Olahraga softball mungkin masih terasa asing bagi sebagian orang. Namun, jenis olahraga ini telah berkembang pesat dari tahun ke tahun, bahkan jumlah peminatnya makin bertambah tanpa mengenal usia dan jenis kelamin. Layaknya semua jenis olahraga, softball juga membutuhkan beberapa peralatan dan perlengkapan selama permainan. Agar lebih jelas, mari simak informasi dasar mengenai olahraga ini.

Peralatan dan Perlengkapan

Softball Profesional
Sumber : Dailyiowan

 

Benda-benda berikut ini umumnya jadi barang wajib selama permainan. Untuk diketahui, setiap alat memiliki fungsi yang berbeda-beda.

Glove (Sarung Tangan)

Fungsi utama glove adalah untuk melindungi tangan pemain agar tidak cedera saat menangkap bola. Biasanya, sarung tangan ini dibuat dari kulit tebal, kuat, dan awet. Ukurannya pun memiliki standar tersendiri yakni 38 x 38 cm dengan berat 283 gram. 

Glove sendiri terbagi dalam tiga jenis, yaitu finger glove, catcher glove, dan first base mills. Masing-masing punya fungsi dan desain berbeda. 

Bola

Peralatan kedua yang diperlukan adalah sebuah bola. Ukurannya jauh lebih kecil dibandingkan bola soccer, yakni 27,9 cm hingga 30,5 cm. Terdapat dua pilihan warna bola yang sering digunakan di lapangan, yaitu putih dan kuning. 

Bat (Tongkat Pemukul)

Seorang pemain membutuhkan tongkat pemukul untuk melambungkan bola yang dilemparkan oleh pitcher dari tim lawan. Bat yang dipakai pun memiliki ketentuan panjang tersendiri, yaitu 86,5 cm. Pemain biasanya menggunakan bat yang terbuat dari aluminium, kayu, dan besi dalam permainan ini.

Pelindung Kepala (Helm atau Topi)

Jika posisimu sedang menjadi seorang pemukul atau catcher, kamu akan memerlukan pelindung kepala berdesain khusus. Helm seorang pemukul terlihat seperti topi biasa yang menutupi hingga daun telinga. Namun, pelindung kepala seorang catcher lebih tampak seperti topi sekaligus topeng yang menutupi seluruh bagian kepala hingga leher pemain.

Sementara itu, pemain selain dua posisi di atas hanya akan menggunakan topi biasa untuk melindungi kepala mereka selama pertandingan berlangsung.  

Pelindung Badan (Body Protector)

Bertugas sebagai penangkap bola dari pitcher, seorang catcher membutuhkan peralatan berupa pelindung badan khusus. Posisi catcher yang berhadapan langsung dengan pitcher berpotensi besar dikenai serangan bola secara tiba-tiba.

Sepatu

Pemain softball memiliki sepatu khusus yang dikenal dengan sebutan cleats atau sepatu pool. Biasanya, alas kaki ini terbuat dari material kanvas, kulit halus, atau sejenisnya. Selain itu, sepatu juga wajib dibuat dengan kriteria tertentu.

Pelindung Kaki (Leg Protector)

Softball mengharuskan para pemainnya untuk berlari aktif selama pertandingan, entah untuk menangkap bola atau meraih base. Sebab itu, untuk mengurangi risiko cedera akibat terjatuh, tiap pemain membutuhkan perlengkapan berupa pelindung kaki atau leg protector. 

Seragam

Celana panjang dan kaus adalah seragam wajib bagi tiap pemain. Selain itu, kaus pemain harus dilengkapi dengan nomor dada dan nomor punggung. Seragam juga secara tidak langsung merepresentasikan jati diri tim pada semua yang menonton pertandingan. 

Home Plate dan Base

Base adalah titik hinggap pemain setelah memukul bola, sedangkan home plate adalah titik terakhir yang harus diinjak oleh pemain jika ingin mendapatkan poin. Jika base 1, 2, dan 3 berbentuk segi empat, home plate sedikit berbeda, yakni segi lima. Umumnya, perlengkapan ini terbuat dari material karet. 

Setelah membaca dan memahami peralatan dan perlengkapan dasar dari permainan softball, kamu bisa mencoba mendaftarkan diri ke klub khusus olahraga ini. Sayangnya, mencari klub softball akan sedikit sulit karena keterbatasan jumlah klub. 

Beruntungnya, BINUSIAN tidak akan mengalami kesulitan yang sama. Pasalnya, BINUS UNIVERSITY memiliki Unit Kegiatan Mahasiswa yang dikhususkan untuk kemajuan olahraga softball, yaitu BINA NUSANTARA Softball-Baseball Club (BNSC). 

 

Sekilas tentang BNSC

Visi dan misi utama BNSC adalah menjadi wadah bagi semua BINUSIAN untuk berorganisasi sekaligus menyalurkan bakat olahraga di bidang softball dan baseball. Saat ini, tim BNSC merupakan salah satu tim yang cukup diperhitungkan prestasinya dalam tiap laga softball maupun baseball di Indonesia. 

Selain rutin mengadakan latihan di lapangan, BNSC memiliki agenda lainnya.

  1. Mengikuti pertandingan persahabatan antar universitas atau klub di Jakarta dan sekitarnya. 
  2. Terlibat dalam berbagai turnamen lokal maupun nasional.
  3. Mengadakan kegiatan bakti sosial.
  4. Menyelenggarakan annual camp yang mengagendakan sesi pembelajaran tentang peraturan dasar, cara bermain, dan latihan dasar olahraga softball.

Itulah tadi informasi singkat mengenai olahraga softball. Semoga bermanfaat!