Melansir artikel Harvard Business School, kreativitas mendorong kemampuan beradaptasi, sehingga memungkinkan bisnis untuk mengatasi tantangan tak terduga dengan pemikiran yang imajinatif. Itulah kenapa, bisnis kreatif (creative business) menjadi bidang yang akan selalu hidup dan berkembang di era gempuran industri dan teknologi. 

Bahkan, bisnis kreatif telah menjadi salah satu industri yang paling menggiurkan di era modern ini. Dari periklanan, desain, film hingga mode, industri ini terus berkembang dengan pesat. 

Buat kamu yang memiliki bakat artistik atau semangat kreatif, terjun ke dalam dunia bisnis kreatif bisa menjadi impian yang sangat menarik. Namun, seperti halnya dengan segala jenis bisnis, memulai karier di industri creative business memerlukan persiapan yang matang, antara lain: 

Creative Business

Pengetahuan dan Keterampilan

Pertama-tama, kamu harus memiliki pengetahuan dan keterampilan yang kuat di bidang kreatif yang diminati. Misalnya saja, desain grafis, penulisan, fotografi, seni rupa, atau bidang lainnya. Pastikan kamu tidak hanya paham teori tetapi juga menguasai penerapannya.

Karena itu, penting memilih jurusan yang tepat di kampus yang menawarkan kurikulum komprehensif. Tidak hanya mengajarkan teori yang diajarkan di kelas, tetapi juga memfasilitasi praktik langsung, bahkan memberikan kesempatan mentorship, internship, dan networking, seperti di BINUS @Alam Sutera.

Rencana Bisnis yang Jelas

Langkah berikutnya dalam mempersiapkan diri untuk terjun ke dalam dunia bisnis kreatif adalah membuat rencana yang solid. Rencana ini harus dimulai dari titik saat ini, dengan sumber daya yang kamu miliki. 

Jika kamu hanya modal Rp100juta misalnya, maka itu adalah titik awalmu. Bangun rencanamu langkah demi langkah berdasarkan asumsi yang logis. Rencana ini harus mencakup tujuan bisnis, target pasar, strategi pemasaran, dan proyeksi keuangan. 

Dengan rencana bisnis yang jelas, kamu akan lebih fokus dan terorganisir saat memulai bisnis. Rencana bisnis yang baik juga akan berguna untuk meyakinkan calon investor nantinya.

Keahlian Manajemen dan Keuangan

Selain keterampilan kreatif, kamu juga perlu memiliki pemahaman yang kuat tentang manajemen bisnis dan keuangan. Keahlian manajemen dan keuangan akan membantumu menjalankan bisnis secara efisien dan menghindari masalah keuangan.

Meski nantinya kamu akan dibantu oleh tim manajemen dan keuangan, kamu perlu punya pengetahuan dasar. Misalnya saja tentang perencanaan anggaran, pajak, peraturan bisnis, dan manajemen SDM.

Membangun Relasi dan Jaringan

Dalam bisnis kreatif, relasi dan jaringan sangatlah berharga. Karenanya, usahakan membangun koneksi dengan para pelaku creative business lainnya. Caranya, kamu harus aktif mengikuti event industry terkait, jejaring sosial, atau platform online seperti LinkedIn. 

Kuncinya adalah jangan takut untuk berbicara dengan orang lain tentang idemu. Tidak perlu merahasiakannya. Ceritakan kepada semua orang dan minta bantuan serta nasihat dari mereka. 

Feedback dari orang lain bisa memberimu wawasan baru untuk mengembangkan ide yang kamu miliki, bahkan merealisasikannya. Sementara itu, networking dapat membantumu mendapatkan klien, kolaborator, dan peluang bisnis lainnya. 

Kesiapan Menghadapi Tantangan

Industri bisnis kreatif bisa sangat kompetitif dan penuh dengan tantangan. Kamu mungkin akan menghadapi penolakan, tekanan deadline, atau perubahan tren yang cepat. 

Ketika menghadapi rintangan, carilah solusi yang jelas. Lakukan apa yang perlu dilakukan dan lakukan dengan baik. Kunci dalam menjalankan bisnis yang sukses adalah menjadi seorang problem solver yang tetap gigih dalam menghadapi tantangan.

Let Your Creativity Take the Lead

Di bisnis kreatif, kamu harus siap untuk beradaptasi dengan perubahan dan berpikir out of the box untuk menciptakan solusi. Dan solusi inovatif memerlukan percikan kreativitas untuk menghasilkan ide-ide baru. Jangan merasa bahwa karena ini bisnis, semuanya harus dijalankan dengan cara konvensional. Manfaatkan intuisi kreatifmu untuk membangun roadmap bisnis dan mengejar targetmu. 

Itulah sejumlah hal yang perlu dipersiapkan jika kelak kamu ingin terjun ke dalam bisnis kreatif kelas dunia. Sebagai langkah awal, kamu bisa mendalami bidang yang kamu minati dan menguasai keterampilan yang dibutuhkan untuk sukses di bidang ini. Salah satunya dengan kuliah di jalur yang tepat.

BINUS University @Alam Sutera menawarkan kurikulum yang didesain untuk mempersiapkan lulusannya terjun di creative business skala global. Program yang ditawarkan pun beragam, seperti Business Creation, International Business Management, Visual Communication Design, dan banyak lagi. 

Yang menarik dari kuliah di BINUS @Alam Sutera adalah tersedianya global opportunities bagi mahasiswa. BINUS menawarkan internationalization melalui banyak jalur, seperti double degree program, student exchange, internship abroad, international seminar, hingga short course abroad.