Sebagai salah satu jurusan BINUS UNIVERSITY yang banyak diminati, Japanese Literature siap mencetak lulusan yang dapat bersaing secara global. Prospek kariernya pun kian beragam dari tahun ke tahun. Hal ini dikarenakan meluasnya cakupan investasi Jepang ke berbagai negara lain di Asia, termasuk Indonesia.

Menjadi bagian dari jurusan Japanese Literature tidak hanya berbicara soal penguasaan bahasa. Kamu juga dapat mengenal lebih jauh ragam budaya asal negeri sakura. Keduanya menjadi modal penting yang dapat mempersiapkan dirimu meniti sejumlah jenjang karier mendunia seperti berikut ini.

  • Traveling Writer

Jurusan BINUS UNIVERSITY

Jepang memiliki potensi wisata yang kaya. Ada banyak lokasi menakjubkan untuk dijelajahi, dari wilayah urban yang modern hingga area pedesaan yang kental akan budaya tradisional.

Lulusan Japanese Literature dapat memanfaatkan hal ini sebagai peluang usaha, salah satunya dengan menjadi traveling writer. Kamu akan lebih mudah menyusun kata-kata menjadi tulisan bermakna karena Sastra Jepang pun menghadirkan mata kuliah penulisan yang menyiapkanmu menjadi penulis unggul. 

  • Tour Guide

Jurusan BINUS UNIVERSITY

Selain traveling writer, prospek karier lain yang masih berhubungan dengan dunia pariwisata adalah menjadi tour guide. Kamu dapat berperan sebagai pemandu wisata bagi wisatawan asal Jepang yang berlibur di Indonesia.

Sebaliknya, kesempatan untuk bergabung menjadi tour guide yang mendampingi wisatawan Indonesia ke negeri sakura juga terbuka lebar. Semuanya dapat dijalani dengan penguasaan bahasa dan budaya Jepang yang berimbang. 

  • Penerjemah dan Interpreter

Jurusan BINUS UNIVERSITY

Jurusan BINUS UNIVERSITY yang berhubungan dengan kebahasaan kerap mencetak lulusannya menjadi penerjemah atau interpreter profesional. Dengan bekal pemahaman Bahasa Jepang yang menyeluruh, kamu juga bisa menjadikan pekerjaan ini sebagai pilihan karier.

Kesempatan kerja sebagai penerjemah tersedia secara luas. Selain menerjemahkan buku atau karya sastra asal negeri sakura, kamu pun dapat berperan menjadi interpreter dalam berbagai event yang melibatkan ahli atau pembicara dari Jepang. 

  • Staf Kantor Kedutaan Besar

Jurusan BINUS UNIVERSITY

Lulusan Sastra Jepang berkesempatan mengembangkan karier sebagai staf di Kantor Kedutaan Jepang untuk Indonesia. Pekerjaan ini membutuhkan para pegawai yang tidak hanya menguasai ilmu kebahasaan, tetapi juga mampu mengenal dan memahami budaya Jepang.

Dengan kurikulum yang disusun secara komprehensif, alumni Japanese Literature BINUS UNIVERSITY tentu mampu bersaing dengan universitas lain untuk mendapatkan posisi bergengsi di lingkup profesi ini.

  • Staf Kementerian Luar Negeri

Jurusan BINUS UNIVERSITY

Tak hanya bekerja sebagai staf Kedutaan Besar Jepang di Indonesia, kamu juga bisa mengincar posisi sebaliknya, yakni menjadi staf Kementerian Luar Negeri di Jepang sana.

Posisi sebagai staf duta diplomatik maupun staf Kedutaan Besar Republik Indonesia menawarkan pengalaman tinggal di luar negeri serta penghasilan yang menjanjikan. Langkah untuk meraih keduanya bisa dimulai dengan bergabung menjadi bagian di jurusan BINUS UNIVERSITY bidang humaniora ini.

  • Perusahaan Jepang Multinasional

Jurusan BINUS UNIVERSITY

Meski banyak alumni BINUS UNIVERSITY yang mengembangkan usaha sendiri setelah lulus, tak sedikit pula dari mereka yang menjadi karyawan di berbagai perusahaan terkenal.

Lulusan Japanese Literature pun bisa turut mengambil bagian dengan bergabung dalam perusahaan multinasional asal Jepang. Saat ini, investor Jepang yang mendirikan perusahaan cabang di Indonesia kerap mencari pegawai yang memiliki latar belakang dari Sastra Jepang. Jenis usahanya pun bervariasi, mulai dari usaha perbankan, teknologi, permesinan, hingga bahan kimia dan pengembangan energi terbarukan. 

  • Tutor Bahasa Jepang

Jurusan BINUS UNIVERSITY

Latar belakang sastra dan ilmu budaya tidak menutup lulusan Japanese Literature untuk bergabung dalam bidang pendidikan. Di sini, kamu dapat berperan menjadi tutor atau pengajar Bahasa Jepang dengan mendirikan fasilitas belajar sendiri maupun bergabung dengan lembaga bahasa asing. 

Prospek karier jurusan BINUS UNIVERSITY dalam Faculty of Humanities memang memiliki cakupan luas, begitu pula dengan Japanese Literature. Berbagai jenjang karier di ajang global menanti siapa saja yang dapat menguasai bahasa sekaligus budaya salah satu negara terbesar di Asia tersebut. Kamu pun bisa menjadi bagian penting yang ikut meraih kesempatan ini.