Ingin Jadi Brand Specialist Andal? Ini 8 Skill yang Harus Dikuasai oleh Lulusan Jurusan Communication @Malang
Brand Specialist atau ahli branding termasuk salah satu profesi unik. Untuk bekerja sebagai profesi ini, kamu bisa belajar di Jurusan Komunikasi. Di Indonesia, ada banyak sekali universitas yang menyelenggarakan jurusan ini dengan kelebihan masing-masing. Salah satunya BINUS UNIVERSITY.
Jurusan Communication BINUS tidak hanya ada di kampus pusat tetapi juga BINUS @Malang. Di kampus ini, kamu tidak hanya dibekali dengan pengetahuan akademik tetapi juga berbagai skill yang dibutuhkan untuk menjadi seorang brand specialist. Seperti misalnya, public speaking dan beberapa skill lainnya.
Hal ini bertujuan, agar lulusan dari Communication @Malang nanti siap kerja dan mampu berkontribusi di tempat mereka berkarya. Lalu, keterampilan lain apa sih yang sebenarnya dibutuhkan seorang brand specialist?
1. Leadership
Selain kemampuan berkomunikasi yang baik, seorang brand specialist juga harus memiliki skill leadership. Mereka harus bisa mengantisipasi setiap masalah baik di dalam maupun di luar organisasi tempat bernaung. Dalam praktiknya, kemampuan leadership ini akan sangat membantu brand specialist menyusun rencana dan melaksanakannya sampai selesai.
Kamu juga akan dituntut untuk bisa objektif dan berpikir jernih selama menjadi brand specialist. Di BINUS @Malang, skill ini dipelajari melalui berbagai tugas kuliah dan program pembelajaran berbasis proyek. Jadi begitu lulus, sarjana komunikasi BINUS UNIVERSITY siap menjadi seorang brand specialist dengan kemampuan kepemimpinan yang baik.
2. Kemampuan Membaca Potensi Pasar
Menjadi brand specialist adalah tentang bagaimana mengenali potensi pasar dan menciptakan sebuah brand yang relevan. Inilah alasannya mengapa seorang brand specialist membutuhkan skill yang dapat membantu mereka membaca potensi target penjualan dan segala hal yang berkaitan dengan hal tersebut.
Di BINUS @Malang, kemampuan ini diberikan melalui berbagai kegiatan berbasis proyek. Dalam kegiatan ini mahasiswa distimulasi untuk bisa membuat sebuah perencanaan berdasarkan survei pasar yang mereka lakukan. Mahasiswa juga dituntut untuk berfikir di luar kotak sehingga mampu membuat brand yang menarik.
3. Kreatif
Melalui proyek-proyek selama berkuliah di BINUS UNIVERSITY @Malang, mahasiswa juga distimulasi untuk menjadi kreatif dan inovatif. Keterampilan semacam ini dibutuhkan oleh seorang brand specialist agar produk yang dijual bisa dikenal oleh masyarakat dan mendatangkan keuntungan bagi perusahaan.
Dalam praktiknya, kreativitas juga akan membuat seorang brand specialist menjadi problem solver andal. Mereka siap menghadapi segala tantangan dengan berbagai solusi inovatif dan mencari jalan keluar dengan cara memberikan ide-ide segar tentang bidang yang dijalani.
4. Kemampuan Marketing
Tidak hanya bertindak sebagai planner, seorang brand specialist juga harus memiliki kemampuan marketing yang baik. Bagaimana tidak, skill ini dibutuhkan brand specialist karena ketika membuat sebuah brand kita harus tahu apakah produk tersebut cukup menjual.
Tanpa kemampuan marketing yang baik, brand yang diciptakan belum tentu bisa menarik atau sesuai dengan kondisi pasar. Inilah mengapa di jurusan Communication @Malang BINUS UNIVERSITY, mahasiswa akan disiapkan sebagai brand specialist sekaligus marketer andal sehingga saat lulus mereka benar-benar siap kerja.
5. Pandai Bernegosiasi
Untuk mengatasi suatu masalah atau hambatan, seorang brand specialist andal membutuhkan kemampuan bernegosiasi. Skill ini tidak hanya dibutuhkan di internal perusahaan, tetapi juga eksternal ketika brand specialist bertemu dengan klien yang bekerja sama dengan mereka.
Melalui kegiatan berbasis proyek, mahasiswa komunikasi BINUS @Malang melatih skill ini. Hal tersebut dinilai dapat menstimulasi kemampuan negosiasi mereka sehingga saat lulus nanti, mahasiswa bisa tumbuh besar menjadi seorang brand specialist yang andal.
6. Mampu Menjalin Relasi dengan Media
Brand specialist tidak hanya berhubungan dengan perusahaan tempat bernaung, klien atau konsumen, tetapi juga media. Hubungan baik dengan media akan sangat membantu seorang brand specialist memperkenalkan produk barang ataupun jasa suatu perusahaan dengan baik.
7. Memiliki Integritas
Skill ini tidak hanya dibutuhkan seorang brand specialist tetapi juga semua profesi. Kejujuran dan integritas merupakan kunci kesuksesan. Pasalnya, dari skill ini, kita tidak hanya mampu menjalin relasi yang baik, memperoleh kemampuan komunikasi andal, tetapi juga mampu membuat orang percaya pada kinerja kita.
8. Kemampuan Analisis
Terakhir, seorang brand specialist dituntut untuk mampu membaca situasi dengan tanggap dan menemukan solusi yang tepat. Brand specialist juga harus bisa menganalisis plus minus perusahaan supaya bisa menciptakan inovasi baru yang bisa memajukan tempat mereka berkarya. Skill ini diajarkan di BINUS @Malang melalui berbagai kegiatan perkuliahan inovatif dan praktikal khas BINUS UNIVERSITY.
Jadi, sudah siap menjadi brand specialist andal? Semoga ulasan di atas bermanfaat.