Tinggal jauh dari ibu kota, bahkan di daerah terpencil sekalipun, tak lagi jadi penghalang untuk melanjutkan pendidikan. Kini pemerintah memberikan beasiswa pada anak bangsa yang mengalami kesulitan untuk melanjutkan studi akibat terkendala kondisi geografis.

Marchelin Putri Kijne Wally adalah salah satu penerimanya. Putri asli Papua ini berhasil menempuh pendidikan tinggi di BINUS UNIVERSITY dengan beasiswa Afirmasi Pendidikan (ADIK) Papua.

Program beasiswa ini sudah digulirkan sejak 2012 silam, dan hingga saat ini masih membantu banyak anak muda di daerah 3T (Tertinggal, Terdepan, dan Terluar). 

Beasiswa ADIK memberi kesempatan bagi putra-putri daerah untuk mengenyam pendidikan di berbagai kampus dalam negeri, salah satunya BINUS UNIVERSITY.

Pilih BINUS UNIVERSITY karena yang Terbaik

Bagi Marchelin, kesempatan untuk kuliah merupakan sebuah anugerah. Sebelumnya, ia mengaku telah melalui banyak tantangan demi bisa melanjutkan pendidikan.

“Namun, puji Tuhan dengan adanya beasiswa ADIK Papua, saya akhirnya dapat menjalani perkuliahan,” ujarnya.

Marchelin memutuskan memilih BINUS UNIVERSITY untuk melanjutkan studi sebab berbagai keunggulan yang ditawarkan. Mulai dari akreditasi, kualitas, serta fasilitas yang baik.

“Saya memilih untuk berkuliah di BINUS UNIVERSITY karena memiliki akreditas, kualitas, dan fasilitas yang baik, sehingga dapat membantu saya dalam mewujudkan pendidikan yang baik,” tuturnya.

Internship di Dua Perusahaan Terkemuka

Kini, sulung dari tiga bersaudara tersebut baru saja mengikuti prosesi wisuda ke-68 BINUS UNIVERSITY. Ia berhasil lulus dari jurusan Management dengan berbagai capaian. Salah satunya ialah pengalaman magang di dua perusahaan terkemuka di Indonesia.

“Saya dapat mengikuti program internship di tempat impian saya, yaitu di PT Freeport Indonesia dan PT Bank Rakyat Indonesia, dengan banyak pengalaman yang saya dapatkan,” ungkap Marchelin.

Kesempatan magang di dua perusahaan berbeda merupakan salah satu program unggulan BINUS UNIVERSITY untuk para mahasiswanya. 

Kegiatan tersebut bagian dari Program (2+1)+1, yaitu 2 tahun kuliah di kampus BINUS UNIVERSITY asal, 1 tahun kuliah di kampus BINUS kota lain, serta 1 tahun enrichment.

Nah, program enrichment yang berlangsung setahun ini bisa dimanfaatkan oleh mahasiswa untuk magang di dua tempat sekaligus secara bergantian. 

Hal ini tentunya memberi pengalaman berharga dalam rangka mempersiapkan lulusan yang mampu bersaing di perusahaan global maupun memulai bisnis sendiri.

Tak Sia-Siakan Kesempatan

Bagi Marchelin, kuliah di BINUS UNIVERSITY merupakan kesempatan untuk menjaring ilmu sebanyak-banyaknya agar dapat membantu anak-anak di daerah mencapai pendidikan setinggi mungkin. 

Oleh sebab itu, ia tak pernah menyia-nyiakan kesempatan tersebut, sekalipun harus menghadapi berbagai kesulitan. Salah satunya saat kedua orang tua Marchelin dipanggil oleh Yang Maha Esa, di masa dirinya menjalani kehidupan sebagai mahasiswa.

“Di saat saya sedang menjalani perkuliahan, kedua orang tua saya dipanggil terlebih dahulu ke surga. Hal ini membuat saya cukup sedih, karena mereka tidak dapat melihat saya saat berhasil mencapai kesuksesan menjalani perkuliahan,” kisah Marchelin.

Namun demikian, kehidupan tetap harus berlanjut. Marchelin tak ingin berlama-lama terpuruk dan larut dalam kesedihan. Apalagi, ia memiliki dua adik yang kini menjadi tanggung jawabnya.

“Dengan adanya semangat dari diri sendiri, serta dukungan dari keluarga dan teman-teman, membuat saya menjadi pribadi yang lebih tangguh dari sebelumnya, untuk mencapai harapan dan cita-cita,” kata Marchelin.

Sukses Raih Gelar Sarjana

Dari situ, ia semangat melanjutkan pendidikan hingga akhirnya sukses meraih gelar sarjana. Marchelin sangat bersyukur, karena di balik kesedihan yang menimpa dirinya, ada berbagai hal luar biasa pula yang didapatkannya.

“Saya senang dengan adanya bantuan bapak/ibu dosen, teman-teman, dan fasilitas yang ada, sehingga dapat membangkitkan semangat saya kembali,” jelas Marchelin.

Selain itu, ia juga berterima kasih kepada kedua adiknya. Mereka adalah alasan bagi Marchelin untuk segera menyelesaikan perkuliahan selepas kepergian kedua orang tua untuk selama-lamanya.

“Menuntaskan pendidikan tinggi adalah teladan paling baik yang bisa saya berikan sebagai seorang kakak untuk adik-adik saya,” kata Marchelin. “Untuk kedua orang tua saya, terima kasih atas perjuangan dan dukungannya,” imbuhnya.

Marchelin merupakan salah satu bukti nyata bahwa kesempatan kuliah terbuka untuk siapa saja. Melalui perjuangan yang tak kenal lelah dan pantang menyerah, impian pasti bisa diwujudkan. Bersama BINUS UNIVERSITY, semua pasti menemukan solusi.