Tak bisa dimungkiri, kehadiran AI membawa banyak manfaat yang memudahkan hidup manusia, tak terkecuali di bidang akuntansi. Dengan pemanfaatan AI, para akuntan bisa melaksanakan tugas-tugas mereka dengan lebih cepat dan akurat. 

Mulai dari analisis data hingga pembuatan laporan keuangan, kini tersedia AI tools untuk mengolah informasi keuangan yang kompleks. Mau tahu tools AI apa saja yang bisa kamu manfaatkan untuk memudahkan proses akuntansi? Berikut sembilan di antaranya.

Proses Akuntansi

1. ClickUp

Sebenarnya ClickUp adalah aplikasi manajemen proyek dan produktivitas untuk mengorganisir pekerjaan, proyek, dan kolaborasi secara efisien. Namun, selain fungsi dasar manajemen proyek, ClickUp juga menghadirkan ClickUp for Accounting untuk membantu proses akuntansi.

Tool berbasis AI ini bisa membantumu mengatur segala sesuatu terkait keuangan, mulai dari membuat laporan hingga mengelola catatan penjualan, pendapatan, dan faktur.

2. BILL

Dengan teknologi AI, aplikasi BILL mengotomatisasi tugas-tugas akuntansi, seperti pengolahan faktur dan pembayaran tagihan. BILL AI punya kemampuan mengekstrak informasi penting dari dokumen tagihan, seperti data vendor, tanggal jatuh tempo, jumlah, dan nomor faktur. 

Fitur ini membantu mengurangi pekerjaan manual. Satu lagi, BILL AI juga bisa mendeteksi tagihan ganda dan memecah tagihan yang panjang menjadi beberapa tagihan kecil.

3. VIC.AI

Platform ini punya fitur Autonomy AP yang menggunakan teknologi AI canggih untuk mengelola tagihan tanpa perlu template. VIC.AI punya kemampuan meninjau data tagihan dan memprediksi informasi penting seperti vendor, tanggal, jumlah, dan lainnya. 

Setelah itu, tagihan bisa diarahkan otomatis ke proses persetujuan atau langsung ke pembayaran sesuai kebutuhan. Jadi, VIC.AI bisa bekerja tanpa perlu banyak campur tangan manusia.

4. ZENI

Tool akuntansi berbasis AI berikutnya adalah Zeni. Tool ini menggunakan AI untuk mengotomatiskan proses akuntansi, pengeluaran, dan budgeting. Zeni juga bisa meng-update catatan keuangan harian dan melakukan pembukuan secara otomatis. 

Ditambah lagi, Zeni punya integrasi dengan lebih dari 9.000 alat keuangan sehingga memudahkan manajemen keuangan.

5. GRYDLEX

Grydlex adalah solusi bisnis lengkap yang menyatukan berbagai tools penting dalam satu platform. Dengan Gridlex Sky, software akuntansi dan ERP-nya, tugas-tugas yang menyangkut pencatatan akuntansi bisa diotomasi.

Selain itu, Grydlex menyediakan penghitungan otomatis untuk melihat berapa profit yang bisa diharapkan dari bisnismu. Bahkan, Grydlex juga terintegrasi dengan Gridlex Ray (HR) dan Gridlex Zip (CRM) untuk mengelola SDM dan customer relation dengan lebih efisien. 

6. DOCYT

Docyt hadir dengan kemampuan mengotomatisasi tugas-tugas back-office dan akuntansi. Dengan Docyt, kamu bisa mendapatkan laporan keuangan secara real-time. Terlebih lagi, Docyt dapat diintegrasikan dengan sebagian besar sistem Point of Sale (POS) dan Property Management System (PMS). 

Tak ketinggalan, tersedia versi aplikasi mobile Docyt sehingga kamu bisa mengakses informasi keuangan kapan pun dan di mana pun. 

7. BOOKE

Booke membantu otomatisasi tugas-tugas pembukuan sehingga pekerjaan akuntansi sehari-hari menjadi lebih mudah. Tool ini juga punya kemampuan untuk menemukan dan memperbaiki kesalahan dengan cepat melalui fitur deteksi kesalahan, lho.

Tak lupa, Booke juga bisa terintegrasi dengan alat-alat populer seperti QuickBooks dan Xero.

8. INDY

Program ini dirancang untuk memudahkan proses pembuatan proposal, penyusunan kontrak, pengiriman tagihan, dan yang tak kalah pentingnya, memastikan pembayaran lancar. 

Platform ini sangat bermanfaat khususnya untuk freelancer. Dengan Indy, freelancer tidak hanya bisa melacak waktu kerja, tetapi juga menyimpan file penting dan menjalankan bisnisnya melalui satu dasbor. Selain itu, Indy juga bisa diintegrasikan dengan aplikasi Zapier dan Google Calendar.

9. TRUEWIND

Kalau Indy cocok untuk freelancer, Truewind cocok untuk usaha kecil dan startup. Dengan Truewind, operasi back-office berjalan dengan lebih cepat dengan akurasi tinggi. Tool ini juga memudahkan kamu dalam membuat laporan bulanan yang akurat. Dengan proses akuntansi yang hemat waktu, kamu pun bisa lebih fokus pada pertumbuhan bisnismu. 

Itulah sejumlah tools AI yang bisa kamu gunakan untuk mempermudah proses akuntansi. Ya, AI memang menghadirkan tools yang meningkatkan efisiensi dan akurasi akuntansi. Meskipun begitu, perlu digarisbawahi bahwa AI bukanlah pengganti peran manusia, melainkan sebagai sarana yang membantu mengoptimalkan proses akuntansi.

Jika kamu tertarik menggabungkan keahlian akuntansi dengan teknologi, Accounting Technology Program di BINUS @Bekasi adalah pilihan yang tepat. Dengan kurikulum yang inovatif, BINUS @Bekasi akan mempersiapkan kamu membangun karier cemerlang di bidang akuntansi, mulai dari menjadi seorang Business Transformer hingga Digital Playmaker. 

Yuk, raih impian kariermu bersama BINUS @Bekasi!