Transformasi digital merupakan isu besar yang berpengaruh dalam setiap aspek kehidupan, termasuk sektor finansial. Oleh karenanya, para pelaku industri berupaya untuk mempercepat proses transformasi digital sektor keuangan. Fenomena tersebut pun harus diikuti oleh siapa saja yang berkecimpung di dalamnya, termasuk di antaranya adalah mahasiswa jurusan finance

Pengaruh transformasi digital sektor keuangan bakal memberi pengaruh secara langsung kepada para mahasiswa jurusan finance. Kamu perlu membekali diri dengan keahlian yang tepat untuk bisa mengikuti perubahan tersebut. Oleh karenanya, kamu harus tahu terlebih dahulu, apa itu pengertian serta bagaimana cara penerapan transformasi digital sektor keuangan? 

Pengertian Transformasi Digital Sektor Keuangan

Transformasi Digital
Sumber : Suara Pemerintah

Dalam pengertiannya, transformasi digital sektor keuangan merupakan upaya pengelolaan finansial dengan mengandalkan ekosistem digital serta teknologi terbaru. Penerapan transformasi digital sektor keuangan yang efektif akan memberikan banyak manfaat, termasuk di antaranya adalah: 

  • Meningkatkan efisiensi
  • Mengurangi tingkat kesalahan
  • Mengoptimalkan alokasi tenaga kerja
  • Mempercepat proses yang perlu dijalani

Cara Penerapan Transformasi Digital di Sektor Keuangan

Proses transformasi digital sektor keuangan merupakan upaya yang berlangsung secara masif. Oleh karenanya, cara penerapannya harus dilakukan dengan cermat dan hati-hati. Ada beberapa upaya yang dapat dilakukan sebagai wujud transformasi digital tersebut, yaitu: 

1. Blockchain

Teknologi blockchain merupakan buku besar yang bekerja secara digital dan terdesentralisasi. Karena pengelolaannya dilakukan secara bersama oleh beberapa pihak, sistem ini menawarkan tingkat keamanan dan transparansi yang lebih baik. 

Pemanfaatan teknologi blockchain membantu perusahaan dalam melakukan pemrosesan keuangan secara lebih cepat. Selain itu, perusahaan juga dapat mengurangi ongkos terkait pengelolaan database. 

2. Real-Time Data Visualization

Penerapan transformasi digital dalam sektor keuangan melibatkan pemanfaatan teknologi berbasis cloud yang didukung arsitektur software intuitif. Pemanfaatan teknologi tersebut memungkinkan penggunanya untuk membagikan data serta tren terbaru secara real time kepada para stakeholder

Manfaat tersebut memberi keuntungan besar bagi perusahaan. Pertama, proses pengambilan keputusan dapat berlangsung lebih cepat. Selain itu, perusahaan juga bisa memperoleh keputusan terbaik. Alasannya, karena proses pengambilan keputusan didasarkan pada data yang relevan. 

3. Automasi Proses

Sistem keuangan konvensional memiliki berbagai kegiatan yang sifatnya repetitif dan membosankan. Kecanggihan teknologi dapat membantu mempercepat pelaksanaan tugas-tugas tersebut. Alih-alih menggunakan tenaga manusia, proses yang sifatnya repetitif dan sederhana dapat digantikan dengan software

4. Teknologi AI

Teknologi artificial intelligence (AI) memiliki manfaat besar dalam sektor keuangan. Perusahaan dapat memanfaatkannya untuk melakukan analisis data keuangan. Dengan adanya dukungan data yang akurat, proses analisis oleh AI dapat mendorong proses pengambilan keputusan terbaik bagi perusahaan. 

Peran Tenaga Manusia dalam Transformasi Digital Sektor Keuangan

Kamu mungkin bertanya-tanya, bagaimana dengan peran tenaga manusia? Apakah keberadaannya terhapuskan dan digantikan oleh mesin? Tenang. Transformasi digital sektor keuangan memiliki peran penting yang bisa dijalankan oleh tenaga manusia. 

Hal yang perlu kamu catat, transformasi digital sektor keuangan tidak akan berlangsung dengan baik tanpa adanya campur tangan manusia. Harus ada keseimbangan antara teknologi keuangan dengan peran manusia di dalamnya. Lewat adanya keseimbangan tersebut, perusahaan akan memperoleh manfaat maksimal dari proses transformasi yang dijalankan. 

Transformasi digital membuat sistem keuangan berjalan dengan lebih baik. Di waktu yang sama, keberadaannya harus ditunjang dengan sumber daya manusia yang berkualitas. Penerapannya pun memberikan peluang besar bagi para mahasiswa jurusan finance. Kesempatan itu bisa kamu dapatkan ketika memilih berkuliah di universitas terbaik. 

BINUS UNIVERSITY menawarkan solusi dalam menjawab kebutuhan tenaga finance berkualitas dalam menunjang penerapan transformasi digital sektor keuangan. Apalagi, BINUS terkenal sebagai kampus yang mengedepankan pengetahuan tentang Information Communication Technology (ICT). 

Berkat adanya bekal pengetahuan ICT, kamu tidak akan mengalami kesulitan dalam beradaptasi pada pemanfaatan teknologi digital di sektor keuangan. So, tunggu apa lagi? Yuk, segera daftar menjadi mahasiswa Jurusan Finance BINUS!