Sektor pendidikan harus beradaptasi dengan pesatnya revolusi digital untuk memenuhi tuntutan zaman. Inovasi dalam pendidikan pun menjadi kunci untuk menghasilkan lulusan yang siap menghadapi tantangan dunia kerja yang semakin kompleks. Salah satu contohnya adalah inovasi pendidikan di creative technology campus.

Apa itu creative technology campus dan apa saja inovasi yang diterapkan? Simak selengkapnya berikut ini!

Apa Itu Creative Technology Campus?

Menggabungkan Kreativitas dan Teknologi lewat Creative Technology Campus

Sesuai namanya, creative technology adalah ketika teknologi dan kreativitas bertemu untuk menciptakan solusi. Dalam teknologi kreatif, berbagai disiplin ilmu seperti desain, teknik, dan seni, berpadu dengan teknologi informasi sehingga memungkinkan mahasiswa untuk mendapatkan pemahaman yang lebih luas dan mengembangkan solusi yang holistik. 

Nah, creative technology campus adalah kampus yang mendukung dan memfasilitasi mahasiswa dalam proses pengembangan keterampilan dan pengetahuan di bidang teknologi dan kreativitas ini. Kampus teknologi kreatif mendorong siswa untuk berpikir out of the box, menghasilkan ide-ide baru, dan menerapkannya dalam praktik.

Tentu saja, kurikulum creative technology campus tidak hanya menyediakan pelatihan teknis, tetapi juga mendorong eksplorasi kreatif dan inovasi. Bagaimanapun, kreativitas tetap menjadi elemen kunci dalam menghadapi perubahan di era revolusi digital yang mengubah banyak aspek kehidupan kita, termasuk dunia kerja. 

Ketika pekerjaan tradisional digantikan oleh otomatisasi dan kecerdasan buatan, manusia tetap harus memiliki keterampilan yang relevan dengan teknologi terkini. Karenanya, salah satu target creative technology campus adalah menciptakan SDM unggul yang siap terjun ke dunia kerja dan memiliki daya saing tinggi.

Inovasi Pendidikan di Kampus Teknologi Kreatif

Teknologi Kreatif

Berikut beberapa inovasi pendidikan di creative technology campus yang membedakannya dengan kampus lain:

Pembelajaran Berbasis Proyek

Salah satu ciri khas kampus teknologi kreatif adalah pendekatan pembelajaran berbasis proyek. Dalam proses pembelajaran, mahasiswa diberikan proyek-proyek nyata yang menuntut mereka untuk mengaplikasikan pengetahuan teknis dan kreatif dalam situasi yang mirip dengan dunia kerja.

Penggunaan Teknologi Terkini

Kampus teknologi kreatif selalu memperbarui fasilitasnya dengan teknologi terkini. Termasuk perangkat keras dan perangkat lunak terbaru yang relevan dengan bidang-bidang seperti game development, desain grafis, animasi, dan lainnya.

Mentorship dengan Para Profesional

Inovasi lain oleh creative technology campus yaitu memberikan bimbingan atau mentorship dari para profesional yang telah berpengalaman dalam industri teknologi kreatif. Melalui mentorship ini, mahasiswa lebih terbantu untuk memahami ilmu dan penerapannya di dunia nyata. Bahkan, mereka berkesempatan untuk membangun networking yang kuat dengan para pakar dan praktisi.

Kerja Sama dengan Industri

Tidak hanya memfasilitasi mentorship dengan pakar, creative technology campus juga berinovasi dengan menjalin kemitraan dengan perusahaan-perusahaan teknologi dan kreatif. Melalui program kemitraan ini, mahasiswa berkesempatan untuk mendapatkan pengalaman praktis dan mendekatkan mereka dengan peluang karier yang sesungguhnya. 

Pengalaman Belajar di Luar Kampus

Creative technology campus juga biasanya memberikan pengalaman belajar di luar kampus sehingga mahasiswa berkesempatan mendapatkan pengalaman lebih luas. Kesempatan magang dan kunjungan lapangan adalah program yang paling umum dilakukan. Bahkan, kampus seperti BINUS @Bandung menawarkan program (2+1)+1.

Apa itu Program (2+1)+1? Di program ini, mahasiswa akan menghabiskan 2 tahun kuliah di kampus asal, dilanjutkan dengan 1 tahun kuliah di kampus BINUS yang ada di kota lain, dan 1 tahun terakhir diisi dengan enrichment program. Nah, di enrichment program itu sendiri, mahasiswa diberi pilihan untuk mengambil salah satu dari sekian pilihan trek, seperti internship, research, community development, entrepreneurship, study abroad, Spesific Independent Study dan Further Study.

Dengan Program (2+1)+1, mahasiswa tidak hanya mendapatkan pengalaman belajar di berbagai kampus tetapi juga di lingkungan profesional di luar kampus. Melalui program ini, BINUS @Bandung berharap menciptakan mahasiswa yang memiliki keterampilan teknis dan soft skill yang seimbang, sehingga siap bersaing di tingkat global. 

Ini selaras dengan komitmen BINUS @Bandung untuk membangun ekosistem teknologi kreatif dan kewirausahaan yang mendukung para pelaku industri kreatif muda dalam era digital, seperti yang sampaikan oleh Campus Director BINUS @Bandung, Dr. Johan Muliadi Kerta, S.Kom., M.M atau yang akrab disapa Pak Johan.

“Sukses di era abad ke-21 memerlukan 21st century skills, termasuk kemampuan dalam memecahkan masalah kompleks, berpikir kritis, kreativitas, dan kemampuan mengelola modal insani” Ungkap Pak Johan.

Jadi, buat kamu yang tertarik untuk mendalami creative technology, BINUS @Bandung jadi pilihan tepat. Sebagai salah satu perguruan tinggi terbaik di Indonesia berdasarkan QS World University Rankings 2023, BINUS @Bandung menawarkan 4 program studi di sektor industri kreatif berbasis teknologi, yaitu creativepreneur, informatics, interior design, dan visual communication design.