Serba-serbi Program Studi PGSD, Yuk Bongkar!

Kamu suka anak-anak, mengajar, dan peduli dengan pendidikan? Kalau ya, jurusan PGSD atau Pendidikan Guru Sekolah Dasar bisa jadi cabang studi yang kamu pilih di bangku kuliah. Tak cuma belajar soal materi akademik, tetapi kamu juga bakal dibekali dengan pengetahuan mengenai cara mendidik siswa-siswi di tingkat sekolah dasar.

Apa yang Bakal Ditempuh di Kuliah PGSD?

Jangan membayangkan bahwa kamu hanya akan belajar mata pelajaran tertentu saat nanti mulai berkuliah di jurusan PGSD. Sebaliknya, kamu justru akan belajar multidisiplin yang bakal membuat wawasanmu lebih luas.

Pada beberapa semester awal, kamu diperkenalkan dengan berbagai materi pelajaran tingkat sekolah dasar. Adapun dari sekian banyak mata pelajaran yang ada biasanya akan lebih fokus pada beberapa mata pelajaran wajib di SD, yakni bahasa Indonesia, matematika, IPA, dan IPS.

Berikutnya di semester lebih atas, kamu bakal mempelajari hal-hal yang lebih seru dan menantang. Kamu akan belajar lebih dalam tentang metode belajar untuk anak SD, pengembangan kurikulum tingkat SD, profesi keguruan, dan sebagainya.

Tiap murid di tingkat pendidikan memiliki kondisi dan tahap perkembangan yang berbeda-beda. Maka dari itu, kamu akan mempelajari pula karakter murid SD, temasuk mereka yang memerlukan keterampilan khusus sehingga kamu dapat memahamkan konsep pengetahuan dengan baik kepada mereka.

Tak ketinggalan juga kamu akan belajar tentang bagaimana membentuk kepribadian dan karakter anak. Pasalnya kamu diharapkan mampu membangun pondasi yang kuat bagi siswa sehingga mereka siap untuk berkembang dan melanjutkan pendidikan ke jenjang selanjutnya. Karena itu, jangan heran jika nanti kamu akan menemukan mata kuliah semacam psikologi umum dan perkembangan, psikologi pendidikan, teori belajar, hingga filsafat pendidikan, ya!

Mengapa Memilih Jurusan PGSD?

PGSD barangkali tak sepopuler beberapa jurusan lainnya seperti kedokteran, informatika, hukum, dan bisnis. Namun tak dimungkiri, peminat dan kebutuhan akan lulusan PGSD selalu terbuka lebar terutama di Indonesia.

Menjadi seorang guru di tingkat sekolah dasar memiliki nilai yang sangat besar. Banyak hal-hal yang menjadi pondasi dan bahkan pegangan dan pandangan hidup serta cara berpikir dan bertindak seseorang berasal dari pendidikan yang diterimanya saat di bangku SD. Apa yang mereka peroleh akan tertanam sangat mendalam dan menjadi acuan melangkah ke depannya.

Maka dari itu, menjadi seorang guru SD memiliki kontribusi sangat besar bagi pembangunan sumber daya manusia yang berkualitas. Bisa dibilang bahwa masa depan sebuah bangsa pun bergantung pada kualitas guru tingkat dasar yang mengajarkan pondasi bagi generasi penerusnya.

Pemerintah pun menyadari situasi ini. Oleh sebab itu, regulasi terbaru mewajibkan seluruh pengajar atau guru SD haruslah lulusan PGSD. Hal ini demi menjaga tercapainya tujuan pencetakan generasi unggul  melalui pendidikan dan pembangunan karakter yang tepat.

Prospek Kerja Lulusan PGSD

Prospek karier lulusan PGSD yang utama adalah menjadi seorang tenaga pendidik atau guru di tingkat sekolah dasar. Kamu juga bisa mendaftar sebagai PNS guru untuk karier yang cukup menjanjikan, apalagi jika meningkatkan kualitas diri dengan berbagai sertifikasi dan prestasi yang berdampak pada tunjangan.

Namun, menjadi guru bukan satu-satunya prospek yang bisa kamu raih sebagai seorang lulusan PGSD. Kalau ingin bekerja di belakang layar, kamu bisa berkarier sebagai peneliti di bidang akademik. Hasil penelitian tersebut akan diimplementasikan guna mengembangkan kualitas pendidikan khususnya pada lingkup SD.

Kalau mau yang lebih kreatif, kamu bisa lho menjadi penulis buku, baik buku parenting maupun pendidikan anak. Profesi ini cocok untuk kamu yang gemar menulis dan bercerita. Kamu dapat mengembangkan tulisan kreatif dan membantu anak-anak serta orang tua mereka melalui tulisan yang kamu hasilkan serta memiliki karya tersendiri.

Di BINUS UNIVERSITY, jurusan primary teacher education alias PGSD dirancang untuk menjawab tantangan serta kebutuhan pendidikan dasar dengan mengedepankan kombinasi ilmu pengetahuan, seni, dan teknologi. Jurusan PGSD BINUS UNIVERSITY pun akan membekalimu dengan berbagai pengetahuan dan keterampilan yang dapat mengantarmu berkarier di dunia pendidikan SD yang berdaya saing internasional.