LAPORAN BISNIS

Yella Dezas Perdani

Laporan bisnis adalah penyajian fakta yang logis dan objektif yang diperlukan untuk membuat keputusan dan menyelesaikan masalah. Saat ini kesuksesan dalam bisnis juga membutuhkan kemampuan untuk menulis proposal dan laporan yang persuasif dari perusahaan terbesar hingga perusahaan rintisan terkecil. Pebisnis dituntut untuk mempersiapkan laporan bisnis untuk tujuan ekspansi bisnis sebagai kebutuhan akan laporan dalam organisasi besar, untuk globalisasi bisnis di mana laporan yang ditulis dalam format lingkungan internasional yang semakin meningkat, dan untuk persyaratan pemerintah guna mematuhi hukum dan peraturan.

Berdasarkan fungsinya, laporan bisnis terbagi menjadi laporan informatif dan analitis; berdasarkan waktu pembuatannya, laporan bisnis di bagi menjadi laporan berkala, kemajuan dan khusus; berdasarkan formalitas, laporan bisnis dapan berupa pribadi atau impersonal; dan berdasarkan formatnya, dapat berupa memo, surat, formular dan laporan.

Banyak laporan bisnis pada dasarnya berisi bagian berikut:

  1. Pendahuluan (Mengapa Anda menulis laporan?)

Tujuan dari pendahuluan pada laporan bisnis adalah untuk memperkenalkan konteks laporan dan mempersiapkan pembaca untuk temuan utama. Informasi latar belakang harus disertakan di sini. Contohnya, dalam laporan internal perusahaan penerbangan tentang bagaimana merestrukturisasi sistem penetapan biaya, misalnya, ada tinjauan umum prinsip dan praktik saat ini di perusahaan dan industri yang sebanding di pendahuluan sebelum pemeriksaan sistemnya sendiri dan evaluasi metode akuntansi mana yang harus digunakan. diadopsi oleh perusahaan.

  1. Metodologi (Bagaimana Anda mengumpulkan data?)

Bagian ini akan membahas bagaimana data dikumpulkan, termasuk metode, justifikasi atau alasan metode, partisipan, dan prosedur pengumpulan data. Beberapa ahli berpendapat bahwa bagian metodologi bersifat opsional dalam sebuah laporan, bahkan ketika menulis bagian ini hanya terdapat beberapa kalimat atau paragraf saja.

  1. Temuan/diskusi (Apa hasilnya?)

Ini adalah bagian yang paling penting, di mana semua fakta dan detail dinyatakan dan hasilnya ditafsirkan. Buku teks komunikasi bisnis yang khas menghilangkan bagian interpretasi data. Bagian ini dipisahkan menjadi subbagian logis untuk memudahkan membaca. Selain informasi faktual, bagian ini juga memuat tabel, grafik, dan ilustrasi.

  1. Kesimpulan (Sebuah interpretasi atau ringkasan hasil)

Bagian ini mengkaji informasi faktual yang disajikan dalam temuan yang berkaitan dengan tujuan penulisan laporan dan menyatakan implikasi logis atau kesimpulan yang telah dicapai. Tidak ada informasi baru atau pendapat pribadi yang harus ditambahkan ke bagian ini. Tujuan dari bagian ini adalah untuk memberikan interpretasi yang objektif dari fakta-fakta yang telah dijabarkan dibagian awal.

  1. Rekomendasi (Saran apa yang dapat Anda berikan?)

Bagian ini berisi saran dan rekomendasi. Semua rekomendasi harus didasarkan pada fakta-fakta bagian temuan dan kesimpulan logis bagian kesimpulan.

Dengan kata lain, laporan bisnis bertujuan untuk menyajikan fakta dan data guna menyelesaikan sebuah masalah dan/atau membuat keputusan. Laporan disusun bisnis disusun setidaknya, memuat 5 bagian, yakni: pendahuluan, metodologi, temuan, kesimpulan dan rekomendasi.

Bibliography

Eka, M. (n.d.). Laporan Bisnis dan Proposal. Retrieved March 3, 2022, from https://adoc.pub/laporan-bisnis-proposal-marheni-eka-s-st-mba.html

Syarifa, C. (n.d.). Laporan bisnis, proposal bisnis dan rilis berita. Retrieved March 3, 2022, from http://staffnew.uny.ac.id/upload/197912032015042001/pendidikan/PERTEMUAN 8-9-LAPORAN BISNIS, PROPOSAL BISNIS DAN RILIS BERITA.pdf