HIMTRI BINUS UNIVERSITY Perkenalkan Keunikan Program Teknik Industri melalui Fun Games Competition

Jakarta, 13 Agustus 2024 – Industrial Engineering Laboratory (IE Labs), salah satu fasilitas unggulan program studi Teknik Industri BINUS University, mendukung program kerja Himpunan Mahasiswa Teknik Industri (HIMTRI) untuk meningkatkan exposure serta minat terhadap jurusan tersebut. Dalam rangka memenuhi tujuan yang telah disebutkan, mereka mengadakan Fun Games Competition untuk para pelajar SMA pada tanggal 13 Agustus 2024 di BINUS @Kemanggisan, Kampus Syahdan, Jakarta Barat mulai dari pukul 9.00 hingga 15.00 WIB.

Acara ini melibatkan sejumlah permainan yang bertujuan membangun keakraban antara para peserta dalam suasana kasual serta mengasah kemampuan berpikir kritis mereka. Misalnya, pada awal acara, mereka akan bermain susun kata, lalu dilanjutkan dengan tutorial menggunakan software Inventor di komputer IE Labs. Dari sini, mereka dapat belajar seluk-beluk fitur yang tersedia, dan mereka akan menerima sebuah file untuk melihat hasil atau produk yang kompleks.

HIMTRI BINUS UNIVERSITY Perkenalkan Keunikan Program Teknik Industri melalui Fun Games Competition

Setelah itu, para peserta belajar menggunakan FlexSim, yaitu software untuk membuat simulasi berbagai skenario produksi dan pergerakan orang-orang. Selain mempelajari fitur yang ada dan cara menggunakannya, mereka juga akan mendapatkan file FlexSim untuk melihat hasil simulasi yang lebih rumit. Kemudian, para partisipan akan berkumpul bersama kelompok mereka untuk memecahkan sebuah studi kasus yang menuntut peserta untuk berpikir secara kritis serta kreatif.

Pada sesi kedua, peserta menjalani uji stres menggunakan Kokoro dan mengerjakan sebanyak mungkin soal matematika dalam waktu singkat. Tujuannya adalah peserta dapat mempelajari bagaimana teknologi dapat mengukur kondisi psikis seseorang secara akurat sehingga peserta dapat memahami bagaimana mendesain pekerjaan yang baik sehingga tidak menghasilkan beban kerja yang berlebih. Kemudian, peserta akan bermain simulasi supply chain dan dilanjutkan dengan menyelesaikan studi kasus yang berbeda. Studi kasus ini mengharuskan mahasiswa menerapkan ilmu yang telah mereka dapatkan dari simulasi rantai pasok sebelumnya.

HIMTRI BINUS UNIVERSITY Perkenalkan Keunikan Program Teknik Industri melalui Fun Games Competition

Terakhir, peserta diajak untuk mengunjungi Digital Industry Laboratory yang merupakan laboratorium terbaru Teknik Industri BINUS University. Di laboratorium ini, peserta akan diajak bermain tebak gaya berdasarkan gambar menggunakan Rokoko Smartsuite yang digunakan untuk praktikum motion detection. Selain itu peserta juga dapat melihat Smart Lab Factory menggunakan mesin Xite Automax 520 dikembangkan oleh Bosch Rexroth yang menampilkan simulasi proses manufaktur secara langsung yang terintegrasi dengan otomatisasi, robotika, analitik data, dan IoT (Internet of Things) di industri 4.0.

“Saya salut dengan ide kreatif panitia [mahasiswa Teknik Industri] yang bisa merancang permainan dan simulasi pembelajaran seru seperti ini. Saya harap, acara ini bisa membangun ketertarikan siswa-siswi SMA untuk semakin mengenali apa itu Teknik Industri, manfaatnya, apa yang mereka pelajari, dan semoga saja mereka terdorong untuk mempelajarinya,” tutur Dean Faculty of Engineering BINUS University, Dr. Ir. Nina Nurdiani, S.T., M.T. tentang harapannya untuk Fun Games Competition IE Labs x HIMTRI ini.

Untuk semakin mendorong minat peserta, IE Labs dan HIMTRI juga menyediakan hadiah berupa merchandise menarik serta uang tunai hingga Rp2,5 juta. Selain itu, peserta juga bisa mendaftar dan berpartisipasi tanpa dipungut biaya tambahan. Dengan demikian, kegiatan ini akan semakin mewujudkan spirit BINUS University untuk memajukan dan memberdayakan masyarakat demi membangun bangsa, dimulai dari generasi muda.

Dalam rangka memperkuat identitas program studi Teknik Industri dan menarik semakin banyak peminat dari kalangan pelajar SMA, IE Labs dan HIMTRI BINUS University mengadakan Fun Games Competition berhadiah pada tanggal 13 Agustus 2024 di BINUS @Kemanggisan. Acara ini melibatkan banyak permainan seru, simulasi sistem, dan tur fasilitas canggih yang ada di lingkungan kampus.