Memahami Keterkaitan PR dengan Pemasaran Digital dalam Membangun Brand Awareness

Tak banyak yang menyadari keterkaitan PR dengan pemasaran digital, padahal keduanya sangat penting untuk membantu kamu membangun kesadaran merek (brand awareness). Jika kamu tertarik menggeluti dunia Public Relations, kamu wajib memahami kaitan antara PR dengan pemasaran digital dan brand awareness.

Agar lebih mudah, kamu bisa menyimak uraian singkat berikut ini.

Mengenal Public Relations, Pemasaran Digital, dan Brand Awareness

Public Relations merupakan strategi komunikasi untuk membangun dan memelihara hubungan baik antara perusahaan, klien, pemegang saham, media, dan publik. PR juga bertujuan untuk membangun dan membentuk citra positif dan menjaga reputasi perusahaan. 

Dalam pelaksanaannya, PR melibatkan kegiatan yang berkaitan dengan siaran pers, penanganan isu, dan berhubungan langsung dengan media. Sementara itu, pemasaran digital adalah strategi untuk mempromosikan dan memasarkan produk atau layanan melalui platform digital. 

Dalam pelaksanaannya, pemasaran digital dilakukan menggunakan berbagai cara, mulai dari email marketing, pemasaran konten, SEO, iklan berbayar di media sosial, hingga pemasaran influencer. PR dan pemasaran digital sangat penting untuk membantu perusahaan memperkenalkan merek atau produknya.

Dengan kombinasi keduanya, pelanggan akan lebih mudah mengenali suatu merek atau disebut brand awareness. Hal ini adalah fondasi penting bagi perusahaan untuk mendorong pelanggan melakukan pembelian.

Singkatnya, brand awareness bisa diwujudkan dengan berbagai taktik Public Relations dan pemasaran digital. 

Keterkaitan PR dengan Pemasaran Digital

Setelah memahami pengertian Public Relations, pemasaran digital, dan brand awareness, kini kamu perlu mempelajari kaitan antara PR dan pemasaran digital. Sebagaimana yang telah dijelaskan sebelumnya, kombinasi PR dan pemasaran digital mampu menciptakan kesadaran merek. 

Kendati keduanya merupakan komponen yang berbeda, PR dan pemasaran digital memiliki peran penting dalam mewujudkan brand awareness. Keduanya saling melengkapi. Strategi yang tepat akan berdampak baik pada citra dan reputasi perusahaan. 

PR fokus pada cara untuk membangun hubungan positif antara perusahaan dengan pelanggan. Di sisi lain, pemasaran digital fokus pada kampanye atau promosi melalui media sosial untuk menjangkau pelanggan dan meningkatkan visibilitas merek. 

Keterkaitan PR dengan pemasaran digital terletak pada usaha untuk mencapai pelanggan yang tepat sekaligus membangun kesadaran merek. PR membantu menciptakan konten kredibel dan relevan. Konten ini kemudian didistribusikan melalui media sosial atau siaran pers untuk memperluas jangkauan dan menarik atensi pelanggan.

Dampak dari strategi yang dilakukan akan diukur oleh tim pemasaran digital. Hasilnya bisa dipantau langsung oleh PR melalui media sosial ataupun analitik website. PR akan mengecek respons yang diberikan pelanggan, baik berupa share link, klik, komentar, ataupun tombol like.

Dengan kombinasi yang apik antara PR dan pemasaran digital, perusahaan akan lebih mudah mengukur strategi dan melakukan perbaikan apabila diperlukan. Hal inilah yang membuat perusahaan akan terus tumbuh dan berkembang serta mampu bersaing dengan kompetitor. 

Selain itu, PR dan pemasaran digital juga saling mendukung untuk meningkatkan reputasi perusahaan dan menciptakan citra merek yang konsisten. PR bertugas untuk memastikan pesan yang disampaikan pada publik selaras dengan nilai merek dan visi misi perusahaan. Sementara itu, pemasaran digital bertugas menyampaikan pesan tersebut pada pelanggan melalui saluran digital agar jangkauannya lebih luas dan lebih tersegmentasi.

Dari uraian di atas, kamu dapat menyimpulkan bahwa Public Relations dan pemasaran digital memang dua hal berbeda. Namun, keduanya memiliki tujuan yang sama, yakni untuk membantu perusahaan membangun brand awareness dengan cara lebih efektif dan berkelanjutan. 

Dengan menggabungkan PR dan pemasaran digital, perusahaan bisa mendapatkan hasil sesuai target. Tentunya, hal tersebut harus didukung dengan pendekatan berbasis hubungan dan pemanfaatan kecanggihan teknologi. Alhasil, perusahaan bisa meningkatkan visibilitas dan memiliki hubungan kuat dengan pelanggan.

Kalau kamu ingin mempelajari lebih lanjut mengenai keterkaitan PR dengan pemasaran digital, jadikan BINUS University sebagai kampus idamanmu di masa depan! Yuk, daftar sekarang!