Jakarta, 10 Februari 2024 – PARAMABIRA (Paduan Suara Mahasiswa Bina Nusantara) kembali meraih prestasi gemilang dalam kompetisi paduan suara kelas dunia. Kali ini, pada Sing’n’Pray Kobe ke-3, PARAMABIRA berhasil meraih Juara Kategori Music of Spirit & Faith – Gold Diploma tingkat VII, dengan perolehan nilai 26.75. Angka ini merupakan angka tertinggi dalam Sejarah kompetisi Sing’n’Pray di Kobe, Jepang.

Kompetisi menampilkan 4 kategori yang diikuti 13 paduan suara dari 7 negara yang beragam. Paduan Suara Mahasiswa Bina Nusantara menampilkan 4 lagu: Alleluia (Tomoaki Yokoyama), Hope, Faith, Life, Love (Eric Whitacre), Canticum Novum (Ivo Antognini), dan Gayatri (Bagus S. Utomo) dalam kategori Music of Spirit & Faith.

Rektor BINUS University, Dr. Nelly, S.Kom., MM., CSCA menyampaikan antusiasme dan harapannya akan prestasi ini. “Sungguh bangga dan apresiasi setingginya kepada PARAMABIRA yang kembali menorehkan prestasi kompetisi Paduan suara tingkat internasional. Ini merupakan wujud dedikasi dan konsistensi dalam mengembangkan passion. Harapannya, PARAMABIRA dapat terus menjadi inspirasi bagi Binusian dan Masyarakat”, tutur Dr. Nelly.

Sing’n’Pray Kobe diselenggarakan oleh Interkultur, sebuah lembaga yang didedikasikan dalam tradisi menyelenggarakan kompetisi paduan suara kelas dunia sejak tahun 1988. Sebelum kompetisi, PARAMABIRA ikut serta dalam pertunjukan langsung di Duo Kobe bersama paduan suara dari Taiwan, China, Korea Selatan, dan San Fransisco. Hal ini menambahkan lapisan budaya tambahan dalam perjalanan musik yang gemilang bagi kelompok tersebut karena setiap paduan suara tampil dengan lagu-lagu dari tanah air mereka. PARAMABIRA membawakan lagu dengan melodi-melodi memikat dari tanah air, yaitu lagu Marendeng Marampa dan Paris Barantai.

Kompetisi ini diikuti 39 anggota PARAMABIRA yang terdiri dari 37 penyanyi, seorang Conductor sekaligus Music Director, dan seorang Liasson Officer. Persiapan dilakukan sejak bulan September 2023 dengan frekuensi latihan awal diadakan dua kali seminggu. Secara bertahap, latihan ditingkatkan secara intensif hingga setiap hari di bulan Desember.

Ditanya akan harapan dan target ke depan, Ketua Paduan Suara Mahasiswa Bina Nusantara, Yasmin Nabilla berharap, “Semoga semakin banyak Mahasiswa yang bergabung menjadi anggota PARAMABIRA, dan semakin besar antusiasme para anggotanya untuk membawa kesuksesan di kegiatan-kegiatan mendatang”, ucap Yasmin.