6 Alasan untuk Memilih Jurusan Fashion

Industri fashion merupakan industri yang dinamis dan selalu menarik meski era dan teknologi terus berganti. Layaknya makanan, pakaian adalah salah satu kebutuhan primer yang harus dipenuhi manusia. Karena itulah maka industri ini selalu bertahan meski situasi ekonomi berputar dan kadang tidak bisa diprediksi.

Di balik gemerlapnya dunia fesyen mungkin kamu tidak pernah berpikir untuk menempuh pendidikan di bidang ini. Tapi tahukah kamu, sebenarnya ada banyak alasan untuk kuliah di jurusan fashion. Apa saja? Mari kita bahas satu persatu.

  • Tempat Berkreasi Tanpa Batas

Salah satu alasan utama untuk memilih jurusan fashion adalah kesempatan untuk mengekspresikan kreativitas yang kamu miliki secara bebas. Dalam dunia mode, kamu punya kebebasan untuk mengubah ide-ide kreatif yang kamu miliki menjadi karya nyata, mulai dari membuat sketsa hingga menciptakan pakaian dan aksesori. 

Nah, dengan belajar secara formal di jurusan fashion, kamu akan mendapat kesempatan untuk mengeksplorasi berbagai teknik desain, bahan, dan gaya. Tentunya ini akan membantu mewujudkan visimu dalam bentuk yang nyata.

  • Peluang Karir yang Luas

Jika kamu berpikir lulusan jurusan fashion akan sulit mencari pekerjaan, kamu salah besar. Di Indonesia sendiri, pasar industri tekstil dan fesyen sangat besar, dan pekerjaan di dunia fesyen bukan hanya sebagai perancang mode, lo!

Ada banyak pekerjaan lain yang membutuhkan keilmuan dan keahlian seorang lulusan pendidikan fashion. Beberapa pekerjaan tersebut antara lain: penata busana, jurnalis fesyen, pembuat pola, merchandiser, manajer produksi, dan bagian pemasaran fesyen.

  •  Industri yang Dinamis dan Tantangan yang Menarik

Industri mode adalah lingkungan yang dinamis dan selalu berubah. Setiap hari, ada tren baru, teknologi baru, dan ide-ide kreatif yang muncul dari berbagai belahan dunia. Menjadi bagian dari industri ini berarti kamu akan terus dihadapkan pada tantangan yang menarik dan memungkinkan kamu untuk terus berkembang dan belajar.

Peluang kolaborasi juga banyak tersedia untuk mengembangkan ide-ide dan inovasi-inovasi baru. Buat kamu yang menyukai perubahan dan tantangan, terjun ke dunia ini dengan lebih dulu menempuh pendidikan formal tentunya akan memberikan modal yang krusial.

  • Berkontribusi pada Industri yang Berkelanjutan

Selama beberapa tahun terakhir, ada peningkatan kesadaran tentang isu keberlanjutan di industri fashion dan bagaimana mengubah industri ini menjadi lebih ramah lingkungan. 

Banyak merek dan perancang mode pun mulai beralih ke praktik yang lebih ramah lingkungan, mulai dari penggunaan bahan-bahan organik hingga produksi yang lebih efisien. Dengan memilih jurusan fashion, kamu nantinya dapat berkontribusi pada upaya ini dan menjadi bagian dari perubahan positif dalam industri.

  •  Jaringan Profesional yang Luas

Salah satu keuntungan belajar di jurusan fashion adalah kesempatan untuk membangun jaringan profesional yang luas. Kamu akan bertemu dengan dosen dan praktisi,  serta teman sekelas yang berbagi minat dan ambisi yang sama denganmu. Jaringan ini dapat membantumu mendapatkan magang, pekerjaan, atau peluang kolaborasi di masa depan.

  • Fleksibilitas dan Keterampilan yang Transferable

Meskipun pada akhirnya nasib tidak membawamu untuk berkarir di bidang fesyen, keterampilan yang kamu pelajari dalam jurusan fashion tidak hanya berguna dalam industri mode, tetapi juga dapat diterapkan dalam berbagai bidang lainnya. 

Kemampuan untuk berpikir kreatif, bekerja dalam tim, dan mengelola proyek dapat menjadi aset berharga dalam banyak karir. Oleh karena itu, memilih jurusan fashion memberi kamu fleksibilitas untuk mengejar berbagai jalur karir di masa depan.

Nah itu dia 6 alasan untuk memilih jurusan fashion. Bagaimana? Semakin tertarik? Tapi di mana ya bisa menempuh pendidikan tinggi di jurusan fashion? Kamu bisa memilih program Fashion yang terdapat di BINUS UNIVERSITY @Alam Sutera sebagai tempat untuk menimba ilmu fesyen.

Program fashion BINUS UNIVERSITY telah terakreditasi unggul dan memiliki pengajar serta fasilitas yang mumpuni. Untuk informasi yang lebih lengkap mengenai jurusan fesyen tersebut, kamu bisa cek di sini.