Salah satu pertanyaan yang kerap muncul pada calon mahasiswa saat memilih jurusan kuliah adalah prospek kerja. Nantinya, bagaimana peluang berkarier untuk jurusan yang dipilih? Bukan tanpa alasan, jurusan saat perguruan tinggi juga memainkan peran yang cukup krusial untuk bisa bersaing di dunia kerja. Makin luas prospek kariernya, tentu akan makin tinggi pula kesempatan untuk lebih cepat mendapat pekerjaan impian. 

Salah satu jurusan kuliah yang beberapa waktu terakhir sedang tinggi peminat adalah Sistem Informasi atau Information System. Sebab, di era modern yang serba canggih saat ini, sistem informasi memegang peranan sentral dalam operasional bisnis modern. Lebih mudahnya, sistem informasi menawarkan solusi yang dapat memudahkan aktivitas dan proses bisnis. 

Alasan Memilih Kuliah Information Systems

Jurusan Information Systems

Program studi Sistem Informasi memiliki keunikan karena mengintegrasikan beberapa disiplin ilmu, seperti Ilmu Komputer, Manajemen, dan Bisnis. Oleh karena itu, dalam program studi ini, kamu akan mempelajari bagaimana menggunakan pengetahuan dan teknologi komputer untuk mendukung kebutuhan bisnis. 

Selain itu, kuliah di jurusan Information Systems juga tak kalah menariknya untuk kamu pertimbangkan. Berikut beberapa alasannya: 

1. Mempelajari manajemen dan ilmu komputer

Program Studi Sistem Informasi memfokuskan pada dua ilmu, yakni Ilmu Komputer serta Ilmu Bisnis atau Manajemen. Oleh karena itu, program ini memungkinkan kamu untuk tidak hanya menghasilkan produk teknologi, tetapi juga memiliki kemampuan dalam merencanakan dan mengembangkan strategi bisnis untuk produk tersebut. Hal ini sering disebut sebagai konsep technopreneur.

2. Teknologi yang terus mengalami perkembangan

Saat ini, teknologi terus mengalami perkembangan dan perubahan yang pesat dan masif. Perkembangan ini memberikan dampak yang signifikan untuk bisnis, termasuk dalam bidang transportasi, edukasi, komunikasi, hingga industri dan bisnis. Alhasil, perusahaan akan terus membutuhkan lulusan dari Sistem Informasi untuk membantu bisnis mereka tetap berjalan optimal sesuai tujuan, visi, dan misi. 

3. Ilmu yang sangat aplikatif

Selain itu, bidang ilmu Information System disesuaikan dengan perkembangan teknologi dan penerapannya dalam situasi nyata oleh berbagai entitas. Misalnya, beberapa waktu terakhir ilmu ini digunakan secara luas untuk membentuk dan mengembangkan sistem yang berbasis data. 

Sementara itu, saat ini banyak perusahaan bersaing dalam usaha menerapkan digitalisasi untuk meningkatkan kualitas layanan dan merampingkan proses. Untuk mencapai tujuan ini, perusahaan tentunya harus memiliki pemahaman yang mendalam tentang ilmu Sistem Informasi.

4. Pilihan tepat untuk penyuka teknologi

Jika minatmu terhadap aspek-aspek teknologi begitu besar, jurusan Sistem Informasi mungkin merupakan alternatif yang sesuai. Namun, sangat penting untuk mengklasifikasi dan merinci bidang spesifik yang memikat minatmu, mengingat disiplin ilmu yang berkaitan dengan teknologi telah berkembang dengan spesialisasi yang jelas.

Apabila ketertarikanmu lebih tertuju pada hardware, jurusan Ilmu Komputer mungkin menjadi pilihan yang lebih tepat. Sebaliknya, jika kamu lebih cenderung tertarik pada pengembangan perangkat lunak, jurusan Teknik Informatika bisa menjadi alternatif yang lebih cocok. 

Sementara itu, jika kamu ingin memahami kedua aspek tersebut sambil memperoleh wawasan bisnis terkait produk teknologi, maka jurusan Sistem Informasi merupakan pilihan yang sesuai.

5. Pilihan karier yang sangat luas

Tak ketinggalan, jenjang karier yang begitu luas untuk para lulusan Information Systems. Pilihannya tak terbatas pada seorang business development, manajer proyek, atau teknisi dalam bidang IT, tetapi sangat mungkin pula mengarah pada pengembang website (website developer), programmer, analis bisnis, analis data, hingga intelijen bisnis atau business intelligence.

Itu tadi beberapa alasan mengapa kamu harus memilih kuliah di jurusan Information Systems. Jika mencari kampus terbaik, pilih saja BINUS UNIVERSITY. Tidak hanya sebatas kuliah, kamu akan turut mendapatkan banyak keahlian yang nantinya bisa kamu pakai saat bekerja. 

Selain itu, BINUS UNIVERSITY tidak hanya mempersiapkan BINUSIAN menjadi lulusan yang siap bersaing di industri nasional maupun global, tetapi juga menjadi pemilik bisnis sendiri alias entrepreneur. Sangat menarik, bukan? Yuk, bergabung menjadi BINUSIAN dan wujudkan mimpimu dengan kuliah di BINUS UNIVERSITY!