Jadi Bisnis Menjanjikan, Ketahui 7 Bidang Garapan dalam Desain Interior!Pic by Freepik

Bukan hanya rumah tinggal, lahan garapan seorang desainer interior juga dapat mencakup area perkantoran, ritel, pameran, dan masih banyak lagi. Nah, agar lebih paham tentang seluk-beluk profesi ini, yuk cari tahu apa saja bidang garapan dalam desain interior. Yuk, disimak!

  • Residential interior design

Mereka yang bekerja di bidang residential interior design berfokus pada perancangan, penataan, dan dekorasi ruang interior di lingkungan perumahan. Tugas utamanya adalah mengubah dan mempercantik rumah, apartemen, atau kondominium dengan mempertimbangkan preferensi, gaya hidup, dan kebutuhan penghuni. 

Karena itu, desainer interior yang mengurusi bidang garapan ini umumnya akan berusaha untuk menciptakan ruang yang estetis dan fungsional, sambil tetap memastikan bahwa desain mereka dapat mencerminkan kepribadian dan keinginan klien.

  • Retail interior design

Retail interior design adalah salah satu cabang dari desain interior, yang berfokus pada pengembangan dan perancangan ruang ritel, seperti misalnya toko, pusat perbelanjaan, dan butik. Tujuan utamanya adalah menciptakan lingkungan belanja yang lebih menarik, fungsional, dan sesuai dengan citra bisnis suatu brand.  

Dalam menjalankan tugasnya, seorang retail interior designer harus mempertimbangkan berbagai faktor, termasuk format penataan produk, tata letak toko, pencahayaan, warna, dan desain display. Mereka juga harus memahami bagaimana pelanggan akan berinteraksi dengan ruang ritel yang hendak dibangun, serta desain interior seperti apa yang bisa memengaruhi perilaku pelanggan dalam melakukan pembelian.

  • Commercial interior design

Sesuai namanya, fokus dari commercial interior design adalah pengembangan dan perancangan ruang komersial atau bisnis. Karena itu, jenis properti yang digarap dalam bidang desain interior ini mencakup gedung-gedung yang sifatnya komersial, seperti kantor, restoran, hotel, dan tempat bisnis lainnya. 

Desainer interior yang bertugas di bidang ini biasanya akan mempertimbangkan berbagai aspek, termasuk tata letak ruangan, desain furnitur, pencahayaan, warna, tekstur, dan elemen dekoratif lainnya. Mereka pun dituntut untuk memahami kebutuhan bisnis klien, target pasar, serta regulasi dan standar keamanan yang berlaku.

  • Exhibition design

Tempat pameran juga masuk dalam bidang garapan seorang desainer interior. Mereka umumnya bertanggung jawab atas desain dan tata letak pameran. Adapun jenis pameran yang digarap oleh seorang desainer interior, seperti misalnya pameran publik, pameran perdagangan, konferensi, dan kebutuhan display untuk museum dan galeri. 

  • Hospitality interior design

Bidang desain interior ini berfokus pada perancangan dan dekorasi ruang komersial di industri hospitality, seperti hotel, restoran, bar, dan tempat sejenis lainnya. Karena itu, proses desainnya mengacu pada perencanaan dan penataan ruang yang bertujuan untuk menciptakan lingkungan yang lebih menarik, nyaman, serta sesuai dengan kebutuhan bisnis dan preferensi tamu. Itulah mengapa, desainer interior di bidang ini tidak hanya mempertimbangkan estetika visual, tetapi juga fungsi dan pengalaman keseluruhan para tamu atau pelanggan. 

  • Office interior design

Selanjutnya, bidang garapan seorang desainer interior juga mencakup penataan pada area kantor atau tempat kerja. Dalam praktiknya, mereka perlu merancang tempat kerja yang dapat mendukung peningkatan produktivitas, kesehatan, keselamatan, kesejahteraan, dan kinerja karyawan. Artinya, mereka tidak hanya perlu menciptakan ruang yang fungsional, tetapi juga merancang lingkungan yang bisa membuat orang senang untuk bekerja.

  • Kitchen interior design

Desainer interior yang mengkhususkan diri dalam bidang ini, bertanggung jawab untuk merencanakan tata letak, skema warna, bahan, dan fitur interior lainnya pada dapur. Mereka harus memiliki wawasan yang mendalam tentang penataan ruang dapur yang tidak hanya indah secara visual, tetapi juga memungkinkan fitur di dalamnya beroperasi secara optimal. 

Selain merancang dapur untuk properti perumahan atau komersial, kitchen designer umumnya juga membantu perencanaan desain untuk dapur industri, seperti yang terdapat di area restoran atau perusahaan produksi makanan.

Kamu juga dapat mencuri start karier impian sejak 2,5 tahun kuliah saja, baik berkarier di perusahaan top global maupun menjadi entrepreneur impian. Hal ini karena adanya dukungan program enrichment yang membantu mahasiswa memiliki pengalaman yang lebih holistik. Kamu bisa memilih satu dari tujuh track dalam program enrichment berikut untuk memperkaya keterampilan dan wawasan: community development, entrepreneurship, further study, internship, research, study abroad, dan specific independent study.

Demikian ulasan tentang tujuh bidang garapan seorang desainer interior. Bila tertarik untuk menekuni profesi tersebut, pilihlah program Interior Design yang sudah terbukti berkualitas seperti yang ada di BINUS UNIVERSITY @Malang. 

Kampus bertaraf internasional ini menyediakan konsentrasi keahlian dalam bidang desain interior yang berfokus pada smart living system. Dengan mengacu pada konsentrasi tersebut, lulusan program Desain Interior dari BINUS UNIVERSITY @Malang pun bisa memiliki kualifikasi yang diakui secara global.