School of Design BINUS University Adakan Program Incubation, Seminars, and Exhibition Collaboration “2024 Media X Space: Across Asia”

Sejak awal berdiri di Indonesia, BINUS University selalu menjunjung semangat Fostering and Empowering the Society in Building and Serving the Nation, atau memberdayakan dan memprakarsai masyarakat demi memajukan bangsa. Tentunya, spirit ini berlaku untuk semua bidang, termasuk industri kreatif desain. Dalam rangka mewujudkan komitmen tersebut, BINUS University School of Design (SOD) bersama School of Computing and Creatives Arts (SoCCA) dan Master of Design (MDS)  mengadakan program khusus yang terbuka untuk semua mahasiswa program desain di seluruh Asia, yaitu 2024 Media x Space: Across Asia, pada tanggal 6-9 Agustus 2024 mendatang. Program ini juga memiliki kolaborasi dengan MAD School Singapore dan didukung oleh Creativite Indonesia.

Berikut ini informasi selengkapnya.

Sekilas tentang 2024 Media x Space: Across Asia

School of Design BINUS University Adakan Program Incubation, Seminars, and Exhibition Collaboration “2024 Media X Space: Across Asia”

2024 Media x Space: Across Asia adalah program incubation khusus yang terbuka untuk semua mahasiswa aktif di jurusan desain. Dalam acara ini Universitas yang mengikuti program incubation sebagai berikut: BINUS University, Universitas Trisakti, Universitas Pelita Harapan, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Pendidikan Indonesia. Designer-designer muda dan berbakat ini akan digabungkan menjadi  kelompok-kelompok kerja untuk menghasilkan karya dan  desain yang akan dipamerkan di bulan Oktober.

Manfaat Ikut 2024 Media x Space: Across Asia dari BINUS University

Mengikuti acara 2024 Media x Space: Across Asia yang diadakan oleh BINUS University akan sangat menunjang karier di industri kreatif. Sebab, peserta dapat merasakan keempat manfaat berikut:

1. Mentorship dan Bimbingan

Untuk mengasah kemampuan desain, pembelajaran di luar ruang kelas sangatlah penting karena bisa melengkapi ilmu teori selama perkuliahan. Melalui acara Media x Space: Across Asia, peserta akan berkesempatan mendapatkan bimbingan secara langsung dari fasilitator yang berpengalaman di bidang desain. Akan ada mentor khusus yang memantau proses pembuatan karya peserta dari awal hingga akhir.

Mereka juga akan memandu mahasiswa untuk mengembangkan karya mereka dengan rekomendasi yang komprehensif dan mempersiapkan diri untuk pameran. Dengan demikian, mahasiswa yang ikut serta bisa menerapkan ilmu mereka secara langsung agar mereka lebih siap berkarier ke depannya.

2. Workshop dan Ajang Diskusi

School of Design BINUS University Adakan Program Incubation, Seminars, and Exhibition Collaboration “2024 Media X Space: Across Asia”

Selain bimbingan secara langsung dari mentor ahli, peserta 2024 Media x Space: Across Asia BINUS University juga bisa mendapatkan ilmu tambahan dari sesi workshop online maupun on-site selama durasi acara. Untuk program seminar inkubasi yang bersifat on-site, peserta akan mempelajari sejumlah topik seperti tren desain terkini, projection mapping, augmented reality/metaspark, virtual reality, dan hologram dalam pembuatan desain.

Sementara itu, untuk seminar online, peserta bisa mendalami teori desain seperti komposisi objek, pemilihan warna, pencahayaan, dan sudut pandang kurator dalam proses pembuatan karya desain untuk konsumsi publik. Semua topik ini akan dipresentasikan dalam bentuk sharing session bersama narasumber, sehingga ada interaksi dua arah.

Selain itu, peserta juga bisa mengetahui proses pengembangan artistik mulai dari tahap riset dengan design thinking, desain, sampai penggabungan berbagai unsur budaya.

3. Ajang Networking

Selama acara berlangsung, mahasiswa akan bertemu dengan banyak praktisi desain ahli sekaligus sesama mahasiswa dari universitas yang berbeda-beda. Dari sini, mereka bisa berkenalan, memperluas lingkaran pergaulan, bahkan membangun jejaring. Harapannya, koneksi profesional yang telah mereka jalin melalui acara ini dapat membuka peluang karier dan pengembangan kompetensi lebih lanjut ke depannya.

4. Ajang Pameran Karya

Karena salah satu mata acara 2024 Media x Space: Across Asia adalah pameran karya secara on-site, di mana seniman-seniman lintas asia,  turut diundang berpameran dalam pameran ini, di antaranya Abdul Shakir (Malaysia), Ahyun Cho (Korea Selatan), Phunk (Singapura),  Vo Thi Nhu Ngoc (Vietnam), bersama desainer-desainer dan seniman-seniman dari Indonesia, Artisa Tumiwa, Hagung Sihag, Natasha Tontey, Reydo Respati, Sebastian Advent, dan Wahyu Ramandha Putro. Tentunya mahasiswa-mahasiswa peserta inkubasi dan open call juga bisa turut memamerkan karya terbaik mereka. Jadi, tidak menutup kemungkinan akan ada perwakilan industri kreatif serta pemangku kepentingan yang akan mengenali potensi mereka. Masih berkaitan dengan poin sebelumnya, keunggulan ini akan membantu mahasiswa membangun jejaring karier yang semakin kuat.

Simak dan ikuti terus kanal-kanal kami, SOD Binus University (@welovedesignsodbinus) dan SOD Gallery (@sodgallerybinus) untuk ikut berpartisipasi dalam program pameran 2024 Media X Space: Across Asia, melalui jalur submisi karya panggilan terbuka.

Sebagai mahasiswa desain, mengikuti 2024 Media x Space: Across Asia akan memperluas jaringan profesional sekaligus mengasah kemampuan. Pada akhirnya, kedua hal ini akan mendukung kesuksesan karier masa depan di industri kreatif. Jadi, jangan lewatkan kesempatan emas untuk bergabung menjadi bagian dari School of Design BINUS University, School of Computing and Creatives Arts BINUS University, dan Master of Design BINUS University.