Public RelationsPic by Freepik

Kehadiran teknologi kecerdasan buatan (AI) telah memberikan dampak yang besar di berbagai aspek kehidupan manusia, termasuk dalam ranah Public Relations (PR). Beberapa implementasi AI dalam dunia Public Relations bisa dijumpai dalam proses pengelolaan kampanye, analisis sentimen, serta perencanaan komunikasi yang lebih strategis. 

Untuk itu, berikut adalah enam rekomendasi tool berbasis kecerdasan buatan bagi para profesional di bidang Public Relations.

  1. ChatGPT

ChatGPT adalah sebuah tool chatbot dari OpenAI yang bisa sangat berguna bagi para profesional di bidang Public Relations. Cara pakainya juga mudah karena kita hanya perlu memberikan perintah (prompt), dan tool ini pun akan bekerja sesuai arahan tersebut. Adapun beberapa hal yang bisa ChatGPT lakukan untuk PR, yakni membantu memperbaiki tulisan, menyusun draft untuk press release, mengumpulkan ide-ide untuk kampanye, serta menyediakan analisis riset umum.

  1. Brandwatch

Brandwatch adalah tool AI yang sangat berguna untuk kebutuhan media monitoring. Alat ini memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan untuk melacak, menganalisis, dan memantau teks yang menyebut merek Anda. Pemantauan tersebut juga berlaku pada gambar logo atau produk perusahaan.

Dengan Brandwatch, para pekerja PR dapat menentukan apakah penyebutan merek dari perusahaan mereka mendapat respons positif, negatif, atau netral. Hal ini tentunya akan sangat membantu tim PR untuk mengambil respons yang lebih cepat dan tepat terhadap semua tren atau isu yang berkembang di media dan masyarakat, khususnya yang terkait dengan merek perusahaan mereka.

  1. Looka

Looka adalah sebuah tool yang dirancang untuk membantu pembuatan identitas merek secara menyeluruh, yang disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Pengguna cukup memberikan detail atau preferensi warna yang diinginkan, dan Looka dapat dengan cepat menciptakan elemen-elemen visual yang mendukung identitas mereknya.

Tool ini sangat bermanfaat, terutama bagi brand atau perusahaan kecil yang sedang merintis usaha. Karena dengan bantuan Looka, proses perancangan identitas merek menjadi lebih cepat dan terjangkau. Dengan demikian, perusahaan kecil jadi lebih mudah untuk memiliki tampilan merek yang lebih profesional dan menarik.

  1. Canva

Sebagai salah satu tool desain grafis yang populer, Canva telah mengintegrasikan kecerdasan buatan ke dalam platform-nya. Hal itu memungkinkan pengguna untuk menghasilkan gambar berdasarkan teks atau deskripsi tertentu yang diberikan. Fitur canggih ini dapat diakses melalui opsi Dokumen baru pada antarmuka Canva.

Meskipun hasil gambar dari fitur ini mungkin sering kali tidak terlalu sesuai dengan harapan, Canva tetap bermanfaat untuk menggambarkan visual untuk keperluan kampanye. Ini dapat menjadi solusi kreatif untuk mendukung usaha PR dalam menghasilkan berbagai ide template yang menarik.

  1. TLDR This

TLDR This adalah tool canggih yang dapat membantu para praktisi PR untuk merangkum teks yang panjang. Namun tentu, keunggulannya bukan hanya itu. Alat ini juga memungkinkan penggunanya untuk melakukan ringkasan pada suatu berita atau informasi dengan hanya memasukkan URL artikelnya saja. Artinya, pengguna tidak perlu lagi repot menyalin dan menempelkan teks secara manual.

Platform ini juga menawarkan yang namanya fitur Distraction-Free Reading. Fitur tersebut dapat pengguna manfaatkan untuk menghilangkan iklan, popup, dan grafik yang tidak relevan untuk menciptakan ruang baca yang lebih bersih.

  1. Scribbl AI

Tool lainnya adalah Scribbl, yang dapat membantu merekam, menulis transkripsi, dan membuat catatan rapat secara otomatis. Alat ini tentunya bisa menjadi penyelamat bagi siapa pun yang tugasnya membuat catatan dari hasil rapat, dan seperti diketahui, sebagian besar kegiatan tim PR adalah menghadiri rapat.

Demikian enam tool berbasis AI yang bermanfaat bagi dunia Public Relations. Selain penggunaan tool yang bermanfaat, tentunya mengasah wawasan dan skill yang berguna di bidang PR jadi hal yang wajib dilakukan. Terutama jika Anda memang tertarik untuk menggeluti bidang karier tersebut. 

Sebab itu, pastikan mengambil program studi Public Relations yang berkualitas, seperti yang ada di BINUS UNIVERSITY @Malang. Melalui kurikulum yang dirancang secara khusus untuk mencetak lulusan yang berkompetensi tinggi, program studi Public Relations di BINUS UNIVERSITY @Malang mempersiapkan mahasiswa untuk menjadi individu yang kreatif dan mampu menganalisis berbagai kasus dalam aspek komunikasi.