Pentingnya Penerapan Marketing Communication bagi Perusahaan

Marketing communication merupakan istilah yang kerap dipakai dalam dunia bisnis. Istilah ini mengacu pada strategi yang digunakan perusahaan untuk mencapai tujuannya. Meskipun terlihat mudah, tugas seorang marketing communication tidaklah sederhana karena penerapan strategi dan langkah yang diambil berdampak besar bagi kemajuan ataupun kemunduran perusahaan.

Sekilas Tentang Marketing Communication 

Marketing communication adalah pesan dan media yang berasal dari perusahaan sebagai upaya untuk berkomunikasi dengan pasar. Bentuk dari marketing communication cukup beragam, mulai dari presentasi sales, iklan, pemasaran langsung, branding, sponsor, hingga aktivitas online di media sosial. Hal terpenting dari marketing communication adalah pesan tersebut tepat pada sasaran. 

Sebagaimana diketahui, tujuan dari menerapkan marketing communication adalah memengaruhi sikap, perilaku, serta keyakinan konsumen terhadap barang atau jasa yang ditawarkan. Alhasil, penjualan bisa meningkat dan perusahaan bisa membangun hubungan baik yang saling menguntungkan dengan konsumen. 

Apabila pemasarannya unik, kemungkinan besar konsumen tertarik membeli produk tersebut. Jika ternyata gagal, hal ini bisa menjadi masukan bagi marketing communication untuk berbenah dan mencari konsep yang dapat menghasilkan penjualan atau target lainnya.

Mengapa Perusahaan Perlu Menerapkan Marketing Communication

Pada dasarnya, penerapan marketing communication sangat penting karena hal ini mengisyaratkan bahwa perusahaan tersebut telah mengupayakan strategi pemasaran. Agak berbeda dengan konsep pemasaran lainnya, hasil dari strategi marketing communication akan tampak dalam jangka waktu relatif lama. Lantas, apa saja alasan penerapan marketing communication begitu dianjurkan?

  • Menciptakan Kesadaran Merek 

Mengingat tingkat persaingan bisnis begitu tinggi, tak sedikit merek baru yang bermunculan kesulitan mendapatkan tempat di hati konsumen. Baik perusahaan lama maupun baru, marketing communication dapat digunakan untuk membentuk kesadaran merek sehingga citra perusahaan di mata masyarakat meningkat. Misalnya dengan memperkenalkan merek melalui konten atau iklan di media sosial.

Marketing communication juga efektif menumbuhkan rasa kepercayaan konsumen terhadap kualitas produk atau layanan yang ditawarkan oleh perusahaan. Makin tinggi tingkat kepercayaan konsumen, makin besar peluang konsumen setia terhadap produk yang kamu miliki.

  • Mendorong Terjadinya Penjualan

Berbekal strategi marketing communication yang tepat, produk yang kamu miliki akan lebih dikenal. Iklan persuasif yang berisikan tentang manfaat produk atau layanan dibandingkan kompetitor lain menjadi metode paling sering digunakan. 

Konsumen akan mulai mencari tahu informasi mengenai produk yang dijual. Lambat laun, mereka akan tertarik melakukan pembelian. Makin banyak produk laku terjual, makin banyak keuntungan yang didapat perusahaan.

  • Meningkatkan Peluang Pembelian Ulang

Marketing communication efektif mendorong pembeli untuk melakukan pembelian ulang. Biasanya, strategi ini menggunakan iklan persuasif dengan fokus utama menekankan keunggulan manfaat layanan atau produk dari kompetitor.

Tak sedikit perusahaan dunia yang memberikan sampel produk atau uji coba layanan gratis selama satu bulan. Selama waktu tersebut, konsumen akan merasakan manfaatnya dan mempertimbangkan untuk melanjutkan layanan atau pembelian produk. Strategi lain yang juga kerap digunakan adalah memberikan reward setelah melakukan pembelian tertentu. 

  • Mengubah Pandangan

Marketing communication berperan sebagai pengubah pandangan masyarakat terhadap merek ataupun perusahaan. Misalnya: CL dinilai sebagai merek dengan harga jual tinggi lantaran selalu menghadirkan koleksi eksklusif. 

Berkat marketing communication yang tepat sasaran, perlahan orang-orang akan mengubah pandangan terhadap CL menjadi merek yang masih dapat dijangkau kalangan menengah ke atas. Secara tidak langsung hal ini akan meningkatkan penjualan yang berdampak pada raihan omzet perusahaan.

Mengingat pentingnya marketing communication bagi keberlangsungan perusahaan, ada baiknya kamu mempelajarinya secara mendalam. Caranya mudah, kamu hanya perlu kuliah jurusan Marketing Communication di BINUS UNIVERSITY. 

Nikmati masa kuliah yang menyenangkan dengan dukungan tenaga pengajar profesional yang andal dan fasilitas kampus yang sangat memadai. Tunggu apa lagi? Segera daftar jadi BINUSIAN dan raih cita-citamu setinggi angkasa!