Punya pengalaman mengikuti kompetisi sains nasional atau sejenisnya? Kamu mungkin bisa seperti Farah Clarissa. Prestasinya dalam kompetisi tingkat nasional memberinya jalan masuk BINUS UNIVERSITY lewat beasiswa khusus. Simak kisah Farah mendapat Widia Scholarship dan apa yang bisa kamu pelajari jika ingin meniru keberhasilan Farah.

Prestasi SMA untuk Meraih Beasiswa

Masuk kuliah pada tahun 2018 lewat jalur beasiswa, Farah Clarissa kini tercatat sebagai mahasiswa BINUS UNIVERSITY jurusan hukum. Menurut Farah, kesuksesannya meraih Widia Scholarship adalah prestasinya saat SMA. Farah menjadi perwakilan SMA 34 Jakarta untuk mengikuti Olimpiade Sains Nasional, dan dia berhasil menjadi juara dalam kompetisi tingkat nasional dengan fokus utama pada geografi.

Farah mendapat informasi tentang Widia Scholarship saat mengikuti pelatihan di Bandung. Karena memiliki minat untuk kuliah di bidang hukum, Farah memutuskan untuk mendaftar demi mendapat beasiswa, menggunakan prestasi Olimpiade sains sebagai salah satu materi pendukung pendaftarannya. Farah harus mengikuti tes tertulis dan administratif, tetapi informasi dan bantuan dari pihak kampus membantunya melewati semua langkah tersebut.

Mengapa Widia Scholarship?

BINUS UNIVERSITY

Widia Scholarship adalah beasiswa BINUS UNIVERSITY yang tersedia bagi calon mahasiswa dengan prestasi tertentu, misalnya menjadi atlet atau perwakilan Indonesia dalam ajang nasional dan internasional. Calon mahasiswa dapat mengajukan permohonan beasiswa dengan menyertakan sertifikat, piagam, dan bukti keberhasilan lain yang didapat, seperti yang dilakukan Farah.

Dengan Widia Scholarship, mahasiswa bisa mendapat berbagai keringanan pembiayaan, contohnya adalah:

  • Bebas uang SKS serta BP3 untuk semester 1 dan 2
  • Bebas uang DP3 dan pendaftaran ulang
  • Bebas biaya laboratorium, peralatan, serta seragam

Mahasiswa juga bisa mendapat beasiswa hingga semester 8 selama bisa mempertahankan IPK di angka 3,0 (untuk beasiswa nonakademik) atau 3,5 (untuk beasiswa akademik). Karena Farah mendaftar berdasarkan prestasi akademik, dirinya wajib mempertahankan nilai IPK 3,5 setiap semester sebagai syarat untuk terus mendapat beasiswa.

Alasan Farah memilih beasiswa ini juga karena reputasi BINUS UNIVERSITY. Sebagai mahasiswa yang bercita-cita menjadi corporate lawyer, Farah memuji universitas pilihannya karena program hukumnya memiliki akreditasi bagus dan pengajar berkualitas. Universitasnya juga menawarkan lingkungan kondusif serta program pengembangan kualitas mahasiswa yang menjamin mutu lulusan.

Syarat Sebagai Pemegang Beasiswa

Setelah mendapat beasiswa, Farah tidak langsung bersantai. Menurutnya, ada beberapa tanggung jawab yang harus dilaksanakan sebagai pemegang beasiswa, contohnya adalah:

  • Mengikuti Pelatihan

Mahasiswa penerima Widia Scholarship wajib mengikuti pelatihan soft skill dari BINUS UNIVERSITY. Pelatihan ini mencakup hal-hal seperti kepemimpinan, manajemen, dan sebagainya. Hal ini tentu menjadi keuntungan ekstra bagi penerima beasiswa karena mereka bisa menerapkan keahliannya di masa depan.

  • Membantu dalam Aktivitas Kampus

Mendapat beasiswa memberi mahasiswa berprestasi seperti Farah tanggung jawab ekstra. Mereka diharapkan bisa mendukung berbagai kegiatan kampus seperti menjadi asisten laboratorium, tim promosi, hingga buddy coordinator untuk berbagai aktivitas. Hal ini juga menguntungkan karena memberi mahasiswa pelatihan ekstra dalam hal komunikasi dan kerja sama.

  • Menjadi Perwakilan Kampus

BINUS UNIVERSITY terlibat dalam berbagai aktivitas yang membutuhkan perwakilan dari kalangan mahasiswanya. Penerima beasiswa nonakademik bisa menjadi perwakilan kampus untuk lomba seni atau olahraga. Penerima beasiswa akademik seperti Farah menjadi mentor untuk kegiatan pendidikan bagi komunitas (BINUS Learning Community). Hal ini bukan hanya menambah pengalaman, tetapi juga bisa menjadi tambahan catatan untuk CV.

Kesimpulan

Mendapat beasiswa adalah mimpi mahasiswa, terutama jika berasal dari kampus berkualitas dan memiliki akreditasi baik. Mahasiswa seperti Farah Clarissa dan status juara Olimpiade sainsnya bisa mendaftar Widia Scholarship, beasiswa yang tersedia bagi pemilik prestasi akademik, olahraga, maupun seni. Selain prosesnya yang mudah, pihak kampus juga akan mendampingi calon mahasiswa di setiap tahapnya.

Ingin masuk BINUS UNIVERSITY dengan keringanan biaya sekaligus kesempatan untuk mendapat pelatihan soft skill? Gunakan prestasimu saat sekolah untuk mendaftar beasiswa dan jadilah seperti Farah Clarissa.