Computer Engineering sering disebut pula dengan Teknik Komputer. BINUS UNIVERSITY telah mendirikan program studi yang satu ini sejak September 1987. Awalnya, prodi ini merupakan bagian dari Faculty of Computer Studies, lalu bergabung ke dalam naungan Faculty of Engineering pada 2011 lalu. 

Prodi Computer Engineering atau CEN merupakan salah satu yang paling bergengsi, sekaligus telah lama menjadi yang terfavorit di BINUS UNIVERSITY. Sedikitnya ada lima alasan yang mendasarinya, berikut uraiannya:

Computer Engineering
Sumber : GH Student
  • Pendidikan Berkualitas Tinggi dengan Pengakuan Akreditasi

Sebagai salah satu prodi paling awal berdiri, kualitas The CEN telah diakui secara nasional dan internasional. Selain terakreditasi peringkat A sejak 2018 oleh BAN-PT, The CEN juga memperoleh akreditasi dari lembaga internasional ABET (Accreditation Board for Engineering and Technology) sejak 2015. 

Penilaian positif dari lembaga-lembaga tersebut menandakan bahwa mutu pendidikan Computer Engineering BINUS UNIVERSITY patut diperhitungkan. Masing-masing lembaga menetapkan standar mutu tinggi, terutama ABET yang berskala internasional. Tak heran, masih sedikit perguruan tinggi Indonesia yang bisa memenuhi standar akreditasi lembaga nirlaba yang bermarkas di Baltimore, Amerika Serikat. 

  • Kurikulum yang Komprehensif

Perkuliahan diselenggarakan dengan mengkombinasikan kurikulum nasional rumusan APTIKOM (Asosiasi Perguruan Tinggi Informatika dan Ilmu Komputer), serta internasional dari IEEE-ACM (The Institute of Electrical & Electronic Engineers and the Association for Computing Machinery).

Lagi-lagi tidak sembarangan karena keduanya dirumuskan oleh para profesional ahli yang kapabilitasnya tidak lagi diragukan. Prodi Teknik Komputer bertujuan untuk bisa mencetak lulusan terampil, adaptif, bertanggung jawab, dan mampu terus berkembang guna menjawab tantangan zaman. 

  • Pengalaman Perkuliahan yang Unik dan Berbeda

Kegiatan perkuliahan terbagi menjadi lima kelompok besar mata kuliah, yakni MIPA, ilmu teknik, desain teknik, desain, dan mata kuliah universitas. Saat ini, prodi Computer Engineering memiliki dua pilihan konsentrasi yang tersedia bagi mahasiswa semester lima, yaitu Communication System dan Intelligent Embedded System

Setelah berkuliah enam semester, mahasiswa akan menempuh program pengayaan (Enrichment Program) selama satu tahun. Ini unik, karena mahasiswa diharuskan untuk mengikuti perkuliahan di kampus cabang BINUS UNIVERSITY di kota lain. Selain pengalaman berbeda, mahasiswa pun dapat makin berkembang lewat pilihan program, seperti penelitian, bisnis, pengabdian sosial, magang, atau studi di mancanegara.

  • Program Studi dengan Banyak Prestasi

Mungkin kualitas pendidikan BINUS UNIVERSITY terkesan muluk-muluk di atas kertas. Namun, nyatanya The CEN berhasil membuktikan bahwa anak didiknya menoreh banyak prestasi dalam berbagai ajang bergengsi, baik secara tim maupun individual. Itu belum termasuk kesuksesan para alumni di dunia profesional. 

Sejak 2014, tercatat ada puluhan prestasi yang sukses diraih mahasiswa Computer Engineering BINUS UNIVERSITY. Sebut saja menjadi langganan penerima hibah dalam kompetisi PKM Kemendikbud dan Kemenristekdikti dari tahun ke tahun. Terakhir, perwakilan Teknik Komputer menduduki posisi kedua dalam ajang IDEAFEST 2021. 

  • Peluang Karier yang Menjanjikan

Sudah bukan rahasia lagi kalau perkembangan digitalisasi memerlukan dukungan dari banyak tenaga profesional dengan keterampilan mumpuni. Itulah sebabnya, prospek kerja lulusan teknik komputer begitu menjanjikan. 

Bidang pekerjaan yang dapat digeluti lulusan Computer Engineering pun cukup luas—mulai dari desain komputer, produksi perangkat keras dan lunak, pengembangan aplikasi, merancang keamanan jaringan, robotik, telekomunikasi, dan banyak lagi. 

Selain peluang karier yang terbuka lebar, kisaran penghasilan para profesional di bidang ini juga relatif besar. Forbes pernah melakukan survei pada 2014. Mereka menemukan bahwa lulusan S1 Computer Engineering menduduki posisi ke-8 untuk profesi bergaji terbesar di dunia. Di Indonesia sendiri, gaji rata-rata untuk karyawan fresh graduate teknik komputer berkisar mulai dari Rp5 juta-an per bulan. 

Kalau kamu berminat dengan dunia komputer, Program Studi Computer Engineering BINUS UNIVERSITY pasti layak menjadi pilihan. Namun, persiapkan diri lebih baik dengan mempelajari dasar-dasar ilmu komputer, mulai dari matematika, kalkulus, hingga algoritma.