10 Langkah Menjadi Content Creator Sukses

 Langkah Menjadi Content Cretor Sukses

Pekerjaan sebagai content creator belakangan diminati banyak orang karena kemudahannya. Sederhananya, seseorang hanya perlu ngonten dan cuan pun akan mengalir. Namun sebenarnya tak sesederhana itu lho

Dalam era digital seperti sekarang, profesi sebagai konten kreator memang bisa jadi ladang penghasilan yang sangat menjanjikan. Pekerjaan ini tidak terikat dengan waktu dan sangat cocok bagi kamu yang berjiwa kreatif. Namun menjadi seorang konten kreator ga bisa dengan hanya sekedar ngonten. Sama halnya dengan menjadi seorang pebisnis, jika kamu ingin jadi seorang konten kreator yang sukses maka ada langkah dan tips yang perlu dilakukan. 

Nah, apakah kamu sudah siap untuk itu? 

Baca Juga: Berikut Cara Membuat Business Model Canvas dengan Mudah! 

Langkah Menjadi Content creator Sukses

Untuk menjadi seorang konten kreator, kamu tak hanya harus membuat konten yang menarik namun juga harus bisa membangun audiens yang loyal serta mencari cara untuk meningkatkan interaksi mereka dengan konten yang kamu miliki. Jika semua hal tersebut terpenuhi, maka peluang untuk meraih kesuksesan hanyalah tinggal beberapa jengkal saja. Namun bagaimana caranya? 

  1. Tentukan tujuan
    Sebelum kamu mulai membuat konten, ketahui dulu apa tujuanmu dan apa yang ingin kamu capai. Tentukan hal ini dengan baik sebelum membuat konten. Dengan mengetahui tujuan yang hendak dicapai, kita akan lebih fokus untuk mengukur seberapa besar keberhasilan konten yang sudah kita buat. 
  2. Rajin belajar
    Membuat konten tentunya membutuhkan bekal. Nah, dapatkan bekal ini dengan rajin belajar. Kamu bisa mulai dengan membaca buku atau berita yang berkaitan dengan konten yang kamu usung. Kamu juga bisa mempelajari berbagai macam video tutorial di internet yang sesuai dengan materi untuk konten milikmu.
    Memang belajar membutuhkan waktu, namun ini sangat berpengaruh terhadap proses penciptaan konten. Hasilnya konten tak hanya akan sesuai dengan apa yang diinginkan oleh audiens namun juga sesuai dengan tren kondisi saat ini.
    Misalnya jika kamu adalah seorang konten kreator kuliner bidang kuliner, maka carilah referensi untuk belajar baik dari buku ataupun video yang memuat berbagai resep atau tips dalam bidang kuliner. 
  3. Tuliskan idemu
    Menulis itu tak harus ketika kamu duduk didepan meja. Menulis ide itu bisa disembarang waktu. Ketika kamu makan, liburan, berbelanja atau kapanpun itu. Ide seringkali datang tanpa secara tiba-tiba. Jadi usahakan untuk menulisnya agar idemu tidak menguap begitu saja. Atau setidaknya luangkan waktu minimal 15 menit setiap harinya untuk bersantai mencari dan menuliskan ide.
    Setelah ide ditulis, selanjutnya inspirasi pasti akan mulai muncul. 
  4. Kenali audiens
    Jika kamu ingin sukses, kenalilah audiensmu. Ketika kita mengenal audiens dengan baik, mudah untuk memetakan dan merancang konten yang menarik dan relevan. Bagaimana caranya? Kamu bisa mulai dengan mempelajari apa yang mereka sukai, siapa mereka, dan konten seperti apa yang ingin mereka lihat.
    Sesekali lakukanlah interaksi dengan audiens lewat survei atau kolom komentar untuk memahami apa yang mereka inginkan. 
  5. Konsisten posting
    Salah satu syarat menjadi konten kreator yang sukses adalah memiliki audiens yang loyal. Kamu bisa mulai dengan membuat jadwal posting yang konsisten dan teratur. Ini membantu audiens mengetahui kapan konten terbaru milikmu keluar.
    Misalnya kamu posting setiap hari Senin-Sabtu pukul 19.00. Maka lakukanlah hal tersebut secara rutin sehingga audiens tahu dan mengenali jadwal tersebut. Jika kamu libur pada rentang tersebut, berilah pemberitahuan untuk menghargai para audiens yang mungkin saja menunggu kontenmu. 
  6. Manfaatkan platform media sosial
    Seorang konten kreator berhubungan erat dengan platform media sosial. Nah, pilihlah platform yang paling sesuai dengan audiensmu lalu konsistenlah. Untuk membantu mencapai audiens yang lebih luas, kamu juga bisa memposting di platform yang berbeda. 
  7. Jangan menjiplak
    Konten kreator profesional akan membuat dirinya autentik. Jangan takut jadi yang berbeda namun jadilah se orisinil mungkin. Ekspresikan dirimu sebaik mungkin dan bangunlah hubungan dengan audiens lebih dekat. 
  8. Bangunlah jejaring dengan konten kreator lainnya
    Ketika kamu memiliki jejaring, kamu memiliki teman untuk bisa saling sharing dan berdiskusi terkait dengan perkembangan konten yang sedang tren. Selain itu ketika kita memiliki banyak teman, kita akan bisa lebih mudah mendapatkan banyak ide. 
  9. Konten sebagai solusi
    Jika ingin menjadi seorang konten kreator yang sukses, tempatkanlah audiens pada posisi tertinggi. Artinya buatlah konten yang sifatnya solusi. Konten seperti ini umumnya lebih digemari. Selain itu konten seperti ini juga lebih dihargai karena pembuat konten menempatkan dirinya bukan untuk menggurui namun untuk membantu. 
  10. Rawat rasa ingin tahu
    Pembuat konten harus memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Fungsinya untuk membantu mereka menciptakan konten yang lebih bervariasi. Jadi jangan pernah puas dengan ilmu yang kamu miliki dan teruslah belajar untuk mendapatkan ilmu yang baru. 

Baca Juga: Fungsi Google Analytics untuk Mengetahui Performa Trafik Suatu Website

Apakah kamu berminat menjadi seorang konten kreator sukses? Kamu bisa wujudkan ini dengan menjadi mahasiswa yang mengambil peminatan Designpreneur di BINUS @Bandung. Disini kamu akan belajar banyak hal yang berkaitan dengan desain dan komunikasi visual baik hard skill ataupun soft skill

BINUS @Bandung tak hanya membekalimu untuk menjadi seorang yang memiliki kemampuan riset yang baik, namun juga mengantarkanmu menjadi seorang dengan skill komunikasi yang handal, mampu menciptakan berbagai ide kreatif serta ahli dalam bidang SEO. Tentunya semua hal tersebut sangat dibutuhkan oleh seorang konten kreator bukan? Oleh karena itu, bergabunglah dengan BINUS @Bandung! Jadilah content creator sukses bersama dengan BINUS!  Yuk Daftar BINUS @Bandung Sekarang!

Yuk, Joint BINUS @Bandung Sekarang !

Banner SEO Campaign BINUS Bandung