BINUS UNIVERSITY memiliki lebih dari 150 ribu komunitas BINUSIAN. Tidak hanya  menyelenggarakan pendidikan berkelas dunia, mahasiswanya pun dibekali skills yang mampu memberi dampak besar untuk masyarakat. 

Salah satu organisasi kemahasiswaan unggulan BINUS adalah Teach for Indonesia (TFI). TFI siap membina dan memberdayakan setiap potensi untuk mengabdi dan membangun bangsa melalui pendidikan. Sesuai dengan semangat BINUS sebagai universitas kelas dunia:  “fostering and empowering the society in building and serving the nation”.

TFI BINUS
Sumber : Binus

Visi Misi TFI BINUS

Kualitas pendidikan berkontribusi tinggi pada kesuksesan suatu bangsa. Pengembangan komunitas pun menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam proses pembangunan negeri. Program Teach for Indonesia memiliki visi membangun bangsa melalui pembinaan komunitas agar komunitas tersebut bisa mendapat kualitas hidup yang lebih baik.

Resmi dibentuk pada 8 Mei 2011, TFI bergerak dalam bidang Pendidikan dan Pengajaran. Fokus utamanya adalah mengoptimalkan setiap potensi untuk menjalankan misi sosial, khususnya membina dan mengedukasi  anak-anak dan komunitas di pelosok Negeri. 

TFI BINUS merupakan organisasi non profit, wadah bagi BINUSIAN yang ingin terlibat secara nyata dalam berbagai kegiatan sosial dengan misi berikut:

  • Social Awareness (Kesadaran Sosial): melatih anggotanya untuk memiliki kesadaran sosial tinggi terhadap masyarakat dan lingkungan.
  • Volunteering (Sukarela): mengayomi anggota untuk menumbuhkan semangat sukarelawan dan bersedia secara aktif berpartisipasi dalam kegiatan sosial.
  • Networking (Pengembangan Jaringan): Mewujudkan komunitas yang bisa bekerja sama dan meluaskan networking dengan semua pihak yang terlibat.
  • Solidarity (Solidaritas): Setiap anggota diperlakukan sebagai suatu kesatuan atau keluarga.

Mau Jadi Bagian TFI?

Bila punya visi yang sama, kamu bisa berperan serta dalam program TFI melalui dua cara,  yakni sebagai sukarelawan atau donatur. Bentuk donasi yang diterima dapat berupa dana maupun barang seperti buku, barang elektronik, pakaian layak pakai, mainan anak, ataupun perlengkapan rumah tangga. 

Sedangkan bila ingin terlibat sebagai sukarelawan, kamu bisa menjadi tenaga pengajar di sejumlah rumah belajar TFI. Kamu juga dapat terjun ke lapangan sebagai relawan program sosial, misalnya dalam program layanan masyarakat atau bantuan bencana. Selain itu, relawan juga bisa berperan sebagai penyumbang ide.

Lebih baik lagi, kamu bisa bergabung menjadi BINUSIAN dan menjadi bagian dari salah satu komunitas mahasiswa terkeren di BINUS UNIVERSITY ini.

Cara Menjadi BINUSIAN

Apa program studi impian kamu? Perlu diketahui, ada beragam program serta kegiatan internasionalisasi sebagai bekal BINUSIAN menjadi SDM dengan international experience. Tidak ketinggalan, ada program beasiswa bagi kamu yang berprestasi, baik secara akademik atau non-akademik.

Mengutip Katadata.co.id, BINUS UNIVERSITY adalah kampus terbaik kelima di Indonesia versi World University Rankings (WUR) 2022. Penghargaan ini bisa menjadi patokan calon mahasiswa untuk memilih perguruan tinggi dengan fasilitas memadai.

BINUS UNIVERSITY menawarkan beberapa jurusan unik seperti Food Technology, Master Track, Double Programs, dan lain-lain. Yang terbaru, ada jurusan Business Analytics, Taxation, Data Analytics, Interactive Design and Technology, Digital Business Innovation, dan Computer Science – Software Engineering.

Nah, langkah-langkah menjadi BINUSIAN adalah: pilih program studi yang diminati, lakukan registrasi, lalu jalani tes potensi keberhasilan studi (TPKS). Bila hasil TPKS sesuai persyaratan, selanjutnya kamu tinggal melakukan registrasi ulang.