Kemandirian dalam mengukir prestasi adalah indikator pembeda utama antara mahasiswa dengan siswa di level pendidikan menengah. Selain itu, raihan prestasi juga dijadikan tolok ukur atas kesuksesan seorang mahasiswa dalam menjalankan pendidikannya selama di perguruan tinggi. 

Berlandaskan pemikiran tersebut, BINUS UNIVERSITY kemudian mendorong pengembangan organisasi kemahasiswaan di berbagai bidang, lebih dikenal dengan UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa). Harapannya, mahasiswa memiliki wadah untuk sama-sama berkembang dan berprestasi dalam bidang minat yang sama.

Lantas, apa saja UKM yang ada di BINUS? Apa saja prestasi yang sudah diperoleh? Lanjutkan membaca untuk ulasan lengkapnya!

Prestasi
Sumber : Solopos

 

Daftar Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) BINUS UNIVERSITY

Melansir website resmi BINUS, UKM di kampus swasta terbaik di Indonesia ini terbagi dalam empat kategori bidang minat, yaitu Kerohanian & Kemasyarakatan, Penalaran & Keilmuan, Seni & Media Informasi, dan Olahraga & Bela Diri. Lalu, masing-masing bidang diisi setidaknya oleh puluhan jenis UKM.

Kerohanian dan Kemasyarakatan (Religion and Society) AIESEC, BSSC, FOPASBIN, KBMK, KMBD, KMH, KMK, MT Al Khawarizmi, PO, TFI Student Community
Penalaran dan Keilmuan (Reasoning and Knowledge) B-Preneur, BGDC, BIC, BNCC, BNEC, BNFC, BNMC, BSLC, CSC, IMCB, ISACA, NIPPON CLUB
Seni dan Media Informasi (Arts and Information Media) B-VOICE Radio, BAND, BDM, BINUS TV Club, KLIFONARA, PARAMABIRA, STAMANARA, STMANIS
Olahraga dan Bela Diri (Sports and Martial Arts) AIKIDO, BADMINTON, BASIC, BASKET, BNAC, BNSC, BNTC, CAPOEIRA, KARATE, MERPATI PUTIH, SEPAK BOLA, SWANARAPALA, TAEKWONDO, VOLLEY, WUSHU, TENIS MEJA, HAPKIDO

Menariknya lagi, tiap UKM tersebut selalu memegang teguh semangat BINUS UNIVERSITY, yaitu “satu prestasi setiap dua hari”, sehingga torehan prestasi masing-masing UKM pun tidak dapat terhitung lagi jumlahnya.

 

Daftar Prestasi UKM BINUS UNIVERSITY

Berbicara mengenai prestasi BINUSIAN memang tidak akan pernah ada habisnya. Singkatnya, BINUS UNIVERSITY telah berhasil membentuk karakter peserta didiknya menjadi pribadi yang tangguh, bersikap kompetitif, dan berdaya juang tinggi. 

Agar lebih informatif, berikut daftar prestasi UKM BINUS UNIVERSITY yang dikategorikan berdasarkan level pencapaian. 

Tingkat Lokal

BINUS UNIVERSITY juga sering mengadakan event penting sebagai media mahasiswanya berlatih. Meski diikuti oleh mahasiswa dari luar BINUS, tidak jarang UKM di dalamnya malah memboyong gelar juara dalam kegiatan. 

BADMINTON Juara 1 Beregu Putra BINUS Badminton Cup VIII
SEPAK BOLA Juara 4 Invitasi Futsal antar Perguruan Tinggi Se-DKI Jakarta
BNSC Juara 2 BINUS Softball Open Tournament 
BNEC Juara Umum Asian English Olympics (AEO) 2012
BNCC Juara 2 Mobile App Kategori Himsisfo Competition 2014
MT Al Khawarizmi Juara 2 Lomba Nasyid Tingkat Universitas Jakarta 2013
MERPATI PUTIH Juara 1 Pekan Olahraga Mahasiswa BINUS UNIVERSITY (PORSINARA) Cabang Pencak Silat Kelas <65 kg

Tingkat Nasional

Di tingkat nasional, nama BINUS UNIVERSITY cukup disegani oleh banyak mahasiswa dari perguruan tinggi lain. Sebagian besar dari mereka beranggapan kalau BINUSIAN ikut berlaga maka kesempatan untuk menang sangat kecil. Anggapan tersebut bisa jadi benar adanya karena torehan UKM BINUS UNIVERSITY di tingkat nasional cukup banyak.

BASIC Juara 3 Estafet Bebas 4×50 m dalam ajang League of Inter School and Collegiate Aquatic
BADMINTON Juara 1 Tunggal Putra Liga Merah Maroon
VOLLEY Juara 3 UBL CUP (Putri)
SWANARAPALA Kebut Gunung di Mapala Krakatau, Ekspedisi Goa Jomblang Yogya
BNSC  Juara 3 Triple Play Telkom Cup
STAMANARA Juara 1 SPARTA Untar
BNEC Juara 1 National University English Debate Championship 2012
BNCC Juara 3 Gunadarma Overclocking Competition 2013
KLIFONARA Juara 1 dan 2 Lomba Foto Teaxology on Frame 2014
B-VOICE Radio Juara 1 Lomba Siaran UPH Radio 2014
PARAMABIRA Juara 1 Kategori Musica Sacra, Parahyangan University Choir Competition IV

 

Tingkat Internasional

Bahkan di tingkat internasional pun, anggota UKM BINUS UNIVERSITY mampu menunjukkan taringnya. 

Kyokushin  Karate Russian Internasional Kyokushin Tournament (selection)
PARAMABIRA Juara 1 Kategori 1A (Renaissance) of 51st Singing Choral Competition, Seghizzi, Italy
BNEC Masuk dalam Guinness  World of Record – The Most People Doing Crosswords Simultaneously (2011)

Melihat deretan pencapaian membanggakan di atas, kamu tentu tergelitik ingin turut andil menyumbang sebuah prestasi. Untuk itu, bergabunglah dengan BINUS UNIVERSITY agar kemampuan dan keahlianmu dapat diasah secara tepat.