Usung Kuta Pledge, BINUS UNIVERSITY Dorong Kolaborasi Multi-Sektor di Bidang Keberlanjutan pada BINUS-Indo Pacific Forum

Denpasar, 29 Agustus 2024 – BINUS University mendorong visinya dalam mengembangkan masyarakat melalui peluncuran Kuta Pledge for Sustainable Future di acara Bridging Industry and University for Sustainable Future (BINUS) Indo-Pacific Forum (IPF) yang diselenggarakan pada 28-29 Agustus 2024.

Diusungnya Kuta Pledge for Sustainable Future merupakan ajakan kolaborasi multi- pihak dengan tujuan dalam memajukan praktik keberlanjutan. Poin-poin yang terkandung ialah memprioritaskan pembangunan berkelanjutan di seluruh aspek kehidupan, mengedepankan kesetaraan dan inklusivitas bagi semua, mempromosikan ekonomi sirkular melalui transformasi digital,penguatan generasi muda sebagai agen perubahan, serta kolaborasi multi-pihak yang berorientasi pada pembangunan berkelanjutan. Untuk dapat turut serta, masyarakat dapat mengisi komitmennya melalui tautan berikut.

Usung Kuta Pledge, BINUS UNIVERSITY Dorong Kolaborasi Multi-Sektor di Bidang Keberlanjutan pada BINUS-Indo Pacific Forum

“Merupakan sebuah kebanggaan bagi BINUS University menjadi tuan rumah pada perhelatan yang menghadirkan pemangku kepentingan di kalangan Pemerintah, Industri, serta Civitas Akademisi. Berlangsungnya kegiatan ini selaras dengan visi BINUS yang ingin dicapai yaitu menjadi institusi berkelas dunia yang turut mengembangkan masyarakat dan membangun diri melalui inovasi yang aplikatif,” ujar Rektor BINUS University, Dr. Nelly, S.Kom., M.M., CSCA.

Forum ini turut menampilkan berbagai sesi diskusi, lokakarya, dan presentasi dari para ahli dan praktisi keberlanjutan terkemuka yang berasal dari institusi terkemuka di Australia, Malaysia, Singapura, Thailand, hingga Qatar sehingga turut mempromosikan dialog berkelanjutan, pertukaran pengetahuan, dan inisiatif bersama.

“Kuta Pledge for Sustainable Future yang diusung pada BINUS IPF mencerminkan visi BINUS University dalam membina dan memberdayakan masyarakat. Di era di mana isu lingkungan dan keberlanjutan semakin mendesak, peran pendidikan tinggi semakin relevan dalam memfasilitasi dialog dan aksi nyata sehingga kolaborasi multi-sektor merupakan nilai penting agar menghadirkan solusi nyata,” tambah President of BINUS Higher Education & Professional Service, Stephen Wahyudi Santoso.

Sorotan penting lainnya pada forum ini ialah kehadiran sembilan BINUS Youth Ambassadors yang berasal dari negara anggota ASEAN yaitu Indonesia, Filipina, Singapura, Malaysia, Laos, Kamboja, Vietnam, dan Thailand. Cakupan ide yang diusung oleh para delegasi pemuda fokus pada isu TPB yang relevan di negara asalnya agar dapat direalisasikan serta melibatkan lebih banyak generasi muda dalam gerakan keberlanjutan global.

Usung Kuta Pledge, BINUS UNIVERSITY Dorong Kolaborasi Multi-Sektor di Bidang Keberlanjutan pada BINUS-Indo Pacific Forum

“Pemuda tidak dapat dipungkiri menjadi generasi penerus yang akan memastikan inisiatif ini dapat diimplementasikan sesuai dengan permasalahan yang ada di masyarakat. Oleh karenanya, kehadirannya di BINUS-Indo Pacific Forum akan turut menunjang komitmen bersama,” yang diutarakan oleh Prof. Dr. Tirta Nugraha Mursitama, Ph.D. sebagai Advisor for Collaboration and Global Engagement di BINUS University.

Kuta Pledge for Sustainable Future merupakan salah satu bentuk komitmen BINUS University untuk tidak hanya merealisasikan visinya dalam membina dan memberdayakan masyarakat tetapi menjalin kolaborasi dengan mitra strategis untuk memberi dampak yang positif.