Hotel Management BINUS UNIVERSITY menjadi tuan rumah di seminar “Sustainable Practices in Hotel Industry” pada 18 April 2024. Seminar ini diadakan dengan tujuan untuk mendalami berbagai praktik yang dapat diterapkan di dunia perhotelan untuk meminimalkan dampak negatif terhadap lingkungan. Seminar ini juga merupakan rangkaian kegiatan dari Hibah Vokasi yang diterima Hotel Management BINUS UNIVERSITY.

Meski industri pariwisata berkembang pesat, peningkatan ini juga membawa tantangan baru terhadap keberlanjutan lingkungan. Seminar ini pun secara tidak langsung juga menjadi forum untuk berbagi ide dan pengalaman, bagaimana cara mengintegrasikan praktik-praktik ramah lingkungan ke dunia perhotelan dengan fokus pada aspek-aspek seperti pengelolaan limbah, efisiensi energi, konservasi air, hingga promosi budaya lokal.

Para pembicara dari segmen industri pun turut hadir untuk berbagi pengetahuan, seperti:

Junhyeok Choi, FB Director Mandarin Oriental Jakarta:  memberikan wawasan tentang hotel Mandarin Oriental Jakarta yang sudah mengimplementasikan penggunaan bahan non plastik dan ramah lingkungan. Seperti penggunaan botol kaca yang disediakan untuk tamu di kamar, hingga kemasan shampoo dan sabun dalam bentuk besar.

Yogie Ramadhan, Safe and Sound Assistant Manager Mandarin Oriental Hotel Jakarta: memberikan wawasan penghematan energi Listrik di Hotel Mandarin Oriental Jakarta, serta solusi pengelolaan limbah elektronik melalui kerjasama dengan beberapa vendor. Contohnya limbah elektronik seperti baterai.

M. Ikbal Alexander, Waste Management Director Kertabumi Recycling Center: memberikan wawasan dimana limbah industri khususnya perhotelan bisa di olah menjadi berbagai macam produk.  Sampah organik yang dihasilkan industri pun bisa dibuat pupuk atau pakan ternak seperti lele dan ayam. Untuk sampah plastik sendiri dapat diolah menjadi berbagai macam produk, seperti furnitur, dompet, sandal, dan lain sebagainya.

Selain sesi presentasi, ada diskusi panel juga yang melibatkan peserta untuk bertukar pikiran dan mencari solusi bersama. Pameran produk-produk dan layanan-layanan yang mendukung praktik-praktik berkelanjutan di dunia hotel juga turut melengkapi acara ini.