Artificial Intelligence (AI) menjadi teknologi revolusioner yang memberikan perubahan besar dalam berbagai sektor industri. Pemanfaatannya membuat pekerjaan jadi lebih praktis, cepat, dan efisien. Oleh karena itu, tak heran kalau perusahaan dari berbagai sektor industri berlomba-lomba untuk memanfaatkan AI.

Upaya pemanfaatan teknologi AI dalam sektor industri dapat disesuaikan dengan tingkat kebutuhan masing-masing. Untuk memperoleh gambaran terkait pemanfaatan tersebut, berikut ini adalah contoh penggunaan teknologi AI yang bisa kamu temukan dalam berbagai industri. 

Pemanfaatan Teknologi Artificial Intelligence untuk Industri, Penting Lho!

1. Layanan Customer Service yang Cerdas

Penggunaan teknologi AI yang saat ini begitu masif adalah sebagai chatbot dan virtual assistant yang berperan layaknya customer service. Teknologi AI memungkinkan chatbot serta virtual assistant dalam memberikan dukungan secara cepat serta pelayanan yang bersifat personal. 

Teknologi AI yang biasa digunakan untuk sektor ini adalah Natural Language Processing atau NLP. Pemakaiannya memungkinkan chatbot untuk bisa memahami setiap permintaan dari pelanggan dan selanjutnya menyediakan informasi yang relevan. Hasilnya, tingkat kepuasan pelanggan mengalami peningkatan.

2. Automasi serta Proses Manufaktur yang Cerdas

Penggunaan teknologi AI juga dapat memberikan manfaat dalam industri manufaktur. AI memberikan revolusi berkat adanya sistem automasi cerdas yang di dalamnya melibatkan keberadaan teknologi robotik, machine vision, serta predictive maintenance. Perpaduan ketiga teknologi tersebut membuat proses produksi jadi efektif dan efisien. 

Pelaku industri bisa memperoleh manfaat berupa efisiensi biaya yang cukup besar dan sekaligus jadi lebih produktif. Di waktu yang sama, algoritma berbasis AI juga dapat membantu dalam mengoptimalkan supply chain, demand forecasting, serta manajemen inventory.

3. Teknologi Transportasi yang Revolusioner

AI juga menghadirkan revolusi dalam industri transportasi dunia. Keberadaan AI memungkinkan terciptanya mobil self-driving yang canggih dan mampu memberi kenyamanan tinggi. Di dalamnya terdapat dukungan algoritma AI dengan teknologi sensor yang dapat mengurangi risiko kecelakaan, meningkatkan efisiensi bahan bakar, dan sekaligus mengoptimalkan lalu lintas. 

Dalam penerapan yang lebih luas, AI juga berperan dalam perancangan traffic management system yang lebih canggih. Keberadaan AI dapat membantu proses analisis data dari berbagai sumber secara real time. Selanjutnya, hal tersebut dapat memberikan kontribusi dalam menciptakan lingkungan yang lebih sehat, bersih, dan minim polusi.

4. Fraud Detection

Pemanfaatan AI juga memiliki kontribusi besar dalam industri finansial. Tak hanya berperan dalam meningkatkan customer experience, tetapi juga memberi kontribusi tinggi berkaitan dengan aspek keamanan. Algoritma AI bisa dimanfaatkan dalam melakukan analisis data finansial dan mendeteksi fraud serta transaksi mencurigakan secara real time

5. Strategi Personalized Marketing

Aktivitas pemasaran menjadi kebutuhan bagi setiap pelaku industri. Menariknya, AI bisa sangat membantu para pelaku industri untuk bisa membangun strategi pemasaran yang personal dengan memanfaatkan data dari para pelanggan. Strategi ini sangat cocok dalam implementasi pemasaran yang tertarget. 

Terdapat teknologi machine learning yang mempunyai kemampuan dalam memprediksi tingkah laku serta pola pengambilan keputusan para pelanggan. Dari situ, AI bisa membantu para pelaku usaha untuk membangun iklan maupun sistem yang menyarankan produk sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

Itulah sebagian contoh kecil yang berkaitan dengan pemanfaatan teknologi AI dalam sektor industri. Dalam praktiknya, manfaat teknologi Artificial Intelligence bisa sangat besar dan berdampak positif bagi para pelaku industri. Dalam aspek ini, jurusan Artificial Intelligence di BINUS UNIVERSITY mempunyai peran yang begitu sentral khususnya pada pemanfaatan AI dalam industri. 

Kuliah  jurusan Artificial Intelligence di BINUS UNIVERSITY memungkinkan kamu untuk belajar tentang AI secara menyeluruh. Kamu pun bisa menggunakan bekal kemampuan berkaitan dengan AI sebagai modal untuk mencari pekerjaan impian. Menariknya lagi, kamu bisa berkarier lebih cepat saat berkuliah di BINUS UNIVERSITY. 

#MulaiLebihAwal Gapai Karier di BINUS University. Cukup menjalani perkuliahan 2,5 tahun, kamu sudah bisa menentukan pilihan kariermu melalui enrichment program. Menarik, kan? Makanya, pilih kuliah di BINUS UNIVERSITY, yuk dan dapatkan beasiswanya!