6 Tips untuk Meningkatkan Kemampuan Fashion Designing Kamu

Industri fashion merupakan industri yang dinamis dan selalu membutuhkan kombinasi antara kreativitas, keahlian teknis, dan ketajaman berbisnis. Supaya bisa bertahan di industri yang sangat kompetitif ini, kamu harus selalu meningkatkan kemampuan dan pengetahuanmu, termasuk dalam fashion designing.

Nah, supaya kamu tidak ketinggalan dan bisa bersaing di industri mode dengan baik, yuk coba 6 tips meningkatkan kemampuan fashion designing berikut ini. 

  • Terus Belajar dan Berlatih

Seperti profesi lain yang membutuhkan keahlian teknis, latihan akan diperlukan untuk menyempurnakan kemampuan. Salah satu cara terbaik untuk meningkatkan kemampuan desain mode kamu adalah dengan terus belajar dan berlatih secara teratur.

Sisihkan waktu khusus untuk merancang, membuat sketsa, dan membuat prototipe pakaian. Semakin sering kamu berlatih semakin mudah kamu menciptakan desain khasmu sendiri. Jika kamu belum pernah menempuh pendidikan formal sebelumnya, kamu juga bisa mempertimbangkan untuk kuliah di jurusan fashion design untuk mendapatkan ilmunya.

  • Perhatikan Tren Terkini

Tren fesyen tidak pernah statis, selalu berubah dan berevolusi dipengaruhi oleh berbagai hal. Maka dari itu penting untuk mengamati gaya, bahan, dan warna terkini yang sedang populer. Kamu bisa mengikuti blog fesyen, mendatangi pameran busana, dan mengawasi koleksi-koleksi terbaru para desainer ternama.

Gunanya mengikuti dan memahami tren terkini ini adalah untuk membantu kamu untuk terus terinspirasi. Hal ini diharapkan nanti akan membantu kamu untuk menghasilkan ide segar milikmu sendiri.

  •  Bereksperimen dengan Tren Terkini

Untuk berkecimpung lama di dunia fesyen, kamu tidak boleh takut bereksperimen dengan berbagai gaya dan jenis bahan. Kamu bisa mencoba mencampur dan menggabungkan berbagai tekstur, warna, dan pola untuk menghasilkan desain yang unik. Diharapkan nantinya ini akan membantumu mengeluarkan gaya unikmu sendiri.

Perhatikan juga perkembangan tentang teknik-teknik terbaru dan cobalah mengimplementasikannya dalam desainmu. Mungkin tidak akan serta merta berhasil, tetapi bisa jadi sebuah inspirasi untuk munculnya sebuah karya.

  • Latih Kemampuan Menggambar dan Membuat Sketsa

Kemampuan menggambar dan membuat sketsa adalah kemampuan yang mutlak harus dimiliki seorang fashion designer. Maka dari itu kamu perlu mengasah kemampuan ini untuk meningkatkan kemampuanmu sebagai perancang busana.

Kamu bisa mencoba berlatih menggunakan media gambar yang berbeda-beda seperti pensil, spidol, atau cat air untuk bereksperimen dengan berbagai teknik berbeda.

  •  Kolaborasi

Berkolaborasi dengan orang lain juga bisa menjadi salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan fashion designing kamu. Cobalah bergabung dengan klub atau kelompok desain mode di kampus atau komunitas lokal, atau cari kesempatan untuk bekerja sama dengan mahasiswa lain atau profesional mode dalam proyek-proyek kreatif.

  • Terbuka dengan Umpan Balik

Menerima umpan balik dari desain yang buat adalah kunci untuk pertumbuhan dan perbaikan kualitas desainmu. Bersikaplah terbuka ketika kamu menerima umpan balik dari dosen, teman, atau profesional lain di dunia fesyen. Terimalah umpan balik tersebut dengan hati lapang guna memperbaiki karyamu di masa depan.

Nah itu dia 6 tips meningkatkan kemampuan fashion designing kamu. Jika kamu tertarik untuk mendalami ilmu fesyen kamu bisa memilih program Fashion yang terdapat di BINUS UNIVERSITY @Alam Sutera. Program fashion BINUS UNIVERSITY telah terakreditasi unggul dan memiliki kurikulum yang sejalan dengan kebutuhan industri.

Tidak hanya membekali mahasiswanya kemampuan teknis, BINUS UNIVERSITY juga memberikan kesempatan bagi para mahasiswanya untuk magang di industri fesyen dan juga ada program studi gabungan luar negeri. Untuk informasi yang lebih lengkap mengenai jurusan fesyen tersebut, kamu bisa cek di sini.

Semoga bermanfaat!