Apakah kamu bercita-cita menjadi seorang wirausaha sukses? Dengan menjadi wirausaha setelah lulus kuliah, kamu secara otomatis telah memiliki pekerjaan sehingga tak perlu lagi melamar di perusahaan lain. Bukan hanya itu, kamu bahkan dapat membuka lapangan kerja bagi orang lain yang membutuhkannya.

Mengapa ini penting? Menurut data BPS hingga 5 November 2020, jumlah pengangguran di Indonesia telah mencapai 9,77 juta orang. Angka ini melonjak drastis karena dampak pandemi COVID-19 terhadap sektor ketenagakerjaan. Karena itu, langkah utama untuk mengatasi pengangguran adalah menciptakan lapangan kerja.

Mengapa Perlu Belajar Entrepreneurship?

Binus University

Pentingnya kemampuan untuk membangun usaha sendiri disadari oleh BINUS UNIVERSITY. Sebagai salah satu kampus swasta terbaik di Indonesia, BINUS UNIVERSITY memproyeksikan para lulusannya agar memberi dampak yang nyata terhadap masyarakat secara luas.

Karena itu, kampus yang terletak di Malang ini pun menawarkan program studi yang sangat menarik, yaitu Entrepreneurship – Business Creation. Para mahasiswa yang kuliah di jurusan ini akan belajar untuk menciptakan bisnis yang inovatif dan berpotensi besar.

Ilmu entrepreneurship memang bisa didapatkan secara autodidak, yaitu melalui pengalaman berbisnis secara langsung. Namun, mempelajari ilmu ini secara runtut dalam program belajar yang terukur dapat menjadi bekal yang lebih baik sebelum mulai berbisnis. Proses pembelajaran yang tidak singkat akan melatih mahasiswa untuk tangguh dan mampu bersaing dengan wirausaha lain.

Apa Saja yang Dipelajari Mahasiswa?

Binus University

Jurusan Entrepreneurship – Business Creation di BINUS UNIVERSITY @Malang mengajarkan mahasiswa berbagai hal penting dan mendasar tentang kewirausahaan. Beberapa di antaranya sebagai berikut:

  • Menemukan Ide dan Peluang Bisnis

Dasar yang paling penting dari sebuah bisnis adalah ide yang orisinal dan kuat. Menemukan ide unik dan potensial bukan hal yang mudah. Di bawah bimbingan para dosen, mahasiswa akan belajar untuk menemukan ide bisnis untuk diwujudkan.

  • Menganalisis Persaingan, Pasar, dan Risiko

Setelah menemukan ide yang akan dieksekusi, mahasiswa akan diajarkan cara menganalisis persaingan, pasar, serta risiko yang mungkin dihadapi. Bagian ini penting untuk mempersiapkan calon wirausaha dalam menghadapi kondisi pasar.

  • Merumuskan Model Bisnis

Seperti apa model bisnis yang akan dibangun? Kamu perlu menentukan hal ini sejak awal mulai berbisnis. Selain itu, rencana bisnis juga perlu disusun sesuai tujuan yang akan dicapai.

  • Menjalankan Bisnis Rintisan

Langkah selanjutnya adalah mulai menjalankan bisnis rintisan. Sebagai tahap awal dari bisnis yang sesungguhnya, penting untuk memberi perhatian penuh pada bisnis rintisan agar berhasil.

  • Mengembangkan Bisnis

Di BINUS UNIVERSITY jurusan Entrepreneurship – Business Creation, kamu juga akan belajar untuk mengembangkan bisnis. Ada berbagai hal yang perlu diketahui oleh seorang calon pebisnis agar berhasil mengembangkan bisnis.

Prospek Karier yang Bisa Kamu Geluti

Binus University

Setelah lulus kuliah, kamu akan memperoleh gelar Sarjana Bisnis (S.Bns.). Nah, ada beberapa bidang pekerjaan yang bisa kamu geluti berbekal gelar dan ilmu dari jurusan ini, yaitu:

  • Creativepreneur

Dengan menggunakan ide-ide kreatif, kamu bisa membangun bisnis yang menguntungkan. Karena itu, menjadi creativepreneur bisa sangat menjanjikan.

  • Business Developer

Kamu juga bisa menjadi seorang business developer di sebuah perusahaan. Pekerjaan mereka adalah mengembangkan bisnis sehingga perusahaan dapat lebih maju.

  • Business Planner

Kamu juga bisa menjadi seorang business planner yang sukses dengan mengandalkan ilmu dari bangku kuliah. Sebagian pengusaha membutuhkan dukungan untuk membuat business plan yang menguntungkan perusahaan.

  • Business Consultant

Peran seorang konsultan dalam bisnis tak bisa disepelekan. Berdasarkan pertimbangan dari para konsultan ini, perusahaan dapat dikembangkan atau terhindar dari kerugian besar. Karena itu, peluang pekerjaan seorang konsultan bisnis masih sangat terbuka lebar.

Nah, inilah beberapa profesi yang bisa kamu geluti setelah lulus kuliah di BINUS UNIVERSITY. Apakah kamu tertarik untuk menjalaninya?