Fungsi Google Analytics untuk Mengetahui Performa Trafik Suatu Website

Fungsi Google Analytics untuk Mengetahui Performa Trafik Suatu Website

Google Analytics atau Google Analytics merupakan sebuah layanan yang bisa membantu kamu untuk menganalisa website sekaligus membantu dalam mengambil keputusan bisnis dengan lebih terstruktur. Jika kamu memiliki website, maka sudah seharusnya mengoptimalkan website tersebut agar strategi pemasaran digital bisnis bisa berjalan sukses. Salah satunya dengan memanfaatkan tools dari Google ini.

Pengoptimalan website ini menganalisis berbagai metrik, mulai dari perilaku pengunjung, lalu lintas web dan statistik e-niaga. Dengan begitu performa website bisa meningkat karena menjadikannya sebagai acuan dalam membuat rencana pemasaran yang strategis.

Tentang Google Analytics 

Tools gratis dari Google ini sangat bagus dan mampu membantu menganalisis informasi yang ada pada audiens sebuah website. Dengan begitu, perusahaan bisa membuat pengembangan pada website, baik user experience maupun dari konten melalui data tersebut.

Dalam artian sederhana, Google Analytics bisa disebut sebagai alat harus ada saat kamu memiliki website agar bisa dengan mudah memantau sumber traffic, traffic web, data demografi pengunjung, konten populer yang ada dan sebagainya. Dari sini dapat disimpulkan, bahwa Google Analytics  adalah alat yang bisa digunakan untuk mengevaluasi konten dan juga website.

Layanan gratis ini juga bisa memudahkan kamu untuk menentukan aspek yang harus diperbaiki, mengevaluasi konten dan produk yang menarik pengunjung, konten yang perlu dioptimasi atau ditulis ulang dan plug in yang perlu ditambahkan. Tentu ini sangat bermanfaat bagi kebutuhan bisnis yang dijalankan ke depannya.

Mengenal Fungsi Google Analytics 

Tools gratis dari Google ini memiliki sejumlah manfaat, terutama untuk meningkatkan performa bisnis. Berikut adalah beberapa fungsi optimal dari Google Analytics yang perlu diketahui.

  1. Laporan Pengunjung Selalu Diperbaiki
    Manfaat Google Analytics bisa memberikan informasi maupun data yang selalu diperbarui atau real time secara akurat karena berasal langsung dari aktivitas website. Dari sini, kamu dapat mengetahui tentang gambaran performa bisnis yang dijalankan saat ini. Misalnya jumlah pengunjung, traffic website, kecepatan website dan sebagainya. Dengan begitu, kamu juga bisa lebih mudah dalam menganalisa kenaikan maupun penurunan bisnis yang dijalankan tersebut.
    Ketika kunjungan pada halaman website mengalami peningkatan, itu artinya kinerja bisnis sedang dalam keadaan baik. Namun jika terjadi kondisi kebalikannya, maka perlu mengevaluasi pola-pola berdasarkan data yang diperoleh. Dengan begitu, kamu bisa lebih mudah untuk mengetahui bisnis bagian mana  yang perlu dioptimalkan.
  2. Mengenali Target Konsumen
    Google Analytics juga bisa membantu mengetahui target konsumen yang potensial untuk bisnis. Dengan mengetahui perilaku pengunjung website dengan demografinya, maka kamu akan mendapat gambaran yang cukup jelas terkait siapa saja yang tertarik dengan produk yang ditawarkan.
    Mengetahui target konsumen ini juga akan memudahkan kamu dalam mengetahui kebutuhan konsumen dan merancang produk-produk yang sesuai. Dengan begitu strategi pemasaran bisnis yang dijalankan bisa berjalan lebih efektif serta tepat sasaran.
    Google Analytics ini juga bisa dijadikan alat pemberitahuan data paling update. Misalnya tentang adanya perubahan tren, visitor website dan berbagai hal lain yang penting untuk diketahui.
  3. Membantu Untuk Berinovasi dan Berimprovisasi Untuk Perkembangan Bisnis
    Google Analytics adalah tools yang sangat canggih sehingga bisa memberikan kemudahan untuk mengetahui jumlah pengunjung website, menentukan kata kunci paling efektif dan mengetahui konten promosi yang memiliki performa paling baik. Data-data seperti ini sangat berguna untuk menyusun inovasi terhadap produk baru yang lebih kreatif dan sesuai dengan kebutuhan konsumen.
    Kamu juga bisa mengetahui atau menganalisis tren bisnis kompetitor dengan melihat website melalui fitur analisis kompetitor bisnis. Caranya, pilih menu ‘Benchmark’, kemudian di bagian channel kamu sudah bisa melihat perbandingan website yang dimiliki dengan website milik kompetitor. Di sini kamu juga bisa melihat tren bisnis yang sejenis, sehingga bisa dijadikan acuan membuat strategi bisnis dan melakukan improvisasi agar tidak kalah saing.
  4. Penyusunan Laporan
    Google Analytics bisa memberikan data terbaru yang sangat berguna dalam menyusun laporan bisnis. mulai dari demografi pengunjung, ketertarikan pengunjung, konversi, iklan dan sebagainya. Dengan begitu, kamu tidak perlu pusing membuat laporan performa bisnis, karena data-data sudah tersedia pada Google Analytics .

Dari data yang sangat lengkap ini, kamu bisa menyusun laporan pada kurun waktu tertentu untuk dijadikan bahan evaluasi ataupun diskusi bersama tim. Hal ini diharapkan mampu meningkatkan performa bisnis di masa mendatang.

Baca Juga: Simak 6 Strategi Pemasaran Produk Laris Manis dengan Digital Marketing

Cara Daftar Google Analytics

Meskipun Google Analytics  ini merupakan layanan gratis dari Google, namun juga harus melalui tahap pendaftaran akun terlebih dahulu. Berikut langkah-langkah mendaftar ke Google Analytics yang bisa diikuti:

  1. Kunjungi situs berikut google.com/analytics
  2. Sign in dengan memakai akun Google milikmu
  3. Klik menu ‘Drop-Down’ untuk bisa membuat properti
  4. Masukkan url yang ingin kamu analisis
  5. Lalu pilih industri yang sesuai dengan website
  6. Setting zona waktu
  7. Klik ‘Get Tracking’
  8. Download Tracking ID pada website
    Salah satu upaya untuk pengembangan bisnis adalah dengan mengelola website secara optimal. Google Analytics yang mampu memberikan data-data berdasarkan real time atau yang selalu diperbarui ini, tentunya bisa membantu dalam menganalisis hal apa saja yang sudah berjalan efektif, hal apa yang perlu diperbaiki dan sebagainya.

Untuk memudahkan kamu dalam menganalisis hasil penjualan dari bisnis, sebaiknya mempelajari ilmunya lebih mendalam di jurusan Creativepreneurship BINUS @Bandung. Dengan pembekalan dalam hal analisis bisnis, kamu akan lebih siap menghadapi era industri di masa mendatang.

Jadi, mari bergabung dengan BINUS @Bandung dan jadilah seorang profesional di bidangnya. Dapatkan pula penawaran beasiswa pendidikan dengan mendaftar ke Link Pendaftaran.

Yuk, Joint BINUS @Bandung Sekarang !

Banner SEO Campaign BINUS Bandung