Di era digital yang kian dinamis seperti sekarang, teknologi telah menjelma menjadi kekuatan penggerak utama dalam berbagai aspek kehidupan. Bagi kamu yang memiliki minat di bidang teknologi, memilih jurusan kuliah yang tepat menjadi langkah yang krusial untuk membuka gerbang menuju karier yang cemerlang dan penuh peluang.

Dalam hal ini, dunia teknologi menawarkan ragam pilihan jurusan yang menarik dan menantang, mulai dari Ilmu Komputer hingga Teknik Informatika. Setiap jurusan tentunya memiliki fokus dan prospek karier yang berbeda-beda. Sebab itu, penting bagi para peminat teknologi untuk menggali informasi secara mendalam sebelum menentukan pilihan.

8 Pilihan Jurusan untuk Peminat Teknologi, Mana Pilihanmu?

Pilihan Jurusan Kuliah Teknologi

Jika kamu termasuk salah satu peminat teknologi, berikut ini beberapa pilihan jurusan kuliah yang dapat menjadi pertimbangan:

1. Ilmu Komputer

Jurusan Ilmu Komputer memiliki banyak peminat setiap tahunnya. Bidang ilmu ini tak hanya mempelajari tentang komputerisasi, tetapi juga mencakup pengembangan dari perangkat lunak, teknologi kecerdasan buatan, dan analisis data. 

2. Game Application dan Technology

Jika kamu adalah penikmat gim, maka tak ada salahnya mencoba mendalami seluk-beluk gim dan teknologi dengan berkuliah di Jurusan Game Application dan Technology. Bidang studi ini secara spesifik akan mengenalkan sekaligus mempelajari tentang cara menerapkan gamifikasi di berbagai unsur guna menciptakan retention serta engagement dari para penggunanya. 

3. Keamanan Siber (Cyber Security)

Di zaman serba canggih seperti sekarang, menyimpan data menjadi hal yang sangat mudah dengan hadirnya perangkat gawai dan elektronik seperti laptop maupun komputer. Namun, bukan berarti kemudahan ini bebas dari ancaman tindak kriminal siber. 

Inilah sebabnya, perusahaan banyak memerlukan lulusan atau individu yang memiliki keahlian di bidang keamanan siber atau cyber security. Bidang ilmu satu ini mempelajari secara mendalam mengenai bagaimana kejahatan siber dilakukan dan cara tepat untuk memberikan perlindungan digital.

4. Data Science

Teknologi juga erat kaitannya dengan data sehingga jurusan Data Science juga bisa kamu pertimbangkan. Bidang ilmu ini mempelajari secara mendalam tentang data, mulai dari pengumpulan atau collecting, analisis, hingga interpretasi data. Selain itu, jurusan Data Science juga mempelajari lebih dalam mengenai statistik, matematika, teknik analisis data, dan bahasa pemrograman. 

5. Computer Science – Software Engineering

Bidang studi Software Engineering mempelajari tentang pengembangan perangkat lunak atau software dengan menggunakan metodologi yang sistematis. Selain itu, bidang studi ini juga menawarkan pembelajaran  yang menarik tentang konsep dasar, teknologi, sekaligus metodologi untuk mengembangkan perangkat lunak yang berkualitas tinggi di bidang industri, baik berbasis website, desktop, maupun mobile. 

6. Artificial Intelligence

Jurusan Artificial Intelligence (AI) juga menjadi pilihan menarik untuk peminat teknologi. Jurusan ini mempelajari berbagai bidang yang berkaitan dengan kecerdasan buatan. Selain belajar ilmu komputer, di jurusan ini kamu juga mempelajari tentang machine learning, algoritma, robotika, optimisasi, hingga logika kecerdasan buatan. 

Selain mata kuliah teknis, program studi AI mungkin juga menawarkan mata kuliah yang lebih fokus pada aplikasi dan dampak sosial dari AI, seperti etika AI yang membahas isu-isu etis yang terkait dengan pengembangan dan penggunaan AI serta kaitan antara bisnis dan AI, bagaimana AI dapat digunakan untuk memecahkan masalah bisnis dan meningkatkan efisiensi.

7. Computer Science & Statistics

Saat ini, semua jenis data dihasilkan ketika proses bisnis dilakukan atau ketika perusahaan saling beroperasi. Data dalam jumlah besar ini disebut Big Data dan dapat dianalisis menggunakan teknik penambangan proses dan data untuk memahami kinerja bisnis dan mengidentifikasi peluang baru. 

Kombinasi Statistika dan Ilmu Komputer ke dalam satu program dirancang untuk memaksimalkan kesempatan belajar menangani Big Data, teknik analisis, dan teknik simulasi untuk mengeksplorasi skenario bisnis baru. Gabungan ilmu ini juga mempelajari tentang kompleksitas manipulasi, analisis, dan penggunaan Big Data dalam bisnis. 

8. Computer Science & Mathematics 

Kamu pun bisa mempelajari gabungan antara Matematika dan Ilmu Komputer di BINUS School of Computer Science. Melalui gabungan dua ilmu ini, kamu akan memperoleh banyak ilmu tentang data yang dihasilkan oleh teknologi sekarang ini. 

Program studi ini memiliki relevansi praktis yang tinggi, karena wawasan dari data yang melimpah merupakan kegiatan ekonomi yang penting. Misalnya, teknik ilmu data dapat digunakan untuk memelihara model informasi lingkungan dinamis, berdasarkan hal-hal seperti data sensor waktu nyata.

Kamu bisa berkuliah di salah satu dari jurusan tadi jika memiliki minat tinggi di bidang teknologi, tidak terkecuali School of Computer Science BINUS University. Saat ini, jurusan-jurusan yang ada di School of Computer Science BINUS University berada di peringkat ke-2 dari 7 perguruan tinggi di Indonesia yang memiliki bidang ilmu ini, lho! Lokasi kampus untuk School of Computer Science program juga ada banyak pilihan, yaitu BINUS @Kemanggisan, BINUS @Alam Sutera, BINUS @Bekasi, BINUS @Bandung, BINUS @Semarang, dan BINUS @Malang.

Selain berkuliah di salah satu jurusan terbaik, Binusian juga bisa #mulailebihawal berkarier meski baru 2,5 tahun kuliah. Tentunya, ini menjadi langkah awal yang baik di tengah ketatnya persaingan di dunia kerja, termasuk beradaptasi di lingkungan kerja dengan lebih optimal. Hal ini bisa terjadi karena BINUS University memiliki Enrichment Program, sehingga kamu bisa menggapai karier lebih awal, sembari kuliah. Jadi, jangan ragu untuk bergabung menjadi Binusian di School of Computer Science program, ya!