Ingin Sukses dalam Marketing Communication? Keterampilan Penting Ini Perlu Kamu Kuasai!
Dalam meningkatkan pemasaran, ada banyak cara yang bisa kamu lakukan, salah satunya dengan menggunakan komunikasi yang tepat. Komunikasi pemasaran (marketing communication) yang tepat nan efektif memungkinkan perusahaan untuk menyampaikan pesan secara lebih jelas serta menarik kepada audiens.
Oleh karena itu, bagi kamu yang tertarik dengan dunia marketing, mengenal dan mengetahui lebih lanjut tentang marketing communication merupakan hal yang sangat penting. Nah, berikut beberapa informasi yang dapat kamu simak, termasuk keterampilan-keterampilan penting untuk sukses dalam marketing communication.
Mengenal Marketing Communication
Marketing communication atau komunikasi pemasaran adalah salah satu jenis komunikasi yang bertujuan untuk “memasarkan” alias mempromosikan produk. Caranya, yaitu dengan memberi informasi disertai ajakan yang mendorong konsumen untuk menggunakan produk tersebut.
Oleh sebab itu, tujuan utama dari promosi dengan marketing communication sebenarnya adalah untuk melipatgandakan keuntungan perusahaan dan meningkatkan penjualan secara lebih efektif.
Cara ini juga berfungsi untuk mengoptimalkan kepercayaan dan brand awareness konsumen terhadap produk perusahaan hingga akhirnya menjadi pelanggan setia. Dengan demikian, citra baik perusahaan pun dapat terus terjaga.
Sebab, peningkatan kualitas produk dan pelayanan semata dalam bisnis tidaklah cukup jika tidak dibarengi strategi marketing communication yang tepat. Adapun salah satu contoh penerapannya yang kemungkinan cukup sering kamu jumpai adalah penawaran-penawaran khusus oleh platform-platform tertentu.
Sebut saja seperti YouTube, mereka menawarkan percobaan gratis YouTube Premium dalam jangka waktu tertentu dengan harapan bahwa kedepannya konsumen akan tertarik untuk terus berlangganan.
7 Keterampilan Penting untuk Sukses dalam Marketing Communication
Salah satu kunci sukses marketing communication sebenarnya terletak pada pemahaman mendalam tentang audiens atau target pasar. Selain itu, juga diperlukan kemampuan untuk beradaptasi dengan tren relevan serta teknologi-teknologi terbaru yang terus berkembang dengan pesat.
Nah, jika kamu ingin sukses sepenuhnya dalam communication marketing, setidaknya ada beberapa keterampilan penting yang menjadi kunci dan harus kamu kuasai dengan baik. Berikut 7 di antaranya:
- Kemampuan Analisis
Selain kemampuan berkomunikasi, penting juga untuk memiliki kemampuan analisis yang baik untuk menyukseskan strategi pemasaran.
- Kreativitas yang Tinggi
Dengan pemikiran yang kreatif, kamu dapat menciptakan ide-ide baru yang unik. Hal ini sangat penting untuk menarik minat konsumen.
- Kemampuan Negosiasi
Seorang profesional dalam marketing communication seringnya dihadapkan dengan situasi tertentu yang membutuhkan kemampuan negosiasi yang baik agar dapat bekerja sama dengan berbagai pihak, termasuk konsumen.
- Kemampuan Manajemen Proyek
Keterampilan manajemen proyek sangat perlu diterapkan untuk mengatur waktu, sumber daya, tim, dan lain-lainnya agar pemasaran dapat dilakukan secara efektif nan efisien.
- Pemahaman tentang Audiens/Target Pasar
Sebelum menyasar konsumen tertentu, kamu harus menentukan target pasar dan memahami lebih mendalam tentang audiens, misalnya dengan menganalisis data demografi dan lain sebagainya.
- Kemampuan Komunikasi yang Baik dan Efektif
Kamu harus mampu menyampaikan informasi serta detail tertentu secara jelas, menarik, dan tentunya persuasif agar konsumen tertarik. Ini juga mencakup kemampuan storytelling sehingga pengetahuan tentang branding juga harus kamu kuasai dengan baik.
- Kemampuan Beradaptasi dengan Perubahan
Sudah menjadi rahasia umum bahwa dunia pemasaran terus mengalami perubahan, tergantung dari situasi atau tren yang sedang berlangsung. Oleh karena itu, jika kamu ingin sukses dalam marketing communication, mengasah kemampuan adaptasi sangatlah penting.
Communication – Marketing Communication di BINUS UNIVERSITY
Kamu ingin berkarier di dunia marketing? Langkah pertama yang bisa kamu tempuh, yaitu bergabung dengan BINUS UNIVERSITY melalui salah satu program unggulannya, Marketing Communication.
Ini adalah sebuah jurusan yang akan membantu kamu dalam mempelajari berbagai strategi komunikasi yang tepat untuk pengembangan perusahaan dan brand berkelanjutan alias sustainable business and brand.
Studi selama empat tahun ini dipastikan mampu memberimu pengalaman terbaik melalui pengetahuan-pengetahuan tentang berbagai hal. Mulai dari strategi khusus, pesan komunikasi yang sesuai, hingga penggunaan beragam teknologi yang efektif.
Berikut beberapa prospek karier menarik dari Marketing Communication yang bisa kamu jadikan sebagai goal masa depan:
- Marketing Communication Specialist
- Corporate Communication Specialist
- Community Relations Specialist
- Brand Spokesperson
- Key Opinion Leader Specialist
- Media Planner Specialist
- Brand Community Specialist
- Event Organizer
- Brand Communication Specialist
- Social Media Specialist
Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, join BINUS segera!
Comments :