Business Hotel Management adalah program studi yang mengembangkan pengetahuan dan kemampuan di bidang perhotelan secara managerial dan vokasional bertujuan untuk menghasilkan tenaga kerja profesional yang sukses di industri perhotelan. Program ini juga menyediakan manajemen yang komprehensif serta pengetahuan, dan keterampilan untuk membentuk kompetensi mahasiswa yang kompeten. Mahasiswa akan mendapatkan wawasan industri perhotelan melalui satu tahun pengalaman kerja industri di hotel bintang empat dan lima internasional dan multinasional; domestik dan luar negeri. Sehingga mahasiswa dapat bersaing di era industri melalui pembekalan ilmu manajerial, ekonomi, dan bahasa asing.

Mata Kuliah

Sebelum menempuh pendidikan perguruan tinggi diperlukan untuk mengetahui terlebih dahulu mengenai mata kuliah yang dipelajari di jurusan business hotel management antara lain: Ilmu Budaya Dasar, Pariwisata dan Kebudayaan, Statistik, Kantor Depan Hotel (Front Office), Pengolahan Makanan (Food and Beverage), Tata Graha dan Binatu Hotel, English for Front Office, English for House Keeping, English for Food and Beverage, Akuntansi Perhotelan, Pembinaan Sikap Profesi, Sanitasi, Tata Hidang Makanan dan Minuman, Manajemen Sumber Daya Manusia, Hotel Information System, Manajemen Keuangan, Manajemen Divisi Kamar, Manajemen Pemasaran Hotel, Psikologi Pelayanan, Hotel Correspondence, MICE (Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition), Bartending, dan Metodologi Penelitian. (Rencanamu.id)

Mata kuliah yang telah dipelajari diatas, akan memberi kemudahan mahasiswa lulusan business hotel management dalam menguasai ilmu perhotelan secara teori maupun praktik. Dengan ini mahasiswa lulusan business hotel management dapat menerapkan dan mengembangkan pengetahuan, keterampilan dan ilmu perhotelan khususnya dalam perencanaan, memproduksi, dan pengawasan pengelolaan jasa penginapan atau akomodasi. Disini, kamu juga akan dibekali dengan keahlian manajerial atau mengatur dan kegiatan operasional hotel, kemampuan berbahasa asing dan kemampuan mengelola bisnis perhotelan.

Prospek Karir

Program studi Business Hotel Management memiliki peluang tinggi di dunia kerja, sangat banyak keuntungan yang diperoleh dari seorang lulusan Jurusan Business Hotel Management. Mahasiswa lulusan business hotel management memiliki keterampilan dalam berbahasa asing, mengelola bisnis perhotelan dan perencanaan dalam mengelola akomodasi yang sangat bermanfaat di berbagai industri. Bukan cuma itu saja, setelah lulus dari perguruan tinggi dengan sudah dibekali ilmu teori dan praktik, mahasiswa lulusan business hotel management dapat berkarier di berbagai bidang seperti: Accommodation Manager, Catering Manager, Event Manager, Hotel Manager, Public House Manager, Restaurant Manager, Accommodation Business Owner, Restaurant Owner, Airlines and Cruises Team, Chef, Celebrity Chef, Food Blogger, Food Stylist, Foodpreneur, Cooking Instructor, Airlines and Cruises Team.

Universitas Bina Nusantara (BINUS) hadir sebagai salah satu perguruan tinggi yang menghasilkan lulusan terbaik di industri perhotelan. Business Hotel Management adalah program studi yang dimiliki oleh BINUS UNIVERSITY yang bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang profesional dilengkapi pembekalan pengetahuan dan keterampilan dalam bisnis perhotelan termasuk kegiatan operasional hotel, bidang kuliner dan event bisnis. Kurikulum Business Hotel Management BINUS dirancang dengan menerapkan kearifan budaya lokal Indonesia dan memiliki standar internasional dari The World Tourism Organization (UNWTO). BINUS memberikan bekal ilmu secara teori dan praktik dengan mempelajari ilmu manajerial, ekonomi, dan bahasa asing agar setelah mahasiswa lulus dapat dengan mudah mendapatkan pekerjaan langsung di industri perhotelan. Mahasiswa dihimbau untuk melakukan dua program enrichment dalam waktu enam bulan (internship, belajar di luar negeri, dan entrepreneurhsip). Melalui kurikulum tersebut, mahasiswa akan memiliki peluang karir yang menarik di industri perhotelan.

Kurikulum Business Hotel Management yang dimiliki oleh BINUS University ini telah diperkuat dengan konten internasional dan lokal untuk melengkapi lulusan untuk mengelola operasional hotel yang beragam dengan tingkat multinasional dan global serta startup di bidang food and beverage. Sehingga BINUS University menghasilkan lulusan yang kompeten dan profesional di bidang bisnis perhotelan karena sudah memiliki Akreditasi BAN-PT “A” yang mana secara teknis yang mampu bersaing secara global.