Organisasi Kemahasiswaan Bina Nusantara

JAKARTA – Universitas Bina Nusantara (BINUS) menyelenggarakan pelantikan Ketua Organisasi Kemahasiswaan untuk periode 2024/2025. Acara ini menjadi momen penting yang tidak hanya menandai pergantian kepemimpinan, tetapi juga memperkuat komitmen dalam membentuk generasi mahasiswa yang unggul dan berintegritas. Sebanyak 65 Ketua Umum Organisasi resmi dilantik pada hari Kamis, 7 Maret 2024.

Pemilihan Ketua Organisasi Kemahasiswaan di Bina Nusantara tidak lepas dari prinsip demokrasi. Proses pemilihan melibatkan partisipasi aktif seluruh mahasiswa, yang memiliki hak untuk memilih calon yang dianggap memiliki visi, misi, dan kapasitas kepemimpinan yang mumpuni. Proses demokratis ini mencerminkan semangat kebersamaan dan keterlibatan mahasiswa dalam menentukan arah dan kepemimpinan organisasi kemahasiswaan.

Acara pelantikan dilaksanakan dengan khidmat dan penuh semangat, menandai dimulainya kepemimpinan baru dalam Organisasi Kemahasiswaan Bina Nusantara. Diawali dengan pertunjukan dari beberapa UKM Universitas Bina Nusantara, lalu dilanjut dengan Parade Bendera Organisasi Kemahasiswaan yang dibawa oleh masing-masing Ketua Organisasi.

Setelah itu barulah masuk ke inti acara, yaitu proses pelantikan Ketua oleh Dr. Ir. Yohannes Kurniawan, S.Kom., S.E., MMSI. (Vice Rector of Student Affairs, BINUS University), kemudian pembacaan Surat Keputusan (SK) oleh Irvan Santoso, S.Kom., M.TI. (Manager of SIC) dan penyerahan SK dan Memorandum, diberikan oleh Dr. Nelly, S.Kom., M.M., CSCA (Rector of BINUS University). Lalu acara dilanjutkan dengan pembacaan Janji Ketua dan Janji Dewan Pengurus Inti (DPI).

Selain itu, ada beberapa pemberian penghargaan Organisasi Kemahasiswaan Terbaik Periode 2023/2024. Kemudian acara ditutup dengan pertunjukan dari UKM Band Universitas Bina Nusantara.

Penghargaan Organisasi Kemahasiswaan Terbaik Periode 2023/2024 adalah sebagai berikut:

  • Himpunan Mahasiswa Psikologi (HIMPSIKO) Best of The Best
  • Teach for Indonesia Student Community (TFI SC)
  • UKM Basket
  • Bina Nusantara English Club (BNEC)
  • KLIFONARA

“Saya berharap agar mereka dapat menginspirasi mahasiswa untuk berkontribusi secara maksimal, membangun kerjasama yang erat dengan pihak fakultas dan pihak eksternal, serta mengembangkan program-program inovatif yang mampu meningkatkan kualitas pengalaman mahasiswa di Universitas Bina Nusantara,” tutur Dr. Nelly.

Dengan demikian, harapannya terhadap Ketua organisasi yang baru dilantik adalah menjadi pemimpin yang berempati, mendengarkan aspirasi anggota, dan mengambil langkah-langkah yang tepat untuk memperkuat dan memajukan organisasi. Juga mampu mencapai tujuan bersama, menginspirasi dan membimbing, membangun komunitas yang solid, dan menciptakan dampak positif yang nyata dalam lingkungan kampus sebagai BINUSIAN yang berintegritas.