Dalam era bisnis yang beralih ke ranah digital, permintaan akan tenaga profesional yang terampil dalam bidangnya makin meningkat. BINUS UNIVERSITY, sebagai salah satu institusi pendidikan terkemuka di Indonesia, siap untuk menjadikan dirinya sebagai tempat di mana para BINUSIAN dapat dipersiapkan dengan baik untuk memasuki dunia kerja. 

Salah satu caranya adalah melalui program studi Teknologi Informasi Bisnis (Business Information Technology). Program studi ini telah didesain untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi dalam pengembangan sistem komputer guna menyelesaikan berbagai masalah yang biasa terjadi dalam dunia bisnis, sambil juga memiliki kemampuan dalam pengambilan keputusan manajerial. 

Prospek Karier Jurusan Business Information Technology

Business Information Technology

Keahlian di bidang teknologi informasi dan komputasi menjadi sangat krusial untuk mengembangkan sistem komputer mutakhir yang relevan dengan kebutuhan bisnis. Namun, kembali pada pertanyaan yang sering diajukan, bagaimana prospek karier untuk lulusan ini? Sebagai bahan pertimbangan, berikut pilihan kerja untuk jurusan Business Information Technology:

1. Software developer

Lulusan Teknologi Informasi Bisnis bisa menjadi Pengembang Perangkat Lunak atau Software Developer. Tugas utama seorang Pengembang Perangkat Lunak adalah menciptakan produk berupa perangkat lunak yang sesuai dengan kebutuhan bisnis.

Dalam prosesnya, pengembangan perangkat lunak memerlukan tahapan yang melibatkan banyak aspek. Ini meliputi evaluasi kinerja, pemeliharaan jika diperlukan, penilaian terhadap skalabilitas, daya tahan, dan keamanan perangkat lunak yang dibuat. Karena sifat pekerjaan ini yang dinamis, seorang pengembang perangkat lunak perlu memiliki semangat belajar dan kemauan untuk terus memperbaharui pengetahuannya.

2. Manajer informasi

Jabatan yang memiliki potensi menjanjikan untuk para mahasiswa yang mengambil jurusan Teknologi Informasi Bisnis adalah sebagai Manajer Informasi atau manajer sistem informasi. Tugasnya meliputi pembuatan strategi bisnis, pengelolaan keamanan jaringan, hingga pengaturan operasi internet.

Setelah berdiskusi dengan pemilik bisnis mengenai tujuan dan arah yang ingin dicapai melalui pemanfaatan teknologi, manajer sistem informasi mengoordinasikan kerja sama dengan ahli komputer lainnya, termasuk analis sistem, pengembang perangkat lunak, dan spesialis pendukung lainnya. Semua langkah ini bertujuan untuk membantu mencapai tujuan bisnis dengan lebih efektif.

3. Konsultan manajemen informasi

Tak sedikit lulusan Teknologi Informasi Bisnis yang memiliki impian menjadi seorang Konsultan Manajemen Informasi. Perusahaan di berbagai belahan dunia membutuhkan ahli teknologi informasi yang terpercaya untuk memastikan kelancaran operasi sistem informasi mereka dan untuk memenuhi kebutuhan serta tujuan bisnis. 

Tak hanya berkarier sebagai Konsultan Manajemen Informasi di suatu perusahaan, kamu juga bisa mendirikan firma konsultasi sendiri. Keduanya memiliki peluang yang setara. Profesi sebagai Konsultan Manajemen Informasi diprediksi akan mengalami permintaan yang semakin tinggi menurut Biro Statistik Tenaga Kerja Amerika Serikat. 

Hal ini disebabkan oleh banyaknya industri dan lembaga pemerintah yang bergantung pada keahlian dari luar untuk meningkatkan kinerja sistem teknologi informasi yang mereka gunakan.

4. Analis bisnis

Sebagai seorang analis bisnis atau ahli bisnis, tugas utamanya adalah berperan sebagai perantara yang menghubungkan antara teknologi informasi dan aspek bisnis melalui analisis data. Mereka melakukan evaluasi, menentukan kebutuhan, dan memberikan pandangan terkait hal-hal ini kepada manajemen dan pihak-pihak terkait.

Seorang analis bisnis tidak hanya diharapkan memiliki kompetensi dalam bidang IT, tetapi juga harus memiliki keterampilan komunikasi yang kuat, baik dalam lisan maupun tulisan. Dengan memilih jurusan Teknologi Informasi Bisnis di BINUS UNIVERSITY, kamu akan dilatih dengan keterampilan dasar, pengetahuan, serta kemampuan interpersonal yang memungkinkan untuk melakukan analisis bisnis dengan efektif.

5. Konsultan media sosial

Dalam perkembangan teknologi dan peningkatan penggunaan internet, media sosial menjadi tak terpisahkan dari dunia bisnis. Siapa pun yang ingin mencapai ketenaran dalam dunia online dapat melakukannya melalui platform satu ini. Oleh karena itu, kebutuhan akan tenaga ahli dalam bidang Konsultan Media Sosial semakin meningkat.

Seorang Konsultan Media Sosial merupakan individu yang berperan sebagai agen pemasaran atau eksekutif hubungan masyarakat bagi bisnis maupun kandidat politik. Tugas yang mereka lakukan meliputi pembuatan kampanye atau iklan yang menggunakan berbagai media seperti video, blog, forum, dan fitur lainnya yang umumnya ditemukan di platform media sosial. Secara singkat, konsultan media sosial membantu perusahaan untuk membangun kehadiran mereka secara online di dunia internet.

Itu tadi beberapa prospek kerja yang bisa kamu pilih setelah lulus dari jurusan Business Information Technology BINUS UNIVERSITY @Bekasi. Selain berkarier dalam perusahaan kelas nasional maupun global, BINUS UNIVERSITY @Bekasi juga membuka peluang besar untuk para BINUSIAN yang ingin membangun bisnis sendiri. Jadi, jangan ragu untuk daftar kuliah di BINUS UNIVERSITY @Bekasi, ya!