Malang merupakan salah satu kawasan di Indonesia yang terkenal dengan keragaman kulinernya. Mulai dari hidangan Jawa, Tionghoa, hingga Eropa, semua tersedia di Kota Malang.

Soal harga, kuliner Malang tergolong lebih murah daripada kota lain di Pulau Jawa. Terutama jika berkunjung ke pusat kuliner dekat BINUS UNIVERSITY, kamu bisa menemukan banyak tempat makan enak dan murah.

Sebagai referensi, berikut ini ada lima tempat makan populer dan murah yang direkomendasikan untuk mahasiswa.

Soto Daging Rahayu

BINUS@Malang
Sumber : Wisata Batu Malang

 

Beroperasi sejak tahun 1928, Soto Daging Rahayu makin berkembang di masa sekarang. Kendati warung soto kekinian mulai bermunculan, Soto Daging Rahayu tetap menjadi andalan masyarakat Malang. Pasalnya, tempat makan ini tidak pernah mengubah resep soto yang dipertahankan selama 93 tahun.

Soto Daging Rahayu identik dengan potongan daging yang melimpah disertai empat irisan telur dan sayuran. Sebagai pelengkap, soto diberi topping bawang goreng dan koya. Selain itu, porsi nasi yang disajikan bersama soto cukup banyak.

Lalu, berapa harga semangkuk Soto Daging Rahayu? Untuk semangkuk soto plus nasi, kamu hanya perlu membayar Rp10.000. 

Depot Rawon Nguling

BINUS@Malang
Sumber : Arif Setiawan

 

Depot Rawon Nguling mulai populer pada tahun 1983. Pemiliknya adalah Ibu Sri yang kini berumur lebih dari 70 tahun. 

Rawon merupakan menu makanan utama di depot milik Ibu Sri denga banderol harga Rp14.000—Rp35.000 per porsi. Ciri khas rawon Ibu Sri terletak pada kuahnya yang tidak terlalu pekat dan hitam. Kemudian, potongan dagingnya berukuran besar. Tekstur daging pun cenderung empuk dan lezat.

Selain menu rawon, warung Ibu Sri menawarkan nasi pecel, lodeh, nasi gulai kambing, dan sayur lodeh. Sebagai pelengkap, kamu bisa memesan segelas teh hangat, kopi, atau minuman jeruk.

Soto Geprak Mbah Djo

BINUS@Malang
Sumber : Ayo Traveling

 

Soto Geprak Mbah Djo adalah salah satu kuliner legendaris di Malang. Tempat makan ini mulai dibuka pada tahun 1935. Kendati warung soto tersebut berumur lebih dari 85 tahun, cita rasa masakannya tidak pernah berubah.

Menurut penuturan konsumen, soto buatan Mbah Djo memiliki rasa gurih dan segar. Pasalnya, soto tersebut dicampur dengan jeruk nipis dengan porsi yang pas. 

Tidak hanya soto, warung Mbah Djo juga menghidangkan bakso. Uniknya, daging yang akan diolah menjadi bakso selalu digeprak atau ditumbuk. Proses ini mampu memisahkan daging dan seratnya tanpa melewati pemotongan.

Selain itu, kamu bisa menikmati menu ayam dan bebek goreng, nasi kepala bebek, dan pecel. Harga semua makanan tersebut hanya sekitar Rp7.000—Rp20.000 per porsi.

Kedai Pak Cik Abin

BINUS@Malang
Sumber : Youtube

 

Kamu suka menyantap olahan mi saat makan siang? Kedai Pak Cik Abin adalah salah satu warung yang menyediakan masakan mi Aceh. Hidangan ini terkenal dengan mi berukuran besar dan kuah kental berwarna kuning campur oranye.

Mi aceh buatan Pak Cik Abin bertabur irisan daging yang tebal dan empuk. Sebagai sentuhan terakhir, mi aceh biasanya dilengkapi topping bawang merah, timun, dan emping. Untuk penyegar, mi aceh disajikan bersama jeruk nipis.

Nah, untuk membeli satu porsi mi aceh di Kedai Pak Cik Abin, kamu cukup membayar Rp15.000—Rp20.000. Murah, bukan?

Depot Tahu Lontong Lonceng

BINUS@Malang
Sumber : Wow Keren

 

Depot Tahu Lontong Lonceng terletak di Jalan R.E. Martadinata, Kota Malang. Lokasi tepatnya berada di depan Kelenteng Eng An Kiong dan samping Rumah Kematian Panca Budi.

Jika dilihat dari luar, tampilan Depot Tahu Lontong Lonceng relatif sederhana. Ukuran warungnya hanya seluas 15 meter persegi. Di depan warung, ada papan nama berbahan triplek yang memuat tulisan dari cat semprot.

Meskipun eksterior warung tampak sederhana, soal rasa masakan tidak ada tandingannya di Malang. Legit, lembut, tetapi tidak terlalu manis; itulah sensasi rasa yang muncul ketika menyantap tahu lontong lonceng. 

Itulah lima tempat makan hits dan murah di Malang yang lokasinya dekat BINUS@Malang. BINUS UNIVERSITY merupakan kampus swasta terbaik di Indonesia yang menawarkan pembelajaran bertaraf internasional. Seluruh kurikulumnya dibuat berdasarkan pengetahuan dan teknologi berbasis kearifan lokal.