Kesempatan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi kini semakin terbuka lebar dengan hadirnya beragam beasiswa dan bantuan pendidikan lainnya. Hampir seluruh universitas memiliki program yang menawarkan tunjangan biaya belajar bagi mahasiswa berprestasi, tak terkecuali dengan BINUS UNIVERSITY. Widia Scholarship menjadi satu dari sekian banyak beasiswa dan bantuan pendidikan yang ditawarkan oleh universitas bergengsi ini. 

BINUS UNIVERSITY

Apa Itu Widia Scholarship?

Widia Scholarship dianggap sebagai salah satu bentuk apresiasi tertinggi yang diberikan BINUS UNIVERSITY bagi pelajar berprestasi di Indonesia, baik dalam bidang akademis maupun non-akademis.

Jika kamu pernah menjadi finalis atau memenangkan Olimpiade dan kompetisi nasional, kamu bisa mendaftarkan diri untuk mendapatkan beasiswa ini. Widia Scholarship juga terbuka bagi mereka yang pernah menjadi wakil Indonesia di ajang kompetisi internasional dalam berbagai bidang.

Mengapa Kamu Harus Daftar Widia Scholarship?

Widia Scholarship yang dipersembahkan BINUS UNIVERSITY memberikan beragam keuntungan bagi para penerimanya. Keuntungan yang akan kamu terima tidak hanya dalam bentuk tunjangan pendidikan. Ada pula berbagai kegiatan organisasi, pelatihan, serta pengembangan diri. Seluruhnya akan bermanfaat bagi kehidupanmu selama menjadi mahasiswa maupun ketika sudah menjadi lulusan yang terjun di dunia kerja sesungguhnya. 

Berikut adalah beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan setelah menjadi penerima Widia Scholarship BINUS:

  • Bebas biaya sumbangan (DP3).
  • Bebas biaya BP3 dan biaya SKS untuk semester 1 dan 2.
  • Bebas biaya peralatan dan laboratorium.
  • Bebas biaya seragam bagi mahasiswa program studi Pariwisata, Hotel Management, Business Hotel Management, dan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD).
  • Beasiswa semester 3 hingga 8 sesuai review indeks prestasi yang dilakukan oleh Student Advisory Center (SAC). Beasiswa ini berlaku bagi mahasiswa yang mendapatkan indeks prestasi minimal 3,50 bagi jalur akademik dan 3,00 bagi jalur non-akademik.
  • Berkesempatan mengikuti sederet pelatihan soft skills, termasuk latihan keterampilan manajemen mahasiswa, latihan dasar kepemimpinan, serta berbagai program pengembangan diri lainnya.

Selain segudang keuntungan di atas, penerima beasiswa juga harus melaksanakan beberapa kewajiban utama, meliputi:

  • Menjadi wakil BINUS dalam kompetensi seni atau olahraga di tingkat nasional maupun internasional. Kewajiban ini berlaku bagi penerima beasiswa jalur non-akademik.
  • Bagi penerima jalur akademik, wajib menjadi mentor di BINUS Learning Community.
  • Berpartisipasi aktif dalam Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) sesuai bidang yang diminati.
  • Menjadi Buddy Coordinator, Lab Assistant, atau Promotion Team setiap kali diperlukan.
  • Mengontrak asrama mahasiswa—BINUS Square—minimal 1 tahun. Meski demikian, penerima beasiswa akan mendapatkan gratis biaya sewa selama 2 bulan awal untuk 1 tahun pembayaran.

Bagaimana Prosedur Pendaftarannya?

Untuk mendapatkan Widia Scholarship dari BINUS UNIVERSITY, kamu harus bisa membuktikan prestasimu di bidang akademis maupun nonakademis. Caranya dengan menyerahkan fotokopi piagam atau sertifikat kompetisi yang pernah diikuti. Berkas ini perlu ditunjukkan bersama salinan rapor SMA/Sederajat yang telah dilegalisasi oleh kepala sekolah.

Selain itu, calon penerima beasiswa juga harus mengikuti Tes Potensi Keberhasilan Studi (TPKS). Ujian kualifikasi ini terdiri dari sejumlah kelompok soal yang akan menunjukkan seberapa besar potensi yang kamu miliki untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi. Beberapa materi yang diujikan meliputi logika berhitung, kemampuan abstraksi nonverbal, serta kemampuan verbal atau keterampilan berbahasa. 

Selain lolos TPKS dan membuktikan prestasi akademis atau nonakademis, beberapa calon mahasiswa yang memilih program studi tertentu juga harus menyerahkan berkas kelengkapan tambahan sebagai berikut:

  • Dokumen asli surat keterangan tidak buta warna yang disahkan dokter spesialis mata bagi calon mahasiswa prodi Arsitektur, Desain Interior, DKV Animasi, DKV New Media, DKV Creative Advertising, dan Food Technology.
  • Dokumen asli surat keterangan sehat dari klinik atau rumah sakit serta foto komposit berukuran 4R yang menampilkan potret diri mengenakan pakaian formal atau setelan kerja. Foto harus ditampilkan tampak depan, tampak kanan, tampak kiri, dan seluruh badan—masing-masing 1 lembar. Persyaratan ini berlaku bagi calon mahasiswa prodi Hotel Management dan Business Hotel Management.
  • Mengunggah video pembacaan narasi talent test bagi calon mahasiswa prodi Mass Communication dan Marketing Communication.

Memperoleh Widia Scholarship dan menjadi bagian dari BINUS UNIVERSITY merupakan suatu kebanggaan tersendiri yang bisa menjadi modal mengembangkan potensimu di masa depan. Jadi, segera siapkan dirimu untuk menjadi the next Binusian dan mendapatkan beasiswa bergengsi ini!