Menjelang seleksi masuk perguruan tinggi, calon mahasiswa biasanya disibukkan dengan pemilihan jurusan kuliah. Memilih jurusan perkuliahan memang tidak mudah. Karena, ada kalanya muncul rasa menyesal apabila salah pilih jurusan. Itu sebabnya, menentukan program studi di perguruan tinggi tak boleh sembarangan. 

Jadi, poin-poin apa saja sih yang perlu diperhatikan dalam memilih program studi perkuliahan? 

Jurusan Kuliah
Sumber : Cnn Indonesia

Poin-Poin Penting Dalam Memilih Jurusan Kuliah yang Tepat

Setidaknya ada tiga poin penting yang bisa kamu jadikan acuan dalam menentukan program studi di perguruan tinggi. Tiga poin tersebut yaitu:

  • Gali Potensimu

Tahukah kamu? Pada dasarnya setiap orang itu punya potensi tersendiri. Hanya saja, beberapa orang belum mampu menyadarinya. Itulah alasan penting sekali mengenali potensi diri sejak dini. 

Setelah mengetahui potensi yang ada, kamu bisa menggunakannya dalam menentukan jurusan perkuliahan. 

Misalnya, kamu punya potensi menggambar atau andal dalam karya seni. Melihat potensi tersebut, beberapa jurusan yang tepat untukmu adalah arsitektur, DKV, game dan animasi, tata busana, atau seni rupa murni. 

  • Cari Tahu Passion Kamu

Jika gagal menemukan potensi diri, kamu bisa memikirkan tentang pelajaran/kegiatan apa sih yang paling kamu suka di sekolah? Berangkat dari pertanyaan ini, kamu bisa mengetahui ke arah mana passionmu. 

Sebagai contoh, jika selama kuliah kamu suka dengan pelajaran sains dan berhitung, beberapa contoh jurusan yang bisa dipertimbangkan adalah teknik kimia, kedokteran, teknik informatika, bioteknologi, ilmu komputer, biologi, dan fisika. 

Sebaliknya, apabila kamu lebih tertarik dengan pelajaran sosial atau hal-hal yang sifatnya menghafal, jurusan kuliah seperti hubungan internasional, psikologi, ekonomi pembangunan, hukum, ilmu politik, atau sastra bisa jadi pilihan. 

  • Pelajari Peluang Kerja yang Ada

Poin terakhir yang perlu diperhatikan saat memilih jurusan kuliah adalah pelajari peluang kerja apa yang kira-kira menjanjikan dan banyak dicari saat ini. Contohnya, sekarang dunia sedang disibukkan dengan teknologi yang terus berkembang. Kondisi ini tentunya menjadi peluang tersendiri untukmu. 

Kamu bisa mencari program studi yang berkaitan dengan teknologi, seperti teknik informatika, sistem informasi, ilmu komunikasi, sampai desain robotika industrial.

Oh iya, jika kamu memilih jurusan berdasarkan peluang kerja di masa depan, penting untuk memastikan bahwa kamu siap dengan segala risiko yang ada. Jangan sampai merasa salah jurusan dan akhirnya memilih untuk berhenti kuliah. 

 

BINUS Education Virtual Expo: Bantu Calon Mahasiswa Cari Info Perkuliahan

Untuk mencari tahu informasi lebih lengkap seputar jurusan kuliah atau peluang kerja yang sedang tren, BINUS UNIVERSITY bakal menggelar BINUS Education Virtual Expo (BEVE) 2022. Melalui BEVE, kamu bisa update informasi terkini tentang dunia perkuliahan. 

Seperti tahun-tahun sebelumnya, BEVE kali ini juga akan menghadirkan puluhan tenan yang terdiri dari unit-unit BINUS Higher Education seperti BINUS UNIVERSITY, BINUS Graduate Program, dan BINUS Bussiness School. Selain itu ada juga tenan-tenan dari rekanan pendidikan, rekanan industri, sampai lembaga pemerintahan. 

Demi menciptakan seminar yang informatif dan menghibur, BEVE akan menampilkan beberapa format acara mulai dari talkshow, penampilan dari berbagai UKM BINUS UNIVERSITY, hingga memberikan peluang bagi peserta untuk melakukan konsultasi pendidikan. Menarik, kan?

Pada acara talkshow, BEVE bakal menghadirkan tema atau isu kekinian yang relevan dengan generasi saat ini sekaligus mengundang pembicara yang inspiratif. Sementara itu, di tenan pendidikan kamu bisa mencari tahu informasi super detail tentang kegiatan perkuliahan dan kurikulum di dalamnya. 

Mengenai peluang kerja, kamu bisa mencari informasinya di tenan rekanan industri yang hadir di acara BEVE nanti. 

***

Memilih jurusan kuliah sering kali jadi perkara sulit bagi calon mahasiswa. Oleh karena itu penting untuk memperhatikan tiga poin di atas. Selain itu kamu pun bisa menghadiri acara BINUS Education Virtual Expo yang bakal mengulas lebih detail terkait dunia perkuliahan hingga industri kerja. Jangan sampai melewatkan gelaran BEVE tanggal 27 Januari-6 Februari 2022 nanti, ya!