Buat calon-calon mahasiswa yang ingin mengenal kehidupan kampus di BINUS University, tak perlu pergi kemana-mana. Di tengah situasi pandemi seperti saat ini, BINUS University menggelar agenda pameran edukasi dalam event BEVE, BINUS Education Virtual Expo 2022. 

Calon mahasiswa yang ingin mengikutinya dapat mulai mendaftarkan diri di situs resmi BINUS University, tepatnya di laman digivent.binus.ac.id/beve. Nantinya gelaran expo virtual bakal dipublikasikan melalui laman tersebut, dimulai sejak tanggal 27 Januari hingga 6 Februari 2022. 

BINUS University
Sumber : Binus

Mengapa Perlu Mengikuti BEVE 2022

BEVE 2022 akan diselenggarakan secara daring dengan berbagai metode, antara lain melalui media visual dan paparan langsung dari narasumber kompeten. Para peserta dapat mengikuti webinar dan berdiskusi untuk menggali informasi sedetail mungkin tentang berbagai hal terkait BINUS University. 

Tentunya ada banyak informasi yang akan disajikan. Mulai dari informasi pendaftaran mahasiswa baru, berbagai pilihan program studi yang tersedia, beasiswa dan kurikulum, sampai unit-unit aktivitas dan lembaga intra kampus BINUS University. 

Bahkan, BINUS University memberikan penawaran menarik, berupa potongan biaya kuliah bagi calon mahasiswa yang melakukan pendaftaran selama gelaran BEVE 2022. Jadi, event BINUS Educational Virtual Expo 2022 sangat penting bagi calon mahasiswa, terutama untuk mereka yang berminat melanjutkan pendidikan di BINUS University. 

Selain dapat memperoleh informasi seputar kampus, event semacam ini juga bisa menjadi ajang perkenalan bagi lulusan SMA/SMK dengan dunia penelitian. Meski sederhana, setidaknya riset kecil-kecilan ini dapat memberikan gambaran tentang dunia perkuliahan dan berbagai seluk beluknya. 

Dunia Kampus dan Riset/Penelitian

Dunia pendidikan, terutama perguruan tinggi, sangat identik dengan kegiatan riset atau penelitian. Pun, banyak kalangan menyebut bahwa riset adalah nyawa dari perguruan tinggi. Tanpa adanya penelitian, sistem peradaban tidak akan sampai pada taraf maju seperti sekarang ini.  

Sepanjang menempuh kuliah, mahasiswa bakal lebih banyak berkutat dengan aktivitas penelitian, baik secara teori literer maupun praktik lapangan. Penelitian bermanfaat sebagai sarana eksplorasi lebih mendalam terhadap suatu bidang keilmuan, sekaligus untuk menemukan permasalahan dan solusi-solusi mengatasinya. 

Pemerintah melalui Peraturan Mendikbud dan Menristek-DIKTI pun mewajibkan setiap perguruan tinggi aktif di Indonesia untuk menjalankan aktivitas riset. Perguruan tinggi harus memiliki tenaga pendidik yang berpengalaman dalam bidang penelitian. Mereka harus mampu menyusun proposal penelitian, menjalankannya, serta menghasilkan inovasi yang bermanfaat untuk mengembangkan dunia keilmuan. 

Setiap perguruan tinggi memunyai tanggung jawab moral untuk dapat menyelenggarakan kegiatan penelitian secara aktif. Demikian pula BINUS University yang juga ingin terus mengembangkan diri demi mencapai target perguruan tinggi berkelas dunia. Kewajiban penelitian tersebut kemudian diwujudkan lewat pembentukan divisi Research/RTTO. 

RTTO, Lembaga Riset BINUS University 

RTTO, Research and Technology Transfer Office atau Balai Alih Teknologi Penelitian. Tugasnya berkaitan erat dengan dunia riset, mulai dari menyusun peraturan, monitoring, hingga membuat penilaian dan laporan. Lingkup bidangnya mencakup penelitian, kekayaan intelektual, jurnal ilmiah, produk komersial, serta berbagai bentuk output riset lainnya. 

Berada dalam binaan Wakil Rektor, lembaga ini pun bertanggung jawab membidani pengembangan Enrichment Program yang menjadi salah satu keunggulan dari BINUS University. Selain itu, juga bertanggung jawab dalam mengelola BDSRC (Bioinformatics & Data Science) sebagai instrumen penting dari penelitian. 

BINUS University berambisi untuk mendapatkan pengakuan global. Salah satunya dengan jalan melakukan inovasi dalam bidang riset. Oleh karenanya, RTTO  pun memiliki misi-misi tersendiri, antara lain:

  • Memberikan pengakuan dan penghargaan kepada peneliti-peneliti yang kreatif sekaligus berprestasi membawa nama baik BINUS University. 
  • Memberikan akomodasi kegiatan penelitian di tingkat internasional, khususnya di ranah inovasi baru dalam ilmu pengetahuan dan kewirausahaan. 
  • Memberikan kebutuhan akomodasi untuk aktivitas penelitian lintas bidang studi atau mata kuliah. 
  • Menghasilkan riset-riset berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi.
  • Meningkatkan kualitas penelitian, khususnya agar bisa menyumbangkan inovasi baru bagi kemajuan masyarakat dan negara, baik nasional maupun internasional. 

Berbagai misi dan tujuan tersebut bukan semata dimaksudkan untuk perkembangan BINUS University sendiri. BINUS University berpandangan bahwa penelitian akan lebih bernilai manfaatnya bisa dirasakan oleh orang banyak. Dengan demikian, kehadiran BINUS University diharapkan menjadi faktor penting bagi kemajuan masyarakat dan negara.