Memilih program studi di bangku kuliah harus cermat. Salah pilih jurusan bisa membuat kamu kesulitan dalam mencari kerja saat lulus. Apalagi, saat ini ada banyak program studi baru yang dulu tidak pernah ada. Salah satunya adalah kuliah jurusan artificial intelligence (AI) seperti yang ada di BINUS UNIVERSITY. 

Artificial Intelligence merupakan salah satu program studi terbaru di BINUS UNIVERSITY. Keberadaannya menjadi bagian dari inovasi BINUS UNIVERSITY dalam mewujudkan kualitas pendidikan berkelas dunia dan sekaligus memenuhi kebutuhan di dunia kerja. Lulusan program studi AI mempunyai peluang kerja yang cukup luas. 

Sebagai gambaran, ada beberapa prospek kerja menarik yang bisa dimanfaatkan oleh para lulusan jurusan AI, yaitu: 

Artificial Intelligence

1. AI Engineer

Prospek kerja yang pertama adalah menjadi seorang AI engineer. Seorang AI engineer merupakan tenaga profesional yang memanfaatkan teknologi AI dan machine learning untuk pengembangan aplikasi dan sistem IT. Aplikasi dan sistem tersebut dirancang dengan memanfaatkan AI untuk menyelesaikan problem dalam dunia nyata. 

Pemanfaatan AI dalam proses pengembangan aplikasi dan sistem yang dilakukan oleh AI engineer memberikan banyak manfaat bagi perusahaan. Keberadaan AI engineer bisa memangkas biaya pengembangan tools dan sekaligus meningkatkan produktivitas maupun profit. 

2. Data Analyst

Alumni jurusan Artificial Intelligence juga mempunyai peluang kerja menjadi seorang data analyst. Tugas dan tanggung jawab seorang data analyst adalah menata dan sekaligus mengubah data menjadi sebuah informasi yang berharga dan bisa dimanfaatkan. Tanggung jawab tersebut meliputi proses pengujian, pengumpulan data, pengawasan data, serta pelaporan. 

Sebagai seorang lulusan AI, kamu mempunyai peluang kerja tinggi sebagai data analyst. Apalagi, kamu bisa melakukan pemanfaatan AI untuk meningkatkan efisiensi dan pekerjaan lewat proses automasi. 

3. Robotic Engineer

Peluang kerja yang tidak kalah menariknya adalah sebagai robotic engineer. Dalam praktiknya, robotic engineer memerlukan teknologi AI dan machine learning dengan tujuan untuk meningkatkan performa sistem robot. Oleh karena itu, alumni jurusan AI bisa mengambil bagian yang sangat besar dalam profesi robotic engineer. 

Sebagai robotic engineer, kamu akan bertanggung jawab dalam merancang software yang kemudian terhubung dengan input dari sensor. Dengan tugas seperti itu, kamu perlu melengkapi diri dengan keahlian berkaitan dengan hardware untuk bisa menjadi seorang robotic engineer yang andal.

4. Business Intelligence Developer

Berikutnya, kamu bisa memanfaatkan peluang kerja sebagai business intelligence developer. Tugas utamanya adalah merancang program yang secara khusus ditujukan untuk aktivitas business intelligence. Tugas tersebut mencakup berbagai hal, termasuk di antaranya adalah merancang dan menguji tool query, data model, serta data visual. 

Business intelligence developer memiliki peran penting dalam melakukan pemanfaatan data secara optimal. Ketika berada di posisi ini, kamu bertanggung jawab untuk melakukan pengambilan data dari database dan menampilkannya dengan format yang menarik untuk disampaikan pada end user. 

5. AI Product Manager

Prospek kerja yang tidak kalah menarik dari lulusan AI adalah menjadi seorang AI product manager. Tugas dan tanggung jawabnya tak jauh berbeda dengan product manager. Kamu bakal memiliki tugas berkaitan dengan pengembangan serta peluncuran produk. Hanya saja, produk yang dibuat berbasiskan AI. 

Untuk menjadi seorang AI product manager, kamu harus memiliki pemahaman yang cukup mendalam terkait proses pengembangan aplikasi berbasis AI. Termasuk di antaranya adalah hardware, bahasa pemrograman, data set, serta algoritma. Dengan begitu, kamu mempunyai kemampuan yang mencukupi untuk bisa membantu kinerja tim. 

Nah, itulah sebagian kecil peluang kerja yang bisa kamu dapatkan kalau berkuliah di jurusan Artificial Intelligence BINUS UNIVERSITY. Selain memiliki peluang kerja yang menarik, kuliah di BINUS UNIVERSITY juga memberikan keuntungan lain, yakni peluang untuk #MulaiLebihAwal dan lulus cepat hanya dalam jangka 2,5 tahun. 

BINUS UNIVERSITY menyediakan program 2,5 tahun kuliah, langsung gapai karier bagi setiap mahasiswa. Program ini memberikan kesempatan bagi kamu untuk bisa lebih cepat terjun ke dunia kerja dan memperoleh karier impian melalui enrichment program. Menarik, kan? Makanya, segera daftar kuliah ke BINUS UNIVERSITY dan dapatkan beasiswa up to 100%!