Digital Business Innovation merupakan salah satu jurusan kuliah di BINUS @Malang yang mempersiapkan BINUSIAN untuk mendalami pengetahuan tentang bisnis sekaligus keterampilan menggunakan teknologi dengan tujuan mengembangkan bisnis berbasis digital. Di dunia bisnis, kehadiran digital business innovation telah memudahkan pebisnis melakukan penyederhanaan proses serta meningkatkan efisiensi kinerja.

Hal tersebut memungkinkan perusahaan tetap unggul di dalam persaingan sembari terus memanfaatkan teknologi terkini untuk mengoptimalkan kegiatan operasional, mendorong produktivitas, dan pengalaman pelanggan. Sudah menjadi kebutuhan perusahaan untuk melakukan peningkatan teknologi yang berdampak positif bagi kemajuan bisnis.

Sekilas Tentang Digital Business Innovation

Digital Business Innovation

Tak dapat dimungkiri bahwa peningkatan teknologi secara tidak langsung mendorong terjadinya transformasi dan inovasi digital. Mau tidak mau, perusahaan harus fokus untuk melakukan inovasi digital sehingga mampu mengikuti tren terkini dan memberikan pengalaman unik ke pelanggan.

Kemajuan teknologi digital memungkinkan perusahaan maupun pebisnis memahami kebiasaan pelanggan. Hal ini memudahkan kamu melakukan penyesuaian sehingga memungkinkan berbagai jenis konsumen merasakan kepuasan atas layanan yang diberikan. 

Tren Terkini dan Contoh Sukses Digital Business Innovation

Digital Business Innovation

Cukup banyak contoh sukses digital business innovation perusahaan dunia yang menjadi motivasi bagi perusahaan lain untuk mencapai kesuksesan yang sama. Adapun contoh sukses tersebut, di antaranya sebagai berikut.

  • Domino’s

Perusahaan harus selalu mengikuti perkembangan teknologi terkini. Domino’s adalah contoh nyata inovasi digital yang sukses dan menjadi terdepan dalam teknologi sehingga membuat bisnis bisa diakses kapan saja. Domino’s membuat website di tahun 90-an ketika internet masih jarang dan sedang dalam pertumbuhan. 

Lambat laun, website Domino’s bertumbuh dan mulai berinovasi. Di tahun 2010, Domino’s sudah mampu menyediakan website yang bisa menambahkan pesanan pizza online tanpa klik dan menjadikan hal ini sebagai model bisnisnya. Sebagai perusahaan yang memiliki komitmen kuat akan inovasi digital, Domino’s hingga kini dikenal sebagai perusahaan pelopor inovasi digital untuk bisnis. 

  • Disney 

Disney adalah contoh bagaimana bisnis tetap bisa relevan dengan perubahan pasar sekalipun telah mengadopsi teknologi terkini. Ketika streaming video mulai populer, Disney menghapus seluruh konten miliknya dari layanan streaming lain dan beralih ke aplikasi Disney+. Disney berhasil menghasilkan jutaan dolar dari pembelian akses video oleh pengguna di berbagai perangkat. 

  • Walmart 

Walmart menerapkan inovasi digital dengan tujuan meningkatkan layanan sehingga dapat bersaing dengan situs e-commerce terbesar dunia, Amazon. Aplikasi Walmart menggabungkan e-niaga dengan ritel tradisional yang memungkinkan pengguna menghitung biaya belanjaan sebelum mereka pergi ke toko. 

Walmart juga telah memanfaatkan robot untuk mengerjakan pekerjaan berat dan melelahkan, seperti menyapu lantai, menentukan stok, dan menurunkan kotak paket dari truk pengiriman. 

  • IKEA 

Dari katalog online dan perencana rumah hingga desain produk digital dan stan pameran VR, IKEA telah berkali-kali meraih penghargaan atas inisiatif transformasi digital bisnis. IKEA tak hanya menyediakan katalog online dan desain produk digital, melainkan juga menawarkan produk pintar berteknologi tinggi sebagai respons terhadap Internet of Things.  

Tren Terkini yang Mendukung Kemajuan Digital Business Innovation 

Digital Business Innovation

Makin berkembangnya teknologi, segala hal yang akan dikerjakan manusia menjadi lebih sederhana dan mudah. Beberapa tren teknologi terkini yang dinilai membantu kemajuan Digital Business Innovation, antara lain:

  • Metaverse

Cukup banyak ahli teknologi yang percaya bahwa metaverse akan menjadi besar di masa depan. Maklum saja, metaverse menggabungkan realitas virtual dengan Augmented Reality (AR) dan 3D. 

  • Artificial Intelligence dan Machine Learning

Kendati di masa kini AI dan Machine Learning telah banyak digunakan untuk inovasi di berbagai bidang, di masa mendatang keduanya akan tumbuh lebih pesat. AI akan membantu menjembatani kesenjangan ketangkasan digital. 

  • Cloud Technology dan Automation

Teknologi Cloud memberikan akses pengguna selama 24 jam selama 7 hari penuh. AI yang dikombinasikan dengan teknologi Cloud dan otomasi akan sangat membantu orang-orang menyelesaikan tugasnya.

  • Chatbots

Chatbots makin digemari karena memudahkan komunikasi dengan pelanggan tanpa harus berjaga sepanjang waktu. Chatbots akan membantu menangani pertanyaan umum yang diajukan oleh pelanggan. 

Demikianlah sekilas informasi mengenai Digital Business Innovation yang bisa kamu jadikan sebagai wawasan baru. Kalau kamu ingin mendalaminya, bergabunglah dengan BINUSIAN lain di jurusan Digital Business Innovation BINUS @Malang. Bersama BINUS @Malang, wujudkan impianmu di masa depan!