidang ini tentu harus sangat kreatif dengan kemampuan yang kuat terhadap detail. Tidak hanya itu, arsitek harus punya kemauan berkolaborasi dengan klien dan berbagai pihak lain. 

Jika kalian memiliki berbagai kualitas ini dan tertarik dengan desain atau konstruksi ruang interior, mungkin ada gunanya bagi Anda untuk menjajaki peluang karir di bidang ini. Pada artikel ini, kami membahas karir desain interior, termasuk apa itu karir, beberapa persyaratan umum dan 10 karir yang mungkin ingin Anda pertimbangkan.

Apa Yang Dipelajari di Jurusan Desain Interior?

Pada dasarnya, desain interior merupakan proses perencanaan sekaligus pengaturan ruang pada suatu bangunan. Pengaturan tersebut adalah untuk menciptakan lingkungan yang nyaman, fungsional, estetis, dan sesuai dengan kebutuhan serta preferensi penghuninya. Desainer interior berfokus pada merancang tata letak ruang, pemilihan furniture, pencahayaan, material, warna, tekstur, dan elemen-elemen lainnya agar menciptakan suasana yang diinginkan. 

Tujuan utama dari studi jurusan Desain Interior adalah belajar untuk menciptakan ruang yang memenuhi kebutuhan fungsional penggunanya. Namun tentunya kebutuhan fungsional tersebut harus dapat memberikan suasana yang menyenangkan dan memenuhi estetika. 

Studi desain interior bisa diterapkan pada berbagai jenis ruang, termasuk rumah tinggal, kantor, restoran, hotel, toko, dan ruang publik lainnya.

Karir Paling Pas Untuk Arsitek Interior desain

Arsitek interior desain merupakan profesi yang melibatkan penciptaan, renovasi dan dekorasi ruang. Arsitek profesional sering kali berspesialisasi dalam bidang tertentu dan mereka dapat bekerja di rumah atau bergabung dalam perusahaan. Arsitek profesional desain interior dapat bekerja untuk perusahaan secara penuh waktu sebagai karyawan internal atau berdasarkan kontrak, tergantung pada preferensi mereka. 

Kendati para arsitek profesional umumnya fokus pada bidang yang sama, karir desain interior dapat menawarkan berbagai tingkat pekerjaan yang melibatkan keterampilan kreatif dan teknis. Selain memiliki spesialisasi untuk desain di dalam ruangan perusahaan, perumahan, pabrik dan sebagainya, beberapa profesional dalam karir desain interior mungkin memprioritaskan tujuan berbeda dalam pekerjaan mereka. 

Misalnya, seorang desainer interior dapat memiliki spesialisasi dalam membuat ruang publik, artinya ruang tersebut dapat diakses oleh semua orang. Seorang desainer interior mungkin juga berspesialisasi dalam keberlanjutan, di mana mereka mempertimbangkan metode ramah lingkungan untuk menyelesaikan pekerjaan mereka.

Baca Juga: 10 Tips Desain Interior Rumah Minimalis Modern

Skill Dan Persyaratan Sebagai Ahli Desain Interior

Lalu bagaimana cara memiliki skill dan berprofesi sebagai ahli desain interior atau arsitek andal? 

  1. Minimal Gelar S1
    Mayoritas profesional desain interior raih gelar sarjana di Desain Interior. Namun, biasanya arsitek profesional dapat menambah keahlian lain selain pendidikan formal S1. Beberapa diantara mereka ingin mendapatkan setidaknya gelar master untuk menambah jenjang karir. Tetapi, umumnya arsitek yang bekerja sebagai konsultan dan juga di perusahaan dapat memulai karir dengan gelar sarjana sembari menambah pengalaman dan jam terbang. 
  2. Pengetahuan Dasar Interior Desain
    Arsitek profesional membutuhkan pengetahuan industri untuk mengikuti peraturan bangunan. Tidak hanya itu, arsitek juga harus dapat membuat desain yang mematuhi prinsip estetika. Pengetahuan ini dapat mencakup teori warna, detail tentang furniture dan peralatan, daya jual suatu produk, dan prinsip pencahayaan. Dengan pemahaman dasar terkait interior desain, maka desainer interior profesional dapat menyelesaikan tugas pekerjaan mereka, mengekspresikan ide-ide mereka dan membuat rekomendasi ahli untuk para profesional di luar bidangnya.
  3. Kreativitas
    Kreativitas memang bersifat relatif meski memang bekerja di industri desain interior tentu membutuhkan kreativitas yang sesuai dengan tren terkini. Kreativitas dibutuhkan untuk membuat desain unik yang memenuhi ide klien mereka. Para arsitek profesional juga dapat menggunakan keterampilan kreatif mereka untuk memilih skema warna, furniture dan pencahayaan serta pilihan peralatan.
  4. Kemampuan berkomunikasi
    Seorang desainer interior tentunya harus sering berkolaborasi dengan profesional lain dan juga melakukan pertemuan dengan klien. Tanpa kemampuan komunikasi yang kuat maka sangat sulit untuk dapat mengimplementasikan ilmu yang sudah mereka dapatkan. Kemampuan berkomunikasi memungkinkan desainer untuk memahami kebutuhan klien secara presisi.
    Tidak hanya itu, kemampuan berkomunikasi dan mengekspresikan ide mereka sangatlah penting. Individu yang berkecimpung di dunia desain interior juga dapat menggunakan keterampilan ini untuk menjelaskan berbagai istilah khusus kepada klien yang mungkin tidak umum.
  5. Sertifikasi dan Lisensi
    Memang beberapa posisi desain interior tidak memerlukan sertifikasi atau lisensi khusus. Tetapi, arsitek profesional merasa tidak cukup dengan gelar S1 saja. Biasanya, mereka akan menambah sertifikasi sebagai syarat untuk bekerja di beberapa perusahaan atau menambah keahlian. Untuk posisi yang memerlukan lebih banyak keahlian dalam peraturan bangunan dan peraturan keselamatan, seperti arsitek, para profesional mungkin memerlukan lisensi atau sertifikasi untuk memastikan mereka memiliki pengetahuan terkini.

Mengapa Harus Program Studi Desain Interior BINUS @Bandung? 

Apakah kalian memiliki semua kriteria sebagai seorang arsitek profesional seperti tersebut diatas? Tentu kalian tidak boleh menyia-nyiakan kemampuan kalian dengan bergabung di jurusan desain interior di BINUS @Bandung. Pasalnya, BINUS @Bandung merupakan kampus dengan rekognisi Internasional. 

BINUS @Bandung menawarkan jurusan S1 Desain Interior. Jurusan ini adalah jurusan multidisiplin dengan spesialisasi pada konsultan interior dan bisnis kreatif konstruksi. Tujuan dari jurusan ini untuk meningkatkan keberagaman karena perubahan faktor pasar serta praktik arsitek profesional. 

Terletak di kawasan strategis yakni di Paskal 23 Hyper Square Mall, Lobby Langit, Jalan Pasirkaliki No. 25-27, Bandung, BINUS @Bandung menawarkan fasilitas kampus yang lengkap, mewah dan berteknologi tinggi. Dengan dosen-dosen berpengalaman di industri terkait, tentu mahasiswa dapat mempelajari dan menerapkan berbagai aspek teknologi, budaya, bisnis, dan lingkungan sebagai bagian dari desain.  Yuk daftar disini  

Yuk, Joint BINUS @Bandung Sekarang !

Banner SEO Campaign BINUS Bandung