5 Tips Sukses Membangun Brand Lokal Fashion Lewat E-commerce

Sudah bukan rahasia lagi jika e-commerce telah menjadi salah satu wadah bagi para pelaku bisnis untuk memasarkan produk mereka. Kehadiran e-commerce tidak hanya memudahkan para pengusaha dalam meningkatkan penjualan, tetapi juga para konsumen dalam berbelanja. Salah satu sektor yang terus berkembang dan dicari adalah fashion. 

Bisnis fashion adalah salah satu kategori terlaris di dunia e-commerce. Produk fashion selalu diminati, baik oleh konsumen lokal maupun global. Bahkan ada banyak brand lokal yang berhasil melejitkan brand mereka lewat e-commerce.

Bagi kamu yang sedang merintis brand lokal fashion, kamu mungkin bertanya-tanya: bagaimana tips sukses membangun brand lokal fashion lewat e-commerce? Dan tentu saja, bagaimana memaksimalkan potensi e-commerce untuk meningkatkan penjualan produk dari brand fashion kamu? 

Oleh karena itu, berikut 5 strategi yang dapat kamu terapkan untuk menjawab tantangan tersebut.

1. Manfaatkan Fitur E-Commerce

Pertama, kamu bisa memanfaatkan fitur e-commerce untuk promosi. Pada umumnya, setiap e-commerce sudah menyediakan sarana promosi, mulai dari iklan berbayar, campaign, live streaming, hingga metode pembayaran yang lengkap, guna membuat transaksi menjadi lebih menyenangkan.

Salah satu fitur paling sering digunakan adalah fitur ads atau iklan berbayar. Fitur ini efektif untuk menarik perhatian calon konsumen dalam jangkauan lebih luas. Selain itu, campaign seperti promo tanggal khusus juga dapat meningkatkan penjualan secara signifikan. Fitur-fitur semacam ini sudah terbukti berdampak pada pertumbuhan bisnis. Seperti pengalaman Zein Witrikamuni selaku Lead Marketing Merché. 

Dalam event offline di salah satu mall di Jakarta, Zein berbagi pengalaman menyenangkan dengan penggunaan fitur ads pada salah satu e-commerce. Dia mengatakan bahwa fitur ads terbukti mampu mendongkrak penjualan, bahkan hingga lebih dari 100%.

2. Gunakan Media Sosial untuk Online Campaign

Selain fitur langsung di e-commerce, manfaatkan juga media sosial untuk online campaign. Media sosial dapat memperluas jangkauan pelanggan. Kamu bisa menggunakan Instagram atau TikTok, misalnya, untuk membangun koneksi langsung dengan pelanggan. 

Mulailah dengan campaign sederhana seperti promo bundling, diskon besar, atau gratis ongkir di hari-hari tertentu. Jangan lupa memanfaatkan fitur di media sosial, seperti Instagram Shopping atau TikTok Shop. Atau kamu juga bisa menghubungkan campaign Kamu di media sosial ke link toko kamu di e-commerce tertentu.

Dengan strategi bisnis fashion yang tepat, media sosial bisa menjadi alat efektif untuk membangun brand lokal fashion kamu.

3. Optimalkan Foto dan Deskripsi Produk

Di dunia e-commerce, yang tak kalah penting tentu saja kekuatan visual, yaitu foto produk. Foto yang jelas dan menarik bisa membuat calon konsumen terpancing dan melihat-lihat produk kamu, dari satu lalu beralih ke lain. Pastikan foto produk kamu memiliki kualitas tinggi, pencahayaan baik, dan sudut yang menarik. 

Selain foto, deskripsi produk pun harus diperhatikan. Pastikan setiap produk memiliki deskripsi yang ditulis secara informatif namun tetap menggugah. Pelanggan seringkali membuat keputusan membeli berdasarkan tampilan foto dan deskripsi yang mereka lihat. Jadi, tampilkan keunikan brand lokal fashion kamu dengan cara yang memikat.

4. Kolaborasi dengan Influencer 

Keempat, kamu juga dapat berkolaborasi dengan influencer. Influencer memiliki pengaruh besar dalam meningkatkan kesadaran merekmu. Belajar dari banyak brand ternama yang memboyong pelaku seni juga influencer untuk menarik perhatian konsumen, Kamu juga bisa mencobanya.

Sebagai saran, sebaiknya kamu kenali dulu calon influencer yang ingin kamu ajak berkolaborasi. Pertimbangkan apakah sang influencer yang menarik perhatianmu ini memiliki value dan estetika pribadi yang sesuai dengan brand lokal fashion yang hendak kamu bangun. Strategi ini telah terbukti meningkatkan penjualan sekaligus memperkuat citra merek di mata konsumen.

5. Pertahankan Rating Baik dengan Ulasan Pelanggan

Terakhir, pertahankan rating toko melalui ulasan pelanggan. Di e-commerce fashion, ulasan pelanggan memiliki peran penting dalam membangun kepercayaan konsumen baru. Kamu bisa saja meminta ulasan positif kepada konsumen yang merasa puas atas produk atau pelayanan tokomu, guna mempertahankan rating baik dan memperkuat reputasi.

Rating yang baik akan meningkatkan peluang produk kamu muncul di pencarian teratas. Ini adalah salah satu strategi e-commerce untuk bisnis fashion yang paling efektif.

Selain strategi di atas, kamu juga bisa mempersiapkan diri dengan gabung di Fashion program BINUS University yang berlokasi di BINUS @Alam Sutera. Program ini telah hadir sejak 2010 dengan mengutamakan pengalaman praktis, proyek kolaboratif dengan professional, dan mengembangkan keterampilan dan persiapan karier yang lebih matang di era digital.