Memasuki era digital, sistem informasi dengan teknologi canggih digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Salah satunya adalah internet; sistem komunikasi global yang menjangkau jaringan di seluruh dunia. Kini, jumlah pengguna internet tidak kurang dari 202 juta orang.

Selain internet, sistem informasi juga mencakup cara mengoperasikan software dan hardware agar bisa berinteraksi dengan data. Di samping itu, sistem informasi meliputi teknik pengumpulan hingga pendistribusian data.

Luasnya cakupan sistem informasi membuka banyak peluang pekerjaan bagi alumni Information System. Pekerjaan apa saja yang dapat digeluti? Berikut ini daftarnya.

  • Programmer

Information System

Jika kamu menyukai kerja tim, profesi programmer bisa menjadi pilihan. Pasalnya, seorang programmer harus mampu bekerja sesuai lembar spesifikasi yang dibuat oleh software engineer.

Software engineer biasanya membuatkan bagan alur program untuk diterjemahkan ke dalam bahasa komputer. Karena itu, programmer yang bertugas menerjemahkan wajib menguasai bahasa pemrograman, contohnya, XML, PHP, SQL, CSS, Python, dan HTML.

Programmer juga harus memiliki beberapa skill dasar, yakni mengoperasikan Linux, menulis pada C++, dan menyelesaikan masalah. Selain itu, programmer mesti bisa bekerja dalam tim.

  • Data Analyst

Information System

Tugas utama seorang data analyst adalah mengubah data menjadi informasi agar bisa diolah oleh korporasi. Nantinya, informasi tersebut dimanfaatkan untuk memperbaiki sistem perusahaan.

Supaya pekerjaan lancar, data analyst harus memahami ilmu bisnis dan statistika. Di samping itu, data analyst juga wajib menguasai bahasa pemrograman, seperti PostGre, MySQL, PHP, dan SQL Server.

  • Desainer Grafis

Information System

Kamu suka menggambar atau merancang sesuatu yang estetik? Berarti pekerjaan sebagai desainer grafis cocok untuk kamu. Pasalnya, tugas utama desainer grafis adalah menyajikan informasi dengan gambar, logo, maupun poster.

Untuk mendukung pekerjaan tersebut, desainer grafis harus menguasai beberapa perangkat lunak. Biasanya, saat kuliah Information System, kamu dikenalkan dengan perangkat lunak Corel Draw dan Photoshop. 

Agar menjadi desainer andal, kamu juga mesti mengikuti perkembangan tren masa kini. Dengan demikian, karya desain grafis bisa disukai berbagai kalangan, khususnya generasi muda kekinian.

  • Data Scientist

Information System

Selama kuliah Information System, kamu tentu mempelajari teknik menggabungkan data menjadi sebuah pola. Inilah salah satu ilmu yang harus dikuasai agar bisa menjadi data scientist profesional. 

Data scientist juga harus memiliki skill mendesain infografis dan memilih algoritma yang tepat. Dengan kedua kemampuan tersebut, kamu bisa memudahkan perusahaan dalam mengambil keputusan dan mengembangkan bisnis.

Skill dasar lainnya yang wajib dikuasai data scientist, antara lain pemrograman, statistika, dan machine learning. Di samping itu, data scientist mesti memahami cara memetakan data, menghitung aljabar dan kalkulus, serta mempelajari software engineering.

  • UI/UX Developer

Information System

Sekilas, pekerjaan UI/UX developer mirip dengan perancang website, yakni mendesain situs. Bedanya, UI/UX developer memiliki cakupan tugas lebih luas. Ia tidak hanya merancang web, tetapi juga membuat konsep tampilannya dalam versi mobile maupun desktop.

Karena itu, IU/UX developer harus memiliki ketelitian ekstra. Saat merancang antarmuka web, pastikan kamu sudah meriset pengalaman pengguna. Dengan demikian, tampilan situs lebih user-friendly dan tidak membosankan. 

  • ERP Consultant

Information System

Kamu pernah mendengar istilah ERP? Dalam dunia digital, ERP merupakan akronim dari Enterprise Resource Planning. Bentuk ERP berupa perangkat lunak yang digunakan untuk manajemen proses bisnis. 

Jadi, sebagai konsultan ERP, kamu harus mampu menyesuaikan paket software ERP terhadap proses bisnis sebuah organisasi. Konsultan juga mesti memastikan perangkat lunak tersebut dapat bekerja efektif dan efisien dalam memberikan solusi masalah. 

  • Network Administrator

Information System

Profesi network administrator cocok untuk kamu yang menguasai ilmu matematika dan problem solving. Pasalnya, pekerjaan utama admin jaringan adalah menaksir kebutuhan perusahaan klien terkait desain dan pengembangan sistem informasi baru. Admin jaringan juga bertanggung jawab atas pemasangan sistem tersebut.

Itulah tujuh peluang pekerjaan bagi lulusan Information System di tahun 2021. Mulai dari sekarang, tingkatkan terus kemampuan kamu di bidang tersebut agar mudah masuk ke perusahaan. 

Kamu juga bisa berbagi dengan adik-adik SMA maupun SMK tentang prospek karier cerah jika kuliah Sistem Informasi. Ajak mereka untuk memilih perguruan tinggi terbaik yang menyediakan jurusan tersebut, salah satunya BINUS UNIVERSITY.

Yuk, daftar di BINUS UNIVERSITY dan rangkai masa depan kamu mulai sekarang!