5 Alasan Kuliah Jurusan Pariwisata Itu SeruPic by Freepik

Pariwisata merupakan salah satu industri yang terus berkembang dan memberikan berbagai peluang karier yang menarik bagi para lulusannya. Bahkan, sejak menjalani pendidikan, keseruan berkuliah di jurusan ini sudah terasa. Nah, artikel ini akan membahas lima alasan mengapa kuliah di jurusan pariwisata itu seru dan menyenangkan. 

1. Peluang Karier yang Luas

Jurusan pariwisata menawarkan berbagai peluang karier yang luas mulai dari pemandu wisata, manajer hotel, agen perjalanan, hingga spesialis event pariwisata. Dengan pertumbuhan industri pariwisata yang terus meningkat, permintaan akan profesional pariwisata juga makin tinggi.

Selain itu, kamu juga berkesempatan untuk berkembang dalam berbagai bidang seperti manajemen, pemasaran, dan pelayanan pelanggan. Berbeda dengan industri lain yang mungkin dapat meredup atau mati, industri pariwisata justru terus tumbuh dan berkembang. Tentunya lulusan jurusan pariwisata akan terus dibutuhkan.

2. Materi Pembelajaran Ringan dan Menyenangkan

Jika kamu kurang menyukai subjek belajar yang berat, jurusan pariwisata sangat cocok buat kamu. Pasalnya, di jurusan ini kamu akan banyak melakukan praktik daripada teori di kelas. Dengan begitu, kamu dapat menggabungkan teori dengan pengalaman praktis yang akan membantumu memahami industri pariwisata dengan lebih baik.

Beberapa program kuliah bahkan menawarkan kesempatan untuk melakukan magang di perusahaan pariwisata ternama, yang akan memberikan wawasan yang berharga dan menjadikan kamu lebih siap memasuki dunia kerja. Selain itu, kuliah di jurusan pariwisata juga membuka peluang jalan-jalan ke berbagai destinasi wisata sebagai bagian dari kurikulum, yang pastinya akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan. 

3. Mengembangkan Kreativitas Tanpa Batas

Industri pariwisata adalah tempat yang tepat bagi mereka yang memiliki jiwa kreatif dan ingin berinovasi. Di jurusan pariwisata, kamu akan belajar bagaimana menciptakan pengalaman wisata yang unik dan berkesan bagi para wisatawan. 

Mulai dari merancang paket liburan yang menarik, menciptakan acara budaya lokal, hingga mengelola destinasi wisata berkelanjutan, kreativitasmu akan selalu diuji dan dihargai. 

Peluang untuk mengembangkan ide-ide kreatif dalam industri pariwisata pastinya sangat luas sehingga kamu bisa menggabungkan minat dan keterampilan untuk mencapai karier yang memuaskan.

4. Mengenal Keanekaragaman Budaya Lebih Dalam

Industri pariwisata merupakan salah satu industri yang paling melibatkan interaksi antarbudaya. Melalui kuliah di jurusan pariwisata, kamu akan mempunyai kesempatan untuk belajar tentang berbagai budaya dan tradisi dari seluruh dunia. 

Dengan bekerja di lingkungan yang multikultural, kamu akan belajar menghargai perbedaan dan memperluas pandangan tentang dunia. Interaksi dengan wisatawan dari berbagai negara juga akan memperkaya pengalamanmu dan membantumu mengembangkan keterampilan komunikasi lintas budaya yang sangat berharga dalam dunia kerja yang akan kamu alami nantinya.

5. Kuliah Sambil Jalan-jalan

Tanpa menunggu waktu liburan, kamu bisa pergi ke berbagai destinasi wisata baik di dalam negeri maupun luar negeri dalam rangka praktik kuliah lapangan. Pada kegiatan tersebut biasanya kamu mendapat tugas seperti menganalisis suatu objek wisata atau mengelola sebuah perjalanan wisata termasuk pembuatan paket wisata. Ketika itu, kamu bisa mencuri waktu untuk sekadar healing atau menyegarkan pikiran menikmati suasana di tempat wisata yang kamu kunjungi. Menyenangkan, bukan? 

Hal-hal di atas tentunya hanya bisa kamu dapatkan jika berkuliah di jurusan pariwisata. Di BINUS University, kamu bisa kuliah dalam waktu 2,5 tahun saja. Pastinya kamu jadi bisa #MulaiLebihAwal untuk mempraktikkan ilmu dan pengalaman yang kamu dapat. Baik berkarier di industri pariwisata sebagai entrepreneur maupun karyawan, bisa kamu lakukan lebih cepat dibanding kuliah S1 Pariwisata di kampus lain yang umumnya memerlukan waktu 4 tahun. Jadi kamu bisa memanfaatkan waktu bekerja sambil kuliah. 

Percepatan itu memungkinkan karena sistem tersebut mengembangkan kemampuan mahasiswa melalui enrichment program yang akan mereka jalani. Dengan memilih salah satu dari tujuh track yang disediakan seperti, research, community development, entrepreneurship, internship, study abroad, specific independent study, dan further study, kemampuan mahasiswa akan semakin mudah diterapkan dalam industri. 

Penasaran bagaimana menjalani kuliah seru yang memiliki prospek karir cerah, jangan ragu memilih Tourism Program di BINUS University. Yuk, daftar sekarang!