6 Langkah yang Harus Kamu Tempuh untuk Menjadi Seorang Fashion Designer

Fashion designer atau desainer mode adalah seseorang yang bertanggung jawab untuk menciptakan konsep dan desain dari pakaian dan juga aksesori. Untuk menjadi seorang fashion designer, tentunya ada sejumlah keahlian dan pengalaman yang harus dimiliki. 

Apakah kamu juga bercita-cita untuk menekuni pekerjaan di bidang fesyen? Jika jawabannya adalah iya, yuk disimak ulasan mengenai langkah-langkah yang harus kamu tempuh untuk menjadi seorang fashion designer berikut.

  • Asah Kreativitas

Desainer mode merupakan sebuah pekerjaan yang membutuhkan kreativitas tinggi. Karenanya, langkah awal yang harus kamu ambil adalah mengenali dan mengasah kreativitas yang kamu miliki. 

Kreativitas sendiri bisa kamu tumbuhkan dengan banyak mengamati tren mode, mencatat inspirasi dari lingkungan sekitarmu, dan mulai membuat sketsa desain sendiri. Saat mulai bereksperimen dengan kreativitasmu, jangan takut salah atau jelek. Teruslah berlatih hingga akhirnya kamu menemukan gaya khasmu sendiri.

  • Tempuh Pendidikan yang Relevan

Selayaknya profesi lain, fashion designer juga membutuhkan ilmu dan keahlian yang spesifik. Meskipun beberapa perancang mode telah sukses tanpa gelar formal, pendidikan yang solid dalam bidang fashion dapat memberikan fondasi yang kuat untuk karier kamu. 

Pertimbangkan untuk mendaftar dalam program pendidikan tinggi yang menawarkan gelar dalam fashion design. Selama studi kamu akan memperoleh pengetahuan mendalam tentang konstruksi pakaian, pola, sejarah mode, dan keterampilan desain lainnya yang akan membantumu menjadi perancang yang lebih baik.

  • Kuasai Keahlian Teknis

Selain kreativitas, menjadi seorang fashion designer juga membutuhkan keterampilan teknis yang solid. Kamu perlu mengerti teknik pembuatan pola, pemilihan bahan, konstruksi pakaian, dan proses produksi. 

Ambillah kesempatan untuk mengasah keterampilan ini selama pendidikan tinggi dan melalui pengalaman praktis, seperti magang atau kursus tambahan. Semakin luas keterampilan teknis yang kamu miliki makan akan semakin siap kamu untuk menghadapi tantangan dalam industri fesyen.

  • Bangun Portofolio

Dalam dunia fesyen, portofolio sudah seperti “kartu nama”. Portofolio menjadi wadah bagimu untuk menampilkan karya terbaik kepada dunia. Mulailah dengan menyertakan sketsa desain, foto pakaian yang telah kamu buat, dan proyek-proyek kreatif lainnya dalam portofoliomu. Pastikan untuk terus memperbarui portofoliomu setiap ada karya baru.

  • Bangun Relasi

Seperti jenis karier lainnya, relasi memegang peranan penting dalam perjalanan kesuksesanmu. Mulai bangun relasi yang baik dan relevan bahkan sejak kamu masih menempuh pendidikan. 

Kamu bisa ikut acara-acara mode, pameran, dan pertemuan industri untuk bertemu dengan profesional lain dan memperluas jaringan. Manfaatkan juga media sosial untuk berbagi karya dan terhubung dengan desainer lain, editor mode, dan profesional fashion lainnya.

  • Siapkan untuk Tantangan dan Terus Belajar

Industri mode adalah lingkungan yang kompetitif dan terus berubah. Siapkan diri kamu untuk tantangan dengan tetap terbuka terhadap pembelajaran dan terus mengembangkan keterampilan. Terlibatlah dalam pelatihan tambahan, kursus, dan workshop untuk tetap relevan dengan tren dan teknologi terbaru dalam industri fashion.

Nah itu dia 6 langkah yang harus kamu tempuh untuk menjadi seorang fashion designer. Bagaimana? Semakin tertarik? Nah, supaya karirmu semakin cemerlang kamu bisa memilih program Fashion yang terdapat di BINUS UNIVERSITY @Alam Sutera sebagai modal awal yang krusial.

Kedua program tersebut adalah pilihan yang tepat bagi kamu yang ingin terjun ke dunia fesyen karena telah terakreditasi unggul dan memiliki pengajar serta fasilitas yang mumpuni. Untuk informasi yang lebih lengkap mengenai jurusan fesyen tersebut, kamu bisa cek di sini.