Siapa yang tak ingin segera memperoleh pekerjaan usai lulus kuliah? Tiap lulusan perguruan tinggi pasti bercita-cita untuk segera bekerja dan mengaplikasikan ilmu yang didapatkan dari para pengajar di kampus. Namun, persaingan yang ketat dengan sesama fresh graduate sering kali menjadi kendala untuk mendapatkan pekerjaan yang diingini.

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan agar dapat tetap bersaing adalah memilih jurusan kuliah dengan prospek kerja menjanjikan. Salah satunya, jurusan BINUS UNIVERSITY yaitu Public Relation @Malang. Namun, sebelum mengenal lebih jauh program studi Public Relation yang ditawarkan BINUS, ada baiknya kamu memahami pentingnya posisi tersebut dalam sebuah perusahaan. 

Pentingnya Peran Public Relations

Jurusan Binus University

Zaman berubah, teknologi juga bertambah canggih. Dengan teknologi kecerdasan buatan, misalnya, manusia bisa menciptakan robot. Dalam beberapa hal, robot dapat membantu pekerjaan manusia sehingga lebih efisien. Secara tidak langsung, hal ini bisa saja mengurangi jumlah pekerjaan yang biasa dilakukan oleh manusia.

Akan tetapi, ada bidang-bidang pekerjaan yang hingga saat ini tidak tergantikan, yaitu yang berkaitan dengan emosi dan kreativitas. Public Relations adalah salah satu bidang pekerjaan yang tidak bisa diganti oleh mesin karena berkaitan dengan hubungan antar manusia.

Bagi perusahaan, peran Public Relations sangat penting. Bagian ini bertugas untuk membangun merek, menjadi penyalur pesan perusahaan kepada publik, serta membangun komunikasi yang harmonis dan saling menguntungkan dengan berbagai pihak di sekeliling perusahaan. 

Tujuan utama Public Relations adalah agar perusahaan dikenal dengan citra positif. Ini bukan tugas yang mudah karena mereka harus menghadapi orang-orang dengan prinsip, kepentingan, dan cara kerja yang berbeda. Karena itu, sebelum menjabat sebagai Public Relations dalam sebuah perusahaan, seseorang harus memiliki ilmu dan pengalaman yang matang. 

Public Relations di BINUS UNIVERSITY

Jurusan Binus University

Ada banyak jurusan BINUS UNIVERSITY yang memiliki prospek cerah. Namun, Public Relations dapat menjadi opsi terbaik bagi kamu yang memiliki passion membangun hubungan dengan orang lain. Dengan demikian, kamu dapat bekerja sambil menikmati aktivitas pekerjaan setiap hari.

Jurusan Public Relation @Malang merupakan pilihan terbaik. Beberapa hal berikut dapat menjadi pertimbangan bagi kamu yang memilih jurusan ini.

  • Mahasiswa akan mendapatkan kesempatan untuk belajar teori sekaligus praktik sesuai perkembangan industri Public Relations masa kini.
  • Mahasiswa dipersiapkan agar memiliki kemampuan membangun hubungan dengan berbagai organisasi.
  • Mahasiswa dibekali dengan keterampilan teknologi informasi serta metode komunikasi yang tepat.
  • Mahasiswa juga akan mendapatkan keterampilan entrepreneurship dan manajerial sehingga lebih mandiri.

Adapun mata kuliah yang diajarkan kepada mahasiswa dalam 8 semester kuliah, antara lain Public Speaking, Corporate Relationship Management, Professional Communication in Business Setting, Strategic Planning in Public Relations, Integrated Marketing Communication, Digital Analytical for Public Relations, dan masih banyak lagi.

Nah, setelah lulus dari program studi Publik Relation, berikut beberapa pilihan karier yang bisa kamu geluti:

  • Public Relations Executive

Public Relations Executive banyak dibutuhkan di perusahaan maupun organisasi. Posisi ini sangat penting karena berkaitan dengan merek dan citra perusahaan. Seorang Public Relations Executive wajib memiliki kemampuan berkomunikasi yang terlatih. 

  • Strategic Planner

Strategic Planner adalah orang yang membuat desain sekaligus merencanakan komunikasi dalam pemasaran. Pasalnya, dibutuhkan pertimbangan yang strategis sebelum menjalankan sebuah promosi. Strategic Planner biasanya dibutuhkan oleh perusahaan jasa periklanan.

  • Spokesperson Expert

Spokesperson adalah orang yang ditunjuk untuk berbicara atau menyampaikan pesan agar bisa dipahami dan diterima dengan baik oleh khalayak. Posisi ini banyak dibutuhkan di perusahaan, organisasi, maupun instansi pemerintah.

  • Marketing Communication

Seseorang yang menjabat sebagai Marketing Communication bertugas untuk membuat rencana pemasaran, mengelola anggaran pemasaran, serta memproduksi press release. Mereka harus memiliki sisi kreatif untuk mempromosikan produk sehingga bisa menghasilkan penjualan.

Nah, inilah beberapa hal yang perlu kamu ketahui tentang jurusan BINUS UNIVERSITY, khususnya Public Relations @Malang. Dengan mengenali prospek kariernya, kamu akan lebih yakin untuk menentukan pilihan jurusan yang diambil.