Pentingnya Creative Communication dan Cara Menyampaikan Pesan

Di era industri 4.0, memiliki keterampilan Creative Communication sangat diperlukan untuk membangun hubungan yang baik dengan rekan kerja. Keterampilan ini juga memudahkan kamu untuk bertindak sebagai komunikator yang baik bagi perusahaan. Alhasil, target kerja pun akan mudah tercapai. 

Di Indonesia sendiri, jurusan Creative Communication masih terbilang langka. Namun, kamu bisa menemukannya di BINUS @Bekasi. Tak perlu ragu, karena seluruh kampus BINUS UNIVERSITY dilengkapi dengan fasilitas terbaik yang akan membuat kamu nyaman selama kuliah berlangsung.

Mengapa Perlu Mempelajari Creative Communication?

Pada dasarnya, fokus utama mata kuliah di jurusan Creative Communication berkaitan erat dengan pembuatan konten. Konten yang dimaksud berupa artikel, video, audio, maupun gabungan ketiganya yang dibutuhkan untuk memperkuat image perusahaan atau merek bisnis.

Lulusan Creative Communication BINUS @Bekasi diharapkan mampu mengolah kata-kata menjadi kalimat yang menarik dan informatif, menyusun dan mengatur rencana konten untuk media sosial, mengembangkan strategi komunikasi untuk memasarkan produk, kreatif dalam proses pembuatan iklan, dan berpikir unik untuk menyelesaikan suatu proyek.

Mempelajari Creative Communication bukan hanya membuka peluang kerja dengan gaji yang terbilang besar, melainkan juga mendorong kamu untuk lebih kreatif, kritis, berpikir cepat, dan jeli melihat peluang. Tentunya, keterampilan ini akan sangat berguna untuk mewujudkan impian dan target yang kamu inginkan di masa depan. 

Supaya lebih jelas, berikut sederet alasan mengapa Creative Communication sangat penting bagi perusahaan maupun bisnis.

  • Konten Lebih Relatable

Creative Communication memudahkan kamu membuat konten yang relatable dengan kondisi banyak orang. Konten ini memberikan gambaran yang terjadi secara umum sekaligus memberikan solusi untuk mengatasinya. Tak heran apabila orang-orang tertarik untuk mencari tahu lebih lanjut mengenai merek atau bisnismu.

  • Gaya Unik

Dunia pemasaran sangat kompetitif. Untuk bersaing secara sehat dengan kompetitor lain dibutuhkan gaya yang unik sehingga kamu tampak lebih menonjol. Cara paling mudah untuk dilakukan adalah dengan mengasah daya kreativitas. Makin tinggi kreativitasmu, pemikiranmu akan makin terbuka dan mampu menciptakan sesuatu yang unik.

  • Lebih Menonjol

Kemampuan Creative Communication yang digunakan untuk kepentingan bisnis membuat suatu merek atau perusahaan tampak lebih menonjol. Dampaknya, audiens akan lebih mudah mengenali merek. Dari kesadaran merek inilah, secara perlahan audiens akan tertarik untuk mencoba produk atau layanan yang ditawarkan.

  • Citra Perusahaan Makin Kuat

Pemasaran merupakan representasi bisnis. Keunikan dan kreativitas yang kamu miliki dalam membuat konten sangat membantu perusahaan membangun citra positif di mata khalayak.

  • Jangkauan Bisnis Makin Luas

Creative Communication sangat berguna untuk memperluas jangkauan bisnis. Makin terasah keterampilanmu, makin terbuka peluang bisnis menjanjikan di depan mata.\

Mempelajari Cara Menyampaikan Pesan di Lingkungan Kerja

Tak dapat dimungkiri bahwa komunikasi adalah cara menyampaikan sebuah pesan pada orang lain. Selain audiens, kamu juga harus bisa menjalin komunikasi yang baik dengan rekan kerja dan tim untuk menyelesaikan proyek bersama. Makin solid kerja sama tim, penyelesaian pekerjaan akan lebih cepat. 

Creative Communication di lingkungan kerja dapat dilakukan dengan cara sederhana berikut ini.

  • Kumpulkan semua orang yang menjadi bagian tim kerja.
  • Buka percakapan dengan kalimat sederhana yang mudah dimengerti dan jelas.
  • Gunakan alat bantu visual untuk memudahkan tim mengingat materi atau informasi yang kamu sampaikan. Bisa juga dengan memberikan contoh.
  • Untuk mencairkan suasana, kamu bisa memberi sedikit selingan humor. Otak yang terlalu tegang kadang kala membuat ide-ide cemerlang sulit disampaikan.
  • Beri kesempatan untuk bertanya atau mengajukan pertanyaan.  

Berbekal komunikasi yang tepat di tempat kerja, kamu akan merasakan lingkungan yang lebih produktif, sehat, dan bernuansa positif. Kalau kamu berminat mempelajari Creative Communication di bangku kuliah, segera daftarkan dirimu sebagai BINUSIAN. Dijamin kamu akan mendapatkan banyak ilmu dan pengalaman seru di BINUS @Bekasi!